Berbagai Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan yang Bisa Anda Lakukan

(0)
26 Mar 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara turun kelas BPJS bisa dilakukan secara online dan offlineTurun kelas BPJS dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN (credit: Shaltstock/Shutterstock.com)
Terdapat beberapa cara turun kelas BPJS Kesehatan yang bisa Anda lakukan. Kelas BPJS Kesehatan terdiri dari tiga kelas yang berbeda. Perbedaan tersebut umumnya terletak pada iuran bulanan dan layanan rawat inap yang diberikan. Apabila iuran kelas BPJS Anda dirasa terlalu berat dan sulit untuk memenuhinya, ada cara menurunkan kelas BPJS yang bisa Anda lakukan. Untuk melakukannya, Anda perlu memenuhi syarat turun kelas BPJS terlebih dahulu. Supaya tidak keliru, ikuti panduan cara turun kelas BPJS Kesehatan berikut.

Cara turun kelas BPJS Kesehatan

Cara turun kelas BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan empat metode, yakni secara online lewat aplikasi mobile JKN, via call centre BPJS Kesehatan, langsung di kantor cabang BPJS Kesehatan, hingga melalui layanan mobil keliling BPJS Kesehatan.
kartu bpjs
Kelas BPJS Kesehatan bisa diturunkan
Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti berdasarkan empat metode tersebut.

1. Aplikasi mobile JKN

Pindah kelas BPJS online dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN yang ada di Android dan IOS. Berikut adalah cara menurunkan kelas BPJS Kesehatan online:
  • Unduh aplikasi Mobile JKN di Google Play Store atau App Store
  • Bagi pengguna baru, Anda harus mendaftar akun dengan memilih menu “Daftar”, lalu pilih opsi “Aktivasi Akun”
  • Isi berbagai kolom yang tersedia, seperti nomor kartu BPJS, nomor induk kependudukan (NIK), password, alamat e-mail, dan nomor handphone. Selanjutnya, tekan tombol “Register.” 
  • Anda akan diminta memasukkan kode verifikasi pada handphone. Segera cek e-mail untuk mendapatkan kode tersebut.
  • Jika proses verifikasi berhasil, maka akun Anda telah terdaftar. Kemudian, lakukan proses login pada akun dengan memasukkan nomor kartu BPJS atau e-mail, dan captcha yang telah disediakan.
  • Setelah masuk ke beranda aplikasi Mobile JKN, pilih menu “Ubah Data Peserta.” Pilih opsi “Kelas”, dan ganti dengan kelas yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

2. Call Centre BPJS Kesehatan

Cara turun kelas BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan menghubungi call center BPJS Kesehatan di nomor 1500 400. Petugas akan membantu Anda mengurus proses administrasi Anda untuk turun kelas BPJS. Ia mungkin akan menanyakan nomor kartu BPJS, NIK, nomor kartu keluarga (KK), dan sebagainya.

3. Kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat

Mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan termasuk salah satu cara turun kelas BPJS. Anda harus membawa sejumlah dokumen sebagai syarat turun kelas BPJS, seperti KK, kartu BPJS, dan KTP. Isilah formulir daftar isian peserta (FDIP), kemudian ambil nomor antrean untuk layanan loket perubahan data. Jika Anda sudah dipanggil, segera datangi loket dan serahkan dokumen maupun formulir yang diminta kepada petugas.

4. Mobil layanan keliling BPJS Kesehatan

Cara pindah kelas BPJS Kesehatan juga dapat dilakukan melalui mobil layanan keliling BPJS Kesehatan. Anda dapat mendatangi mobil keliling yang biasanya telah ditentukan tempat dan waktunya.Sesampainya di sana, Anda perlu mengisi FDIP dan menunggu antrean untuk mendapatkan layanan turun kelas BPJS. Jadwal mobil layanan keliling BPJS Kesehatan ini biasanya dapat Anda lihat di akun resmi media sosial BPJS Kesehatan, di Twitter @BPJSKesehatanRI, Instagram @bpjskesehatan_ri, atau laman facebook BPJS Kesehatan.Cara turun kelas BPJS tidaklah sulit, bukan? Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi call centre BPJS atau mendatangi kantor cabang terdekat.Sementara, apabila Anda ingin naik kelas BPJS, metode yang dilakukan kurang lebih sama. Anda dapat mengubahnya melalui aplikasi Mobile JKN, call centre BPJS Kesehatan, kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat, atau mobil layanan keliling BPJS Kesehatan.

Syarat turun kelas BPJS Kesehatan

syarat turun kelas BPJS
Penuhi syarat turun kelas BPJS
Setelah mengetahui cara turun kelas BPJS, Anda harus memenuhi persyaratan yang diperlukan. Sebab, BPJS turun kelas tidak bisa dilakukan begitu saja. Adapun beberapa syarat pindah kelas BPJS yang harus Anda penuhi, yaitu:
  • Peserta BPJS harus terdaftar minimal selama 1 tahun pada kelas iuran saat ini.
  • Status BPJS peserta harus aktif dan tidak memiliki tunggakan iuran.
  • Jika peserta melakukan perpindahan pada bulan berjalan, maka perubahan mulai berlaku pada bulan selanjutnya.
  • Perubahan status kelas akan berlaku untuk seluruh anggota keluarga yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.
  • Perubahan kelas hanya dapat dilakukan oleh peserta mandiri atau bukan penerima upah. Kelas untuk pekerja penerima upah akan disesuaikan oleh pihak BPJS.
Jika Anda datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan, pastikan membawa dokumen-dokumen syarat turun kelas BPJS yang diperlukan. Setelah memenuhi syarat turun kelas BPJS, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas yang telah disebutkan sebelumnya. Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut seputar masalah kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
bpjs kesehataniuran bpjspeserta bpjs
BPJS Kesehatan. https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/post/read/2019/1394/Pindah-Kelas-BPJS-Kesehatan-Fasilitasi-Peserta-Dengan-Program-Praktis
Diakses pada 15 Maret 2021
BPJS Kesehatan. https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/post/read/2020/1399/Turun-Kelas-BPJS-Kesehatan-Dengan-Cara-Praktis
Diakses pada 15 Maret 2021
CNN. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20191231160942-78-461378/cara-turun-kelas-jika-keberatan-iuran-bpjs-kesehatan-naik
Diakses pada 15 Maret 2021
Cermati. https://www.cermati.com/artikel/gak-kuat-bayar-iuran-bpjs-kesehatan-turun-kelas-rawat-saja-begini-ketentuannya
Diakses pada 15 Maret 2021
Kompas. https://megapolitan.kompas.com/read/2020/05/15/15493621/turun-kelas-bpjs-kesehatan-bisa-secara-online-begini-caranya?page=all
Diakses pada 15 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait