Cara Tepat Memilih Produk Pencerah Wajah Pria, Pilih Sesuai Jenis Kulit

(0)
14 Aug 2020|Azelia Trifiana
Tips memilih pencerah waja priaTak hanya wanita, pria juga butuh perawatan wajah
Tak hanya perempuan yang berhak menjalankan ritual perawatan kulit wajah/skincare, laki-laki pun bisa mencoba rangkaian skincare demi menjaga kebersihan wajah. Bukan hanya produk pencerah wajah, tapi banyak tahapan krusial yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan wajah.Target akhirnya bukan membuat kulit wajah menjadi lebih putih, tapi agar kesehatan kulit wajah terjaga. Jika ingin memulai perawatan kulit wajah, pastikan menjalaninya dengan konsisten.

Tahapan perawatan kulit wajah pria

Sama seperti perempuan, kulit wajah pria perlu dirawat karena setiap harinya terpapar debu, keringat, sebum, dan kotoran. Tiga tahapan terpenting yang perlu dilakukan adalah:
  • Cleansing

Ada benarnya jika laki-laki jarang mencuci muka setiap hari karena terlalu sering cuci muka justru bisa mengangkat kelembapan alami kulit. Waktu terbaik untuk mencuci muka rutin adalah malam hari sebelum tidur. Ketika mencuci wajah, seluruh kotoran dan polusi setelah beraktivitas sepanjang hari bisa hilang.Selain itu, sesuaikan sabun cuci muka dengan jenis kulit. Bagi yang memiliki jenis kulit berminyak, bisa gunakan handuk hangat untuk membersihkan wajah di pagi hari tanpa menggunakan sabun.
  • Repairing

Paparan zat radikal bebas dari lingkungan bisa menyebabkan stres oksidatif. Pemicunya beragam, mulai dari polusi udara, asap rokok, zat kimia dari industri, dan tentunya sinar ultraviolet dari matahari. Jika kondisi kulit wajah sudah mengalami kerusakan, perlu menggunakan serum sesuai kebutuhan.Serum antioksidan seperti vitamin C bisa membantu mengatasi kerusakan kulit wajah akibat zat radikal bebas. Gunakan serum sebelum memakai pelembap dalam rangkaian skincare pagi hari. Ada banyak jenis serum yang bisa digunakan, contohnya retinol yang digunakan untuk menyamarkan keriput dan garis-garis penuaan.
  • Moisturizing

Tahapan tak kalah penting dalam rangkaian skincare pencerah wajah pria adalah memakai pelembap atau moisturizing. Gunakan pelembap dengan kadar SPF setidaknya 30 sehingga bisa berfungsi sebagai tabir surya. Paparan sinar ultraviolet dapat mempercepat kerusakan kulit.Sama seperti minum air putih, memakai pelembap perlu dilakukan agar kulit tidak terasa kering. Penting untuk menggunakannya di pagi hari sebelum beraktivitas. Jika kulit tidak kering, tak perlu memakai pelembap lagi di malam hari.

Cara memilih produk pencerah wajah pria

Ada banyak sekali pilihan produk pencerah wajah pria di pasaran dengan harga bervariasi. Jangan samakan produk yang berhasil mencerahkan wajah orang lain karena belum tentu dampaknya sama pada kulit diri sendiri.Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih produk pencerah wajah pria adalah:
  • Kenali jenis kulit

Mengingat adanya hormon testosteron dalam tubuhnya, seorang pria cenderung memiliki kulit wajah lebih tebal dan berminyak. Itu sebabnya di pasaran banyak produk pencerah wajah pria dengan formulasi mengurangi minyak berlebih.Meski demikian, tak menutup kemungkinan seseorang memiliki kulit wajah kering. Jika ini yang terjadi, pilih jenis pembersih wajah krim dan pelembap yang lebih pekat.Pemilik kulit wajah kombinasi juga perlu tahu produk yang tepat untuk kulit mereka. Tak hanya itu, orang dengan kulit sensitif juga sebaiknya memilih produk yang tidak terlalu banyak komposisinya.
  • Tak harus produk untuk pria

Memang ada banyak produk skincare untuk pria, namun bukan berarti tidak boleh menggunakan produk untuk perempuan. Banyak produk skincare yang bisa digunakan baik oleh perempuan maupun laki-laki. Jika suka dengan aroma tertentu, pilih dengan aroma sandalwood atau cedarwood yang bisa menenangkan.
  • Eksperimen

Skincare adalah bagian dari eksperimen mencoba produk yang benar-benar cocok dan tidak. Jika belum yakin cocok atau tidak dengan produk tertentu, beli kemasan sample atau kecil. Dengan demikian, bisa diketahui preferensi produk yang tepat untuk jenis kulit masing-masing.

Catatan dari SehatQ

Tak ada kata terlambat untuk memulai perawatan kulit wajah. Tak hanya untuk menjaga kebersihan kulit wajah, skincare juga dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Ibaratnya, perawatan wajah saat ini menjadi investasi bagi kulit hingga jangka panjang.
kulit sehatperawatan kulitkesehatan pria
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/male-skin-care-guide
Diakses pada 1 Agustus 2020
Esquire. https://www.esquire.com/style/grooming/a27547425/best-mens-skincare-routine/
Diakses pada 1 Agustus 2020
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/skin-care-basics/skin-care-for-men
Diakses pada 1 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait