Kenali Cara Memotivasi Diri Sendiri untuk Kesehatan Mental Anda

(0)
25 Dec 2019|Anita Djie
Memotivasi diri sendiri untuk mencapai tujuanKemampuan memotivasi diri sendiri penting untuk mencapai tujuan jangka panjang Anda
Saat ingin memulai sesuatu, Anda sudah pasti membutuhkan motivasi atau dorongan untuk bisa mencapai tujuan. Selayaknya mobil yang butuh dinyalakan terlebih dahulu, Anda perlu memotivasi diri sendiri sebelum memulai pekerjaan yang akan dilakukan.Melakukan pekerjaan tanpa motivasi akan terasa hampa dan tidak bersemangat, Anda akan mudah untuk menyerah sebelum mencapai tujuan akhir. Memacu diri agar tetap termotivasi tidak sulit, Anda dapat menerapkan tips-tips di bawah untuk memotivasi diri sendiri.

Bagaimana cara memotivasi diri sendiri?

Sebelum membuat berbagai perencanaan dan menjalankannya, Anda perlu memastikan bahwa Anda sudah memotivasi diri sendiri dengan baik agar tidak lekas patah semangat di tengah jalan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba untuk tetap termotivasi dalam mencapai tujuan.

1. Tulis di kertas

Jangan hanya berangan-angan saja, wujudkan motivasi tersebut dalam tindakan nyata. Tuliskan apa yang menjadi tujuan Anda secara realistis dan spesifik. Tujuan yang dibuat harus sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.Misalnya, Anda dapat menuliskan bahwa tujuan Anda adalah menurunkan berat badan sebanyak setidaknya dua kilogram dalam dua minggu. Dengan menuliskannya di kertas, Anda dapat meninjau dan mengingat tujuan Anda.

2. Fokus pada tujuan

Saat akan mengejar impian, jangan sampai terdistraksi dengan hal-hal lainnya. Ketika perhatian Anda terpecah-pecah, Anda akan menjadi kewalahan, menunda pekerjaan yang dilakukan, dan kemudian menyerah begitu saja.Anda dapat membuat daftar prioritas untuk mengurutkan apa-apa saja yang paling penting dan harus dikerjakan terlebih dahulu.Contohnya, hal paling utama yang perlu dilakukan adalah belajar bermain piano, setelahnya baru belajar mengemudi, dan sebagainya.

3. Kenali apa saja tantangan yang dihadapi

Wajar jika tantangan kerap kali bermunculan saat Anda hendak mencapai tujuan akhir. Oleh karenanya, identifikasi tantangan-tantangan apa yang bisa saja terjadi dalam proses mencapai tujuan Anda.Setelahnya, cari solusi untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut. Namun, Anda harus menyadari bahwa terdapat tantangan tertentu yang bisa dikendalikan dan tidak bisa dikendalikan. Fokuslah pada tantangan yang dapat Anda kendalikan atau ada solusinya.

4. Memiliki pandangan optimis

Pandangan yang positif tidak hanya membuat Anda lebih berenergi, tetapi juga membantu Anda tetap bersemangat. Saat masalah datang menghampiri, jangan mengkritik diri sendiri atau menjadi pesimis, tetapi ingatkan diri Anda bahwa Anda bisa melewati masalah tersebut.

5. Cari inspirasi dan dorongan

Saat sedang menghadapi tantangan yang berat dalam mencapai tujuan, Anda perlu menyeimbangkan emosi negatif yang dirasakan dengan mencari hal yang positif dan inspirasional. Anda bisa membaca buku mengenai motivasi hidup ataupun mendengarkan lagu yang dapat mendorong semangat Anda.

6. Hargai upaya yang dilakukan

Fokus kepada hasil memang penting untuk bisa memberikan hasil yang berkualitas, tetapi menghargai upaya yang telah dilakukan untuk mencapai tujuan juga sama pentingnya.Selalu hargai tiap upaya yang dilakukan karena Anda telah bekerja keras secara maksimal untuk mencapai tujuan Anda. Menghargai upaya yang dilakukan dapat membantu Anda untuk tetap termotivasi untuk berusaha lebih keras lagi dalam mencapai tujuan akhir.

7. Berikan hadiah untuk diri Anda

Untuk memotivasi diri sendiri dalam jangka waktu pendek, Anda dapat menetapkan sebuah hadiah kepada diri Anda ketika berhasil menyelesaikan pekerjaan. Misalnya, ketika Anda telah berhasil mengerjakan laporan harian tepat pada waktunya, Anda akan memakan makanan kesukaan Anda.

8. Kembangkan kepuasaan terhadap apa yang dikerjakan

Memberikan hadiah kepada diri sendiri hanya dapat memotivasi diri sendiri dalam jangka waktu pendek, karenanya Anda perlu mencari cara untuk tetap termotivasi dalam mencapai tujuan Anda.Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan rasa puas terhadap setiap upaya dan pekerjaan yang dilakukan. Rasa kepuasaan terhadap apa yang dikerjakan mampu memotivasi Anda untuk tetap menghadapi tantangan.

9. Lakukan pekerjaan dengan metode yang baru

Elizabeth Grace Saunders yang merupakan seorang praktisi manajemen waktu, memberikan penjelasannya pada Harvard Business Review, bahwa melakukan pekerjaan dengan metode yang baru seperti memilih lokasi kerja yang nyaman atau sambil mendengarkan musik mungkin tidak akan membuat kemajuan pesat atau kemajuan yang sempurna.Namun Anda dapat melakukan pekerjaan yang perlahan tapi pasti, disertai dengan suasana hati yang senang dan rasa percaya diri yang lebih tinggi.

Catatan dari SehatQ

Memotivasi diri sendiri bukanlah sesuatu yang hanya dilakukan sesekali, tetapi harus terus dilatih untuk tetap termotivasi dalam jangka panjang.Jika Anda tidak merasa termotivasi dan bahkan sampai merasa putus asa terhadap kehidupan yang dijalani, jangan sungkan untuk mengunjungi psikiater, psikolog, atau konselor.
kesehatan mentalhidup sehatpola hidup sehat
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320862.php#1
Diakses pada 17 Desember 2019
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/understand-other-people/201603/5-foolproof-ways-stay-motivated
Diakses pada 17 Desember 2019
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/things-you-should-know-about-motivation-2795389
Diakses pada 17 Desember 2019
HBR. https://hbr.org/2018/12/how-to-motivate-yourself-to-do-things-you-dont-want-to-do
Diakses 4 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait