Rapid test menggunakan sampel darah
SehatQ mendukung rapid test untuk deteksi dini infeksi Covid-19

Melakukan deteksi dini infeksi Covid-19 sangat penting guna mencegah penularan penyakit pada orang sekitar dan risiko komplikasi yang serius pada kelompok yang rentan. Untuk melakukan deteksi dini, maka perlu dilakukan rapid test corona. Dengan ini, pasien yang berada di tahap awal infeksi Covid-19 pun dapat diidentifikasi lebih cepat.

Namun, jika ingin melakukan rapid test secara mandiri, beberapa orang mungkin tidak mengetahui fasilitas kesehatan mana saja yang menjadi rujukan. Selain itu, meski ada rapid test yang digelar massal, tetapi umumnya waktunya dikondisikan. Lantas, fasilitas kesehatan mana saja yang menyediakan rapid test? 

Kelompok orang yang perlu melakukan rapid test corona

Rapid test corona adalah salah satu jenis pemeriksaan untuk mendeteksi adanya infeksi virus corona (Covid-19) dalam tubuh. Pemeriksaan ini dilakukan sebagai screening awal infeksi Covid-19 bagi orang yang berisiko tinggi tertular Covid-19.

Rapid test corona di Indonesia sendiri menggunakan sampel darah untuk mendeteksi kadar antibodi imunoglobulin terhadap virus dalam tubuh. Antibodi adalah protein yang dibentuk oleh sistem kekebalan tubuh manusia untuk melawan bakteri, virus, dan benda asing lainnya.

Rapid test corona direkomendasikan bagi:

  • Orang tanpa gejala (OTG), terutama yang mempunyai riwayat setelah kontak minimal 7 hari dengan pasien positif terinfeksi Covid-19 atau memiliki risiko tertular dari penderita. Misalnya, tenaga kesehatan
  • Orang dalam pemantauan (ODP)
  • Pasien dalam pengawasan (PDP)
  • Orang dengan profesi yang sehari-harinya melakukan kontak dengan banyak orang, seperti polisi, tentara, sopir kendaraan umum, petugas pelayanan publik, kurir, pejabat publik, pengemudi ojek online, dan sebagainya.

Instruksi melakukan rapid test Covid-19 dari pemerintah

Jumlah orang yang positif terinfeksi virus corona di Indonesia kian hari kian bertambah. Untuk mencegah penyebaran virus corona lebih luas lagi, Presiden Joko Widodo menginstruksikan untuk melakukan rapid test. Hal ini dilakukan terutama di beberapa wilayah di Indonesia yang memiliki jumlah kasus Covid-19 tinggi. 

Salah satu wilayah di Indonesia yang melaksanakan pemeriksaan rapid test gratis massal adalah Kota Cimahi, Jawa Barat.

Dinas Kesehatan Kota Cimahi bersama Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Jawa Barat menggelar kegiatan rapid test gratis yang menyasar titik kerumunan massa, seperti pedagang dan pengunjung pasar tradisional, toko modern, hingga pengendara ojek online.

Selain itu, Pemerintah Kota Surabaya dan Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar rapid test gratis massal untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Surabaya. Seperti yang diketahui bahwa Surabaya menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang mengalami penonjakan kasus Covid-19. 

Daftar fasilitas layanan kesehatan yang menyediakan rapid test gratis

Sejumlah fasilitas layanan kesehatan, mulai dari puskesmas, klinik, hingga rumah sakit, menyediakan pemeriksaan rapid test Covid-19 gratis. Berikut adalah daftar fasilitas layanan kesehatan yang menawarkan rapid test gratis:

1. Puskesmas

Hampir semua puskesmas di seluruh Indonesia yang ditunjuk pemerintah menyediakan rapid test. Akan tetapi, rapid test di puskesmas umumnya dibatasi bagi mereka yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP). 

2. RSUI Depok

Rapid test juga dapat dilakukan di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Depok. Rapid test dapat dilakukan secara gratis dengan sejumlah persyaratan.

Syaratnya, yakni masyarakat yang melakukan rapid test merupakan masyarakat Kota Depok yang dapat dibuktikan dengan KTP atau surat keterangan berdomisili di Depok. Selain itu, masyarakat juga memiliki indikasi gejala Covid-19 dan rujukan dari puskesmas atau rumah sakit. 

Pemeriksaan rapid test yang dilakukan di RSUI dibiayai oleh Pemerintah Kota Depok, sehingga warga tak perlu mengeluarkan biaya.

Daftar rapid test Covid-19 di fasilitas kesehatan terdekat di SehatQ

cara rapid test gratis di SehatQ
Daftar rapid tes mudah melalui web maupun aplikasi SehatQ

SehatQ bekerja sama dengan sejumlah mitra klinik dan rumah sakit yang menyelenggarakan pemeriksaan rapid test Covid-19. Harga yang ditawarkan oleh fasilitas kesehatan ini pun cenderung beragam.

Cara mendaftar rapid test Covid-19 di fasilitas kesehatan terdekat melalui SehatQ hanya memerlukan beberapa langkah mudah, yaitu:

  1. Anda perlu menjalani cek risiko Covid-19 gratis terlebih dahulu melalui aplikasi atau website SehatQ. Saat membuka aplikasi atau website SehatQ, di pojok kanan dashboard terdapat pop-up chat dokter yang bisa Anda klik.
  2. Kemudian, Anda bisa menjawab pertanyaan yang muncul. Jika tes singkat tersebut menunjukkan hasil risiko tinggi, maka Anda diarahkan untuk berkonsultasi dengan dokter melalui fitur Chat Dokter.
  3. Anda akan melakukan booking rapid test ke fasilitas penyedia rapid test terdekat yang dipandu oleh customer service SehatQ.
  4. Customer service SehatQ akan mengirimkan konfirmasi mengenai detail jadwal pemeriksaan dan lokasi rapid test di fasilitas kesehatan terdekat melalui Whatsapp.
  5. Anda dapat menunjukkan detail pesanan kepada petugas medis di fasilitas layanan kesehatan yang dituju saat melakukan rapid test.

Klinik dan rumah sakit rujukan rapid test Covid-19 melalui SehatQ, di antaranya:

informasi lainnya seputar virus corona

Program rapid test dilakukan sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Jadi, jika Anda atau orang terdekat Anda memiliki gejala yang mirip dengan Covid-19, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan melalui rapid test Covid-19 di sejumlah fasilitas layanan kesehatan terdekat yang tersedia. 

Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Indonesia. https://covid19.idionline.org/wp-content/uploads/2020/04/18.-PATKLIN-Rapid-test.pdf
Diakses pada 12 Mei 2020

Web Md. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/immunoglobulin-test#1
Diakses pada 12 Mei 2020

Kompas. https://surabaya.kompas.com/read/2020/05/29/18124441/pemkot-surabaya-dan-bin-gelar-rapid-test-massal-gratis?page=all
Diakses pada 5 Juni 2020

Pikiran Rakyat. https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-01391771/rapid-test-digelar-mobile-dan-gratis-jangkau-titik-kerumunan-masyarakat-agar-tepat-sasaran
Diakses pada 5 Juni 2020

Detik. https://news.detik.com/berita/d-5016162/daftar-lokasi-tes-rapid-test-dan-pcr-covid-19
Diakses pada 5 Juni 2020

Artikel Terkait