logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Cara Menghilangkan Belang di Tangan dan Kaki yang Ampuh

open-summary

Cara menghilangkan belang di tangan dan kaki bisa dengan eksfoliasi kulit, penggunaan produk pencerah kulit, hingga melakukan prosedur perawatan kulit dari dokter. Pemakaian bahan-bahan alami, seperti lidah buaya dan kunyit, bisa dijadikan cara menghilangkan kulit belang lainnya.


close-summary

21 Jan 2020

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Ada berbagai cara menghilangkan belang di tangan yang bisa dilakukan

Penggunaan tabir surya bisa mencegah kulit tangan belang

Table of Content

  • Mengapa kulit tangan bisa belang?
  • Cara menghilangkan belang di tangan dan kaki
  • Catatan dari SehatQ

Sering beraktivitas di luar ruangan, terutama di bawah paparan sinar matahari yang terik, dapat meningkatkan risiko kulit tangan belang. Munculnya kulit belang pada tangan dan kaki tentu dapat mengganggu penampilan bagi beberapa orang. Lantas, apa saja cara menghilangkan belang di tangan dan kaki?

Advertisement

Mengapa kulit tangan bisa belang?

Kulit memiliki pigmen pemberi warna gelap alami (cokelat atau hitam) yang dikenal dengan melanin

Jika kulit terpapar sinar matahari, kulit akan melepaskan melanin untuk mengurangi radiasi sinar ultraviolet (UV). 

Semakin lama kulit terkena paparan sinar matahari langsung, akan semakin banyak melanin yang diproduksi. 

Akibatnya, area kulit bisa menjadi lebih gelap dibandingkan bagian kulit yang tidak terpapar sinar matahari langsung. 

Warna kulit yang menggelap memang bisa kembali seperti sedia kala seiring dengan kemampuan kulit memperbarui sel-selnya. Meski demikian, proses ini bisa memakan waktu yang panjang.

Sebagian orang mungkin tidak masalah dengan perubahan warna kulit menjadi gelap tersebut. Akan tetapi, beberapa orang mungkin merasa terganggu dengan keberadaan warna kulit yang tidak merata ini.

Cara menghilangkan belang di tangan dan kaki

Nah, bagi Anda yang ingin menghilangkan kulit belang di tangan, simak berbagai cara mengatasinya berikut ini. 

1. Eksfoliasi

Salah satu cara menghilangkan belang di tangan dan kaki adalah dengan melakukan eksfoliasi kulit menggunakan scrub

Eksfoliasi dengan scrub bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah atau produk kecantikan tertentu di pasaran. 

Langkah ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus mengembalikan warna kulit belang yang kusam menjadi tampak lebih cerah.

Lakukan eksfoliasi sebagai cara menghilangkan belang di tangan
Lakukan eksfoliasi kulit untuk mencerahkan kulit tangan dan kaki yang belang

Setelah melakukan eksfoliasi kulit, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Misalnya, mengoleskan pelembap setelah eksfoliasi untuk mencegah kulit kering

Selain itu, Anda perlu menghindari paparan sinar matahari langsung saat kulit mengelupas. Pasalnya, kulit setelah dieksfoliasi cenderung lebih sensitif terhadap sinar matahari. 

Maka dari itu, Anda dianjurkan menggunakan sunscreen atau tabir surya SPF 30 setelah melakukan scrub.

2. Gunakan produk pencerah kulit

Saat ini sudah banyak produk skincare untuk mencerahkan kulit yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan belang di tangan dan kaki. 

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa tidak semua kandungan skincare aman digunakan oleh kulit Anda. 

American Academy of Dermatology mengemukakan, ada beberapa kandungan bahan aktif yang direkomendasikan untuk mencerahkan kulit kusam dan belang, seperti: 

  • Vitamin C
  • Azelaic acid
  • Glycolic acid
  • Kojic acid
  • Retinoid, seperti retinol, tretinoin, atau tazarotene

Kandungan bahan aktif tersebut dapat mencerahkan warna kulit sekaligus menghambat produksi melanin. 

Hindari produk pencerah kulit yang mengandung merkuri atau steroid karena dapat membahayakan kulit.

Untuk mendapatkan rekomendasi kandungan bahan aktif yang tepat, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.

3. Oleskan lidah buaya

Manfaat lidah buaya sebagai cara menghilangkan belang di tangan
Lidah buaya diyakini bisa menghambat produksi melanin pada kulit

Lidah buaya disebut sebagai cara memutihkan tangan secara alami. Sebuah studi yang dimuat dalam International Journal of Pharmacognosy membuktikan bahwa lidah buaya dapat menghambat produksi melanin dan mengurangi hiperpigmentasi kulit

Manfaat tersebut kemungkinan besar berkat kandungan aloesin dalam lidah buaya yang bekerja dengan menghambat produksi melanin pada kulit. Dengan demikian, kulit akan tampak lebih cerah. 

Manfaat lidah buaya juga dapat menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari (sunburn). 

Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya langsung dari tanamannya atau menggunakan produk gel Aloe vera yang ada di pasaran untuk membantu meratakan warna kulit yang belang

4. Gunakan kunyit

Kunyit sudah sejak lama dijadikan sebagai bahan alami yang dapat mencerahkan kulit berkat kandungan kurkumin di dalamnya. 

Walaupun belum terbukti ampuh meratakan warna kulit yang belang, sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Dermatology menyebutkan, kandungan kunyit mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV. 

Tak hanya itu, studi tersebut juga menemukan bahwa kunyit dapat meningkatkan hidrasi kulit dan melindungi minyak alami pada kulit. 

Jika tertarik menggunakannya, Anda bisa mencampurkan 1 sendok teh kunyit yang dihaluskan dengan beberapa tetes air perasan lemon dalam sebuah mangkuk kecil. 

Aduk merata sampai teksturnya menyerupai pasta masker. Oleskan pada wajah, leher, tangan, kaki, atau bagian kulit belang lainnya. Diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

5. Pakai masker pepaya dan madu

Masker pepaya dan madu sebagai cara menghilangkan belang di tangan
Pepaya mengandung enzim papain yang bisa mengatasi kulit belang

Campuran masker pepaya dan madu ternyata dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan kulit belang di tangan dan kaki. 

Pasalnya, pepaya mengandung enzim papain yang dikenal dapat membantu mengatasi kulit belang di tangan. Sedangkan, madu dapat membuat kulit tetap kenyal. 

Cara membuatnya, yakni haluskan 1-2 sendok makan pepaya terlebih dulu dalam sebuah mangkuk. Kemudian, tambahkan 1-2 sendok madu, aduk merata sampai membentuk pasta. 

Oleskan pada wajah, leher, tangan, kaki, atau bagian kulit belang lainnya. Diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.

6. Coba jus kentang

Tahukah Anda jika cara memutihkan kulit tangan yang belang bisa menggunakan jus kentang? Ya, jus yang diekstrak dari kentang disebut-sebut sebagai zat pencerah kulit yang kuat. 

Bahan alami ini diyakini dapat mengatasi kulit tangan belang dan lingkaran hitam yang mungkin muncul setelah berjemur di bawah sinar matahari.

Cara membuatnya, yaitu kupas kulit kentang dan haluskan menggunakan blender. Oleskan masker kentang pada area kulit yang gelap. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

7. Gunakan teh hitam

Cara menghilangkan kulit belang di tangan dengan teh hitam
Teh hitam disebut dapat mengatasi kulit belang

Teh hitam dipercaya sebagai cara menghilangkan kulit belang di tangan dan kaki. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian dari Toxicological Research

Penelitian tersebut mengungkapkan, manfaat teh hitam memiliki efek memutihkan kulit pada hewan uji coba yang berwarna cokelat. 

Meski demikian, cara mengatasi kulit belang di tangan dan kaki dengan teh hitam ini masih membuktikan penelitian lebih lanjut guna mengetahui efektivitasnya. 

8. Lakukan prosedur perawatan kulit

Jika cara alami dan perawatan rumahan tak kunjung membuahkan hasil yang maksimal, Anda mungkin dapat mempertimbangkan cara menghilangkan belang di tangan melalui prosedur perawatan kulit. 

Beberapa prosedur perawatan kulit rekomendasi dokter kulit yang dapat memutihkan kulit tangan, antara lain:

  • Chemical peeling, yakni prosedur yang dilakukan dengan mengangkat lapisan kulit paling atas untuk mempercepat regenerasi sel kulit. Dengan demikian, warna kulit yang belang atau tidak merata bisa menjadi lebih cerah.
  • Mikrodermabrasi. Prosedur pengangkatan sel kulit mati menggunakan kristal-kristal halus dan vakum khusus. Prosedur ini bisa membantu mencerahkan, menghaluskan, serta meratakan warna kulit. 
  • Laser toning. Tindakan laser untuk memecah pigmen melanin sampai lapisan kulit lebih dalam sekaligus menyamarkan warna kulit yang gelap atau tidak merata tanpa merusak jaringan kulit di sekitarnya. 

Untuk mengetahui prosedur memutihkan kulit tangan yang tepat dan risiko efek samping yang mungkin terjadi, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit dulu. 

9. Hindari perawatan kulit tertentu

Meski ada berbagai cara mengatasi kulit belang di tangan dan kaki yang menarik untuk dicoba, Anda tetap perlu berhati-hati sebelum menggunakannya. 

Bila perlu, lakukan tes pada kulit terlebih dulu untuk mencegah risiko efek samping yang mungkin terjadi. 

Jika ada tanda-tanda reaksi alergi, seperti kulit gatal, kemerahan, hingga membengkak, sebaiknya hindari penggunaannya. 

Selain itu, ada cara memutihkan tangan secara alami yang perlu dihindari, seperti penggunaan air perasan lemon, terutama bila tidak dilarutkan air. 

Air perasan lemon tidak boleh digunakan sebagai cara menghilangkan kulit belang di tangan
Air perasan lemon membuat kulit sensitif terhadap matahari

Pasalnya, belum ada studi ilmiah yang membuktikan penggunaan air perasan lemon atau jeruk nipis dalam mencerahkan kulit atau mengurangi produksi melanin.

Alih-alih sebagai cara mengatasi kulit belang dengan mengangkat sel-sel kulit mati, langkah ini justru dapat mengiritasi kulit. 

Jenis buah citrus ini juga mengandung senyawa yang dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar UV. Akibatnya, kulit Anda bisa terbakar.

Selain itu, pastikan Anda tidak menggunakan produk pemutih atau pencerah kulit sembarangan, termasuk yang mengandung merkuri atau steroid. 

Selalu pilih produk perawatan kulit yang telah mendapat izin edar dari Badan POM, Kementerian Kesehatan, serta SNI untuk mencegah risiko efek samping yang mungkin terjadi.

Catatan dari SehatQ

Mengingat cara memutihkan tangan belang melibatkan senyawa kimia atau bahan alami, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain melakukan berbagai cara menghilangkan belang di tangan, Anda juga perlu melakukan tindakan pencegahan agar kulit tidak belang, seperti selalu mengoleskan sunscreen atau tabir surya dengan minimal SPF 30 sebelum beraktivitas di luar rumah. 

Selain itu, kenakan pakaian lengan panjang atau topi saat beraktivitas di luar ruangan untuk memaksimalkan perlindungan dari paparan sinar matahari. 

Bila perlu, hindari melakukan aktivitas pada saat matahari sedang terik-teriknya, yakni pukul 10.00 pagi hingga 04.00 sore.

Baca Juga

  • 8 Lipstik Wardah Terbaru yang Terbaik untuk Tampil Cantik
  • 5 Tips Penting Perawatan Area T-Zone pada Wajah
  • Bedak Pemutih dengan Serbuk Mutiara, Bisakah Memutihkan Wajah?

Jika tangan belang diikuti gejala lain, seperti muncul tahi lalat atau benjolan yang semakin besar, bahkan berdarah, segera periksakan kondisi ke dokter spesialis kulit.

Anda juga dapat bertanya dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara menghilangkan kulit belang melalui App Store dan Google Play

Advertisement

perawatan kulitkulit dan kecantikanpencerah kulit

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved