BB cream untuk kulit berminyak dengan kandungan oil-free
Pilih BB cream untuk kulit berminyak dengan kandungan oil-free

Bicara urusan merawat kulit, siapa yang tidak mau pilihan all-in-one dan terjangkau? Yup, BB cream yang akan menjadi bahasan kita kali ini. Meski demikian, memilih BB cream untuk kulit berminyak kadang tak semudah membalikkan telapak tangan.

Untuk menyamakan persepsi, definisi BB cream yang akan kita elaborasi adalah produk makeup yang bertindak sebagai pelembap, foundation, sekaligus tabir surya

[[artikel-terkait]]

BB dalam kata BB cream adalah singkatan dari blemish balm atau beauty balm yang bisa menjadi primer atau dasar sebelum menggunakan makeup lainnya.

Ada banyak sekali pilihan BB cream di pasaran dengan harga terjangkau hingga yang termahal sekalipun. Salah satu tantangannya adalah memilih BB cream untuk kulit berminyak atau kombinasi.

Bolehkah menggunakan BB cream?

Memiliki kulit berminyak, kombinasi, hingga yang rentan berjerawat bukan alasan untuk tidak menggunakan BB cream. Tidak ada yang salah dengan menggunakan produk kosmetik satu ini, selama sesuai dengan jenis kulit Anda.

Tentu saja, memilih BB cream untuk kulit berminyak akan berbeda dengan kulit kering atau normal. Syarat utamanya adalah jangan terlalu berat dan pilih formula yang sesuai dengan kulit berminyak.

Bagaimana memilih BB cream untuk kulit berminyak?

Tentu yang diharapkan oleh mereka yang memiliki kulit berminyak adalah BB cream yang tidak akan menambah tumpukan minyak di wajah, sekaligus tidak membuatnya terlalu kering.

Hal ini berlaku tidak hanya untuk BB cream saja, tapi untuk produk kosmetik dan perawatan kulit lainnya.

Berikut ini cara memilih BB cream untuk kulit berminyak:

  • Pilih formula yang tepat

Syarat pertama adalah memilih BB cream yang tidak terlalu berat. Jika terlalu berat, justru BB cream dapat menambah kadar minyak di kulit. Formula oil-free bisa jadi pilihan. Biasanya, BB cream tipe ini hadir dalam tekstur gel.

  • Tabir surya

Meski BB cream sudah mengandung tabir surya, namun proteksi dari sinar ultraviolet tetaplah penting. Gunakan tabir surya dengan SPF lebih dari 15. 

  • Menyerap minyak

Area kulit wajah yang rentan berminyak adalah T-zone. Itu sebabnya, pilih BB cream yang bisa menyerap minyak di area tersebut. Namun bukan sembarang menyerap minyak saja.

Pastikan BB cream yang Anda pilih tidak membuat area selain T-zone menjadi kering, seperti di rahang atau pipi. Jika Anda berhasil memilih yang tepat, BB cream juga dapat menyamarkan pori-pori.

  • Hyaluronic acid 

Ingin tahu komposisi pelembap wajah yang tidak rentan menyumbat pori-pori? Hyaluronic acid jawabannya. Dengan kemampuannya menjaga kelembapan secara alami, maka kulit akan tetap lembut dan kenyal. Lebih penting lagi, tanpa menambah kadar minyak di kulit.

  • Salicylic acid

Kerap bermasalah dengan kulit berminyak dan rentan berjerawat? Cari BB cream yang mengandung salicylic acid. Kandungan ini dapat mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan komedo tanpa membuat kulit kering.

Tentu mencari BB cream yang sesuai dengan kondisi kulit tak akan mudah. Perlu trial and error dan yang terpenting banyak-banyaklah riset agar tak salah pilih.

Jika sudah menemukan BB cream yang pas di hati, jangan lupa untuk selalu membersihkan kulit setelah beraktivitas.

Health. https://www.health.com/beauty/best-bb-cream-combination-skin
Diakses pada 25 Mei 2019

Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/bb-creams-for-oily-skin/#gref
Diakses pada 25 Mei 2019.

Artikel Terkait

Banner Telemed