Ketahui 3 Cara Menghilangkan Biang Keringat di Wajah ini dengan Cepat!

Salah satu cara menghilangkan biang keringat adalah menggunakan salep
Umumnya biang keringat di wajah akan hilang dengan sendirinya

Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, biang keringat di wajah juga dapat mengganggu penampilan. Walaupun kebanyakan orang hanya mendiamkannya hingga hilang dengan sendirinya, dapat melakukan beberapa cara untuk mempercepat penyembuhannya.

Langkah-langkah menghilangkan biang keringat di wajah pun terbilang cukup sederhana. Sehingga, tidak perlu repot meluangkan banyak waktu dan biaya untuk melakukannya.

[[artikel-terkait]]

3 Cara usir biang keringat pada wajah hilang

Biang keringat di wajah memang umumnya dapat hilang dengan sendirinya. Sehingga tidak heran kebanyakan orang memilih untuk menunggu tanpa melakukan perawatan apapun. Namun, lain urusan jika kondisi ini terjadi di wajah.

Munculnya bintil - bintil tersebut dapat mengurangi rasa percaya diri saat bertemu dengan rekan kerja. Beruntungnya, ada beberapa cara untuk menghilangkan biang keringat di wajah dengan cepat tanpa menunggu dalam ketidakpastian.

Berikut ini langkah yang dapat lakukan untuk mendapatkan kembali kulit yang sehat seperti semula.

1. Mandi dengan air dingin

Saat biang keringat mulai muncul, perawatan pertama yang dapat lakukan adalah mandi menggunakan air dingin dan sabun berbahan lembut. Setelah mandi, hindari mengeringkan kulit dengan handuk. Biarkan kulit kering dengan sendirinya.

Metode ini dipecaya dapat membantu menurunkan suhu tubuh, sehingga biang keringat lebih cepat hilang. Berada di tempat yang memiliki pendingin ruangan atau kipas angin, juga dapat membantu turunnya suhu di kulit

2. Kompres dengan air dingin

Biang keringat di wajah juga dapat lebih cepat hilang apabila mengompresnya menggunakan air dingin. Gunakan kain atau handuk berbahan lembut, dan kompres selama 15-20 menit.

Anda pun dapat mengulanginya selama beberapa kali. Perlu diingat, biarkan kulit yang baru saja dikompres untuk kering dengan sendirinya.

3. Gunakan salep atau obat

Jika kedua cara di atas dirasa kurang membantu, juga dapat menggunakan salep yang mengandung bahan hidrokortison atau triamcinolone. Obat berjenis antihistamin juga dapat gunakan, untuk meredakan rasa gatal yang timbul, akibat biang keringat.

Meski biang keringat adalah kondisi yang cenderung ringan, hal ini tidak menutup kemungkinan infeksi dapat terjadi. Infeksi terjadi akibat masuknya bakteri ke kelenjar keringat yang tersumbat.

Tanda-tanda biang keringat yang terinfeksi di antaranya nyeri, bintil-bintil yang muncul semakin membesar, serta area kemerahan di kulit yang tidak kunjung hilang. Untuk mengatasi biang keringat yang terinfeksi, dokter biasanya akan meresepkan obat antibiotik.

Cegah kambuhnya biang keringat di wajah dengan cara ini

Ketika biang keringat di wajah sudah berhasil diatasi, tentu tidak ingin kondisi yang satu ini kembali muncul. Tenang, cukup melakukan beberapa langkah sederhana di bawah ini untuk mencegah munculnya biang keringat di wajah:

  • Hindari berolahraga di luar ruangan saat cuaca lembap dan panas
  • Sebisa mungkin tetap berada di ruangan yang sejuk
  • Jaga kulit tetap bersih dengan mandi secara teratur, untuk mencegah tersumbatnya kelenjar keringat
  • Memakai pakaian yang longgar dan berbahan katun yang menyerap keringat
  • Banyak minum air putih untuk menjaga suhu tubuh tetap sejuk

Mulai saat ini, tidak perlu bingung lagi saat biang keringat muncul di wajah. Semakin cepat perawatan dimulai, maka akan semakin cepat pula kulit wajah kembali seperti semula.

Medicinet. https://www.medicinenet.com/heat_rash/article.htm
Diakses pada 1 Mei 2019

Med Shadow. https://medshadow.org/heat-rash/
Diakses pada 1 Mei 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319612.php
Diakses pada 1 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed