Cara Tepat Lakukan Perawatan Metode Kanguru pada Bayi Baru Lahir

Perawatan metode kanguru tidak hanya bisa dilakukan oleh ibu saja, tapi ayah juga
Ayah juga bisa melakukan perawatan metode kanguru apabila ibu berhalangan

Bagi bayi yang dilahirkan secara prematur, perawatan neonatal sangat penting untuk memastikan ia tetap sehat dan dapat tumbuh serta berkembang dengan normal di luar rahim. Salah satu metode perawatan yang sangat dianjurkan bagi bayi prematur adalah perawatan metode kanguru.

Perawatan metode kanguru sebetulnya berpusat pada cara menggendong bayi yang melibatkan kontak kulit ibu dengan kulit bayi tanpa perantara apa pun, atau dikenal juga dengan skin to skin. Bayi, yang biasanya hanya mengenakan popok, diletakkan menempel secara tegak di dada ibu yang juga tidak memakai bra.

Punggung bayi kemudian ditutup dengan sehelai kain atau bisa juga dimasukkan ke dalam pakaian ibu. Posisi ini sangat mirip dengan gambaran anak kanguru yang sedang berada di dalam kantung induknya.

Mengenal lebih jauh tentang perawatan metode kanguru

Perawatan metode kanguru pertama kali diperkenalkan di Kolombia pada 1978 silam. Kala itu, metode ini digunakan untuk menggantikan fungsi inkubator sebagai penghangat bayi baru lahir mengingat kondisi rumah sakit yang saat itu memang kekurangan alat medis yang memadai.

Perawatan metode kanguru biasanya digunakan untuk bayi yang terlahir sebelum 36 minggu dan tidak memiliki komplikasi kesehatan apa pun. Sebaliknya, perawatan ini juga dapat dilakukan pada bayi yang terlahir cukup bulan dan dalam kondisi stabil, salah satunya untuk menginisiasi proses menyusui secara eksklusif.

Di daerah yang memiliki peralatan medis lebih memadai, perawatan metode kanguru digunakan sebagai pendamping perawatan bayi di inkubator. Pada kasus seperti ini, perawatan kanguru biasanya lebih bertujuan pada membentuk bonding antara orangtua dengan bayi, serta meminimalisir trauma bayi baru lahir yang kerap membuatnya sering rewel.

Banyak variasi dari metode perawatan kanguru, namun semuanya melibatkan kontak skin to skin, salah satunya adalah metode kanguru dengan melibatkan skin to skin antara bayi dengan ayahnya. Peran ayah dalam menjalani metode kanguru ini bisa juga sebagai pengganti peran ibu ketika berhalangan.

Langkah melakukan perawatan metode kanguru

Cara melakukan perawatan metode kanguru biasanya diajarkan oleh suster yang menangani Anda di rumah sakit, kemudian Anda dapat melanjutkannya di rumah. Berikut langkah yang dapat Anda lakukan ketika ingin melakukan perawatan kanguru:

  • Tanggalkan pakaian dalam Anda serta gunakan kaus atau baju yang longgar atau terbuka pada bagian depan. Bila Anda masih berada di rumah sakit, Anda biasanya akan diberikan baju khusus ketika menjalani perawatan ini.
  • Bayi yang sudah dipakaikan popok (dan topi, bila perlu) akan ditempatkan di dada Anda secara horizontal dengan kepala berada di bawah leher dan kaki di bawah dada.
  • Tutup punggung bayi dengan selimut atau pakaian Anda dengan posisi kepala berada di luar selimut atau baju tersebut.
  • Pastikan posisi Anda dalam keadaan santai dan biarkan bayi tertidur di pelukan Anda.
  • Perawatan metode kanguru biasa dilakukan selama satu jam sebanyak 4 kali dalam satu hari.

Apa saja keuntungan melakukan perawatan metode kanguru?

Bagi ibu yang ingin segera merawat bayinya di rumah, menjalani metode perawatan kanguru adalah salah satu cara cepat untuk keluar dari rumah sakit. Lebih dari itu, perawatan ini juga terbukti menurunkan angka kematian pada bayi prematur dari 70 persen menjadi 30 persen.

Selain itu, beberapa manfaat melakukan perawatan metode kanguru bagi ibu dan bayi adalah sebagai berikut:

  • Membuat bayi dan ibu menjadi lebih tenang
  • Menormalkan detak jantung dan sistem pernapasan bayi sehingga mereka lebih cepat beradaptasi pada lingkungan di luar rahim
  • Menstimulasi kegiatan menyusu secara langsung dan eksklusif
  • Menormalkan suhu tubuh bayi
  • Menjaga bayi agar tidak mudah infeksi berkat bakteri baik yang terdapat pada kulit ibu
  • Menstimulasi terciptanya hormon oksitosin yang mendukung kegiatan menyusu dan merawat bayi
  • Memperlancar ASI.

Khusus pada bayi newborn yang terlahir prematur, metode perawatan kanguru memiliki manfaat tambahan sebagai berikut:

  • Meningkatkan penyerapan oksigen pada bayi
  • Mengurangi rasa stres pada bayi setelah dilahirkan
  • Merangsang bayi agar segera bisa menyusu
  • Mendukung tumbuh kembang optimal bayi
  • Memperpendek durasi bayi harus dirawat di NICU.

Perawatan metode kanguru adalah cara merawat bayi yang alami, efektif, dan murah sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja serta kapan saja. Bagi Anda yang baru menjadi orangtua atau akan segera melahirkan, tidak ada salahnya mencoba metode ini dan mendapatkan manfaatnya bagi Anda maupun buah hati.

Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/12578-kangaroo-care
Diakses pada 28 Desember 2019

Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/12578-kangaroo-care/procedure-details
Diakses pada 28 Desember 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5683265/
Diakses pada 28 Desember 2019

UNICEF. https://www.unicef.org.uk/babyfriendly/baby-friendly-resources/implementing-standards-resources/skin-to-skin-contact/
Diakses pada 28 Desember 2019

Parents. https://www.parents.com/baby/care/newborn/kangaroo-care-the-importance-of-a-parents-touch/
Diakses pada 28 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed