6 Cara Tepat Memilih Pelembab untuk Kulit Kering Kering dan Gatal

(0)
26 Sep 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Pelembab untuk kulit kering dan gatal pada wajah mengandung zat-zat tertentuMemilih pelembab untuk kulit kering dan gatal pada wajah harus mempertimbangkan kandungannya
Pelembab untuk kulit kering dan gatal tidak hanya untuk tubuh, tetapi juga wajah. Masalah kulit kering pada wajah bisa menyebabkan make up tidak menyatu dan mudah luntur bahkan kerutan pada wajah. Untuk mengatasi kulit kering dan gatal pada wajah, pemilihan pelembab harus tepat. Namun, produk yang seperti apa yang benar-benar bisa mengatasi masalah kulit kering?

Kondisi kulit kering dan gatal

Kulit wajah kering sebabkan iritasi
Memiliki kulit kering sebetulnya bukanlah masalah medis, meski dalam beberapa kasus bisa menyebabkan kulit infeksi dan meradang. Namun, kulit kering dapat membuat wajah Anda terasa kebas dan nyeri ketika disentuh. Salah satu penyebab kulit wajah kering, yaitu karena terlalu lama terpapar sinar matahari atau AC.Memilih produk untuk kulit memang susah-susah gampang, termasuk ketika Anda harus menentukan pelembab wajah untuk kulit kering dan kusam. Jika salah memilih pelembab (moisturizer), kulit bisa menjadi iritasi, gatal, bersisik, pecah-pecah, hingga berdarah.

Tips memilih pelembab wajah untuk kulit kering dan kusam

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam memilih pelembab untuk kulit kering adalah dengan melihat komposisinya. Jika Anda memiliki jenis kulit kering, pastikan Anda menggunakan produk pelembab berbentuk krim yang lebih banyak mengandung minyak.Krim mampu melembapkan kulit lebih baik dibanding losion. Tekstur krim juga bagus untuk pemilik kulit normal. Bahkan, pelembap bentuk krim dapat menenangkan kulit. Sebaliknya, jika Anda memiliki kulit berminyak, pilih pilihlah pelembab berbentuk losion yang mengandung lebih banyak air atau berbentuk gel.Selengkapnya, berikut tips memilih pelembab wajah untuk kulit kering dan kusam seperti direkomendasikan oleh beberapa dokter kulit.

1. Mengandung tabir surya

Tabir surya lindungi kulit dari sinar UV
Apapun jenis kulit Anda (kering, berminyak, atau normal), pastikan pelembab Anda mengandung tabir surya dengan kadar SPF minimal 30 untuk melindungi kulit wajah dari sinar UV. Jika Anda memiliki kulit wajah berjerawat, pastikan pelembap itu bebas minyak dan tidak memiliki kandungan pewangi.

2. Mengandung vitamin E

Vitamin E bantu menjaga kadar air dan elastisitas kulit
Pelembab untuk kulit kering yang mengandung vitamin E cocok untuk masalah kulit kering pada wajah. Sebab, vitamin E bersifat sebagai antioksidan. Berdasarkan riset yang diterbitkan Indian Dermatology Online Journal vitamin E mampu merangsang zat kolagen dan glikosaminoglikan pada kulit.Diketahui, pelembab untuk kulit kering dan gatal mengandung glikosaminoglikan berguna untuk menjaga kadar air pada jaringan kulit. Sementara, kolagen berguna untuk menjaga kekuatan, elastisitas, dan hidrasi pada kulit. Oleh karena itu, vitamin E baik untuk mengatasi masalah kulit kering.

3. Mengandung humektan

Hyaluronic acid mampu ikat air dari udara ke kulit
Menggunakan pelembab mengandung humektan baik untuk masalah kulit kering dan gatal. Sebab, humektan berfungsi untuk mengikat air yang ada pada udara dan diserap pada lapisan kulit.Selain itu, humektan juga mampu mencegah air yang ada kulit menguap. Kulit pun akhirnya tetap lembap. Kandungan humektan yang biasa dijumpai pada pelembab untuk kulit kering dan gatal adalah hyaluronic acid dan glycerin.

4. Berbahan dasar minyak

Pilih pelembap bahan dasar minyak untuk kulit kering
Kulit memiliki lapisan pelindung pada bagian luar. Lapisan tersebut terbuat dari lapisan lemak yang bernama lipid. Untuk menjaga lapisan pelindung kulit wajah agar tetap lembap, pilihlah pelembab untuk kulit kering dan gatal berbahan dasar minyak, seperti dimethicone dan ceramide.Bahan alami, seperti minyak biji anggur juga bisa dipilih sebagai kandungan pada moisturizer untuk kulit kering.Kandungan minyak pada pelembab kulit kering juga mampu mencegah penguapan air pada kulit. Agar hasil maksimal, gunakan pelembab wajah untuk kulit kering yang mengandung kombinasi humektan dan bahan dasar minyak.

5. Untuk kulit sensitif, pilih pelembab yang hypoallergenic

Kulit sensitif sebaiknya pilih pelembap yang hypoallergenic
Memiliki kulit kering dan gatal biasanya cenderung sensitif. Biasanya, hal ini ditemukan pada penderita dermatitis kontak dan eksim. Rekomendasi pelembab untuk wajah dengan kulit kering gatal sebaiknya yang berlabel hypoallergenic alias lebih tidak rentan menyebabkan alergi. Pastikan juga pelembab itu tidak mengandung pewangi.

6. Cermati bahan tambahan untuk kondisi tertentu

Pilih pelembap dengan hidrokortison untuk kurangi gatal
Kadang kala, kulit kering juga menimbulkan rasa gatal dan menimbulkan eksim jika digaruk terus-menerus. Untuk mengatasi gatal, Anda dapat memilih pelembab wajah untuk kulit kering yang mengandung hidrokortison 1%.Namun, jangan gunakan pelembab untuk kulit kering dan gatal ini lebih dari 1 minggu berturut-turut. Sedangkan untuk mengatasi eksim, Anda dapat memilih salah satu produk pelembab yang mengandung petrolatum.Untuk memaksimalkan fungsi pelembab untuk kulit kering dan gatal pada wajah, pastikan Anda mengoleskan krim sesaat setelah mencuci muka. Sebab, pelembab wajah bekerja dengan cara menyimpan kelembapan setelah mencuci muka atau mandi.

Hindari kandungan ini saat memilih pelembab untuk kulit kering

Shea butter justru sebabkan pori-pori tersumbat
Semakin sedikit bahan yang digunakan pada pelembab untuk kulit kering dan gatal, maka biasanya semakin baik kualitas pelembab itu. Dokter menyarankan Anda mencari pelembab untuk kulit kering yang hanya mengandung kurang dari 10 bahan dalam komposisinya.Selain itu, Anda juga sebaiknya menghindari pelembab yang mengandung bahan-bahan berikut, misalnya:
  • Zat pewarna dan pewangi, karena bisa membuat kulit iritasi.
  • Kandungan yang dipakai dalam pelembab untuk tubuh, misalnya lanolin, beeswax, atau shea butter karena bisa menyumbat pori-pori.
  • Mengandung alkohol, karena dapat membuat kulit makin kering dan iritasi.
  • Mengandung urea atau lactic acid (untuk kulit yang terkena eksim atau pecah-pecah), karena bisa membuat kulit makin kering hingga membuat kondisi kulit wajah Anda makin parah.

Cara mencegah kulit kering dan gatal

Air humidifier bantu kulit tidak terpapar udara kering
Selain memilih pelembab wajah untuk kulit kering dan gatal dengan bahan-bahan tertentu, ada kiat-kiat tertentu yang bisa dilakukan untuk mencegah kulit kering. Ikuti cara ini agar terhindar dari kulit kering dan gatal:
  • Rutin menggunakan pelembap, memilih pelembap tertentu tidak akan memperbaiki kulit jika tidak digunakan setiap hari.
  • Pilih sabun wajah dengan pH rendah, sebab kulit wajah memiliki pH di bawah 7. Jika pH terlalu tinggi, maka kulit wajah kering dan terasa tertarik.
  • Gunakan air humidifier, untuk mengurangi kekeringan udara sehingga pelembab kulit kering yang mengandung humektan juga bekerja optimal.

Catatan dari SehatQ

Pelembab untuk kulit kering dan gatal yang terbaik memiliki kandungan vitamin E, humektan, dan terbuat dari bahan utama minyak. Ketiga bahan ini terbukti menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Selain itu, pelembab wajah untuk kulit kering ini juga berguna untuk mencegah air yang ada di kulit menguap.Memilih pelembab untuk kulit kering dan gatal memang penting. Namun, menjaga kulit wajah agar senantiasa lembap pun tak kalah pentingnya. Membiasakan diri menggunakan pelembap, memilih sabun yang lembut, serta menggunakan air humidifier terbukti baik untuk kulit kering dan gatal.Jika Anda ingin konsultasi tentang skincare atau terkait masalah kulit kering dan gatal, langsung chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Anda juga bisa membeli kebutuhan skincare untuk kulit kering dan gatal dengan penawaran harga menarik di Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store
kulit dan kecantikankulit kering
Harvard Health. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/moisturizers-do-they-work
Diakses pada 25 September 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/moisturizer-for-dry-skin
Diakses pada 25 September 2019
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/moisturizers
Diakses pada 25 September 2019
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/skin-care/dry-skin
Diakses pada 25 September 2019
Acne Clinic NYC. https://acneclinicnyc.com/pore-clogging-ingredients/ Diakses pada 13 Oktober 2020Indian Dermatology Online Journal. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4976416/ Diakses pada 13 Oktober 2020.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait