9 Cara Supaya Bertambah Pintar, Termasuk dengan Mengurangi Waktu Online


Ada banyak cara agar kita bisa tambah pintar. Olahraga teratur, belajar hal baru, bahkan bermain game asah otak bisa jadi cara untuk meningkatkan kecerdasan.

(0)
04 Feb 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara supaya pintar salah satunya mengurangi waktu onlineAda banyak cara agar tambah pintar selain baca buku
Kepintaran penting untuk membawa diri kita menjalani kehidupan dengan selamat dan sukses. Menambah kecerdasan juga tidak hanya berhenti dengan lulus sekolah atau kuliah. Ada banyak cara supaya pintar yang bisa Anda lakukan, untuk setiap kelompok usia.

Ini cara supaya bisa bertambah pintar

Membaca buku adalah hal yang pertama terpikir ketika seseorang ingin menjadi lebih pintar. Tentu, hal ini adalah langkah yang tepat. Buku merupakan gudangnya pengetahuan dan dengan rajin membaca, Anda pasti jadi lebih pintar.Namun selain membaca, ada beberapa hal yang juga perlu dilakukan untuk menambah kecerdasan, bagi setiap usia. Berikut ini cara supaya bertambah pintar yang dapat Anda tiru.
Olahraga teratur bisa membuat kita tambah pintar
Berolahraga secara teratur bisa membuat tambah pintar

1. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur tidak hanya akan membuat sehat jiwa dan raga, tapi juga bisa membuat kita jadi lebih pintar. Selain itu, kebiasaan baik ini juga akan mengurangi risiko penyusutan otak akibat penuaan.Pada penelitian yang dilakukan pada hewan uji, ditemukan bahwa dengan rutin melakukan aktivitas fisik, maka akan terjadi peningkatan produksi sel-sel baru di area hipokampus di otak.Dalam jangka panjang, olahraga teratur juga akan mengurangi risiko seseorang terkena penyakit yang menyerang otak seperti penurunan fungsi kognitif dan demensia.

2. Mengurangi waktu online

Saat ini Internet memang sudah menjadi sumber informasi utama. Namun, bukan berarti pengetahuan tidak bisa Anda dapatkan diluar itu.Membatasi menggunakan Internet di waktu-waktu tertentu seperti pada akhir pekan, akan memberikan Anda lebih banyak ruang untuk mengeksplor hal-hal di sekitar.Bacalah buku yang sudah lama dibeli tapi belum pernah Anda buka bungkusnya. Selain itu, menghabsikan waktu itu untuk lebih banyak berbincang dengan orang lain, menyerap ilmu dan pengetahuan dari sudut pandang yang lebih luas dan nyata.

3. Mempelajari hal-hal baru

Otak kita perlu diasah. Jadi, jangan cepat puas dengan apa yang sudah mampu kita lakukan sekarang. Dengan mempelajari hal-hal yang baru, maka otak akan terus terlatih dan membuat kita jadi lebih pintar. Bahkan, juga akan menurunkan risiko pikun.Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengasah otak, mulai dari belajar bahasa baru, belajar alat musik, belajar memasak, belajar menjahit, dan lain-lain. Pilih kegiatan yang sesuai dengan minat agar tidak cepat merasa bosan.
Melakukan banyak interaksi sosial bisa membuat kita tambah pintar
Interaksi sosial bisa menambah kecerdasan

4. Tidak mengurung diri, perbanyak interaksi sosial

Orang yang pintar adalah yang memiliki banyak informasi. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan melakukan lebih banyak interaksi sosial.Berbincang dengan orang lain, terutama di perkumpulan yang berisi orang-orang cerdas, juga akan merangsang otak untuk bekerja lebih baik.Interaksi atau komunikasi dua arah dengan orang lain juga akan mengajarkan Anda untuk mengerti makna, ekspresi, gestur, serta nada bicara sehingga informasi yang masuk bisa dipahami lebih dalam.

5. Menemukan passion

Kata passion atau gairah tidak hanya bisa diaplikasikan pada hal-hal yang berbau intim. Gairah dalam suatu pekerjaan, maupun hal-hal lain yang sesuai dengan kesenangan, dapat memicu otak bekerja lebih keras dan semakin terlatih.Dengan berusaha menemukan passion, maka kreativitas di otak akan semakin terlatih. Anda akan berusaha untuk keluar dari zona nyaman, dan merangsang otak untuk semakin aktif berpikir.

6. Tidak terlalu banyak meniru orang lain

Eksplorasi adalah kegiatan yang sangat baik untuk melatih otak agar kita lebih pintar. Jika terus-menerus mengikuti tren, maka ada kecenderungan kita kurang bereksplorasi. Sebab, meski ada banyak hal yang diikuti, kita tidak mendalaminya.Dengan tidak terlalu banyak meniru orang lain, kita sudah mencoba untuk bereksplorasi dan itu adalah latihan yang baik untuk otak.
Menulis dengan tangan yang tidak dominan bisa membuat jadi pintar
Mencoba menulis dengan tangan yang tidak dominan bisa tambah kepintaran

7. Melakukan sesuatu dengan tangan selain tangan dominan

Salah satu cara untuk memberikan latihan pada otak adalah dengan mencoba melakukan sesuatu dengan tangan yang tidak dominan.Misalnya, Anda biasa menulis atau memegang raket nyamuk dengan tangan kanan. Cobalah sesekali untuk melakukannya dengan tangan kiri. Ini akan memberikan tantangan baru bagi otak dan membuatnya tetap aktif dan terlatih.

8. Meditasi

Meditasi juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan. Sebab dengan melakukannya secara teratur, kemampuan observasi diri akan meningkat. Selain itu, mental juga akan jadi lebih fleksibel.Tidak hanya itu, meditasi juga dinilai dapat membantu meningkatkan konsenterasi, fokus, empati, bahkan daya tahan tubuh.

9. Bermain game

Sejauh ini, memang masih banyak perdebatan soal game bisa membantu kita menjadi lebih pintar. Namun beberapa jenis permainan yang melatih otak dinilai dapat membuat daya pikir semakin tajam dan dapat menjadi alat latihan otak yang baik.Tentu, ini semua perlu dilakukan secara seimbang dan hati-hati, jangan sampai ada kecanduan dan membuat Anda terpisah dari dunia nyata.

Catatan dari SehatQ

Apakah cara supaya pintar di atas akan menjamin kita berhasil dalam hidup? Jawabannya, tentu belum tentu. Namun dengan mencoba mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan baik ini, pengalaman dan bekal Anda untuk menghadapi berbagai kejadian dalam hidup, akan bertambah.Jika Anda memiliki kesulitan untuk mengubah kebiasaan buruk yang dapat menahan kemajuan dalam diri, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi kepada psikolog maupun psikiater. Mengenali kelemahan ini adalah salah satu cara utama untuk bisa terus memperbaiki diri.
kesehatan otakfungsi otak kanan
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/finding-the-next-einstein/201311/9-ways-make-yourself-smarter
Diakses pada 21 Januari 2021
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/brain-exercises-to-strengthen-your-mind-2795039
Diakses pada 21 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait