Tips Potong Rambut Sendiri di Rumah Saat Pandemi Corona

Cara memotong rambut sendiri di rumah yang dianjurkan yakni melakukan trimming sedikit saja di ujung rambut
Lakukan trimming di ujung rambut sedikit saja untuk menyingkirkan rambut bercabang

Pandemi Covid-19 mengharuskan kita untuk berdiam di rumah. Semua aktivitas yang tak mendesak pun terpaksa harus kita tunda, termasuk memotong rambut. Namun, beberapa orang mungkin resah dengan rambut yang semakin panjang, tidak teratur, dan ujungnya bercabang. Apakah Anda juga merasa demikian?

Di artikel ini, Anda bisa menyimak tips dan cara memotong rambut sendiri di rumah, saat kita harus melakukan physical distancing karena wabah virus corona.

Tips dan cara potong rambut sendiri di rumah

Tips dan cara potong rambut berikut ini bisa diterapkan di rumah, namun tidak berlebihan:

1. Pastikan Anda memiliki gunting yang tajam

Gunting yang tajam sangat diperlukan agar rambut terlihat sehat setelah dipotong. Jika Anda memiliki gunting khusus untuk memotong rambut, hal tersebut tentu lebih baik. Namun, yang terpenting, pastikan gunting yang digunakan memang tajam. Gunting yang tajam juga membantu kita agar tak mencabut rambut saat memotongnya.

Anda bisa menggunakan sehelai benang untuk memastikan ketajaman gunting. Pegang benang sehingga menggantung di udara dan gesekkan gunting ke benang tersebut. Apabila bilah gunting bisa memotong benang tanpa menariknya terlebih dahulu, maka gunting bisa dipastikan cukup tajam untuk memotong rambut.

Tak lupa, Anda akan memerlukan sisir, handuk, dan jepit rambut untuk membagi rambut dalam beberapa bagian.

2. Pastikan rambut lembap, namun tak basah

Sebelum mulai memotong rambut, Anda bisa mencucinya terlebih dahulu. Keringkan rambut beberapa saat agar rambut tak kusut. Rambut harus lembap, namun tidak terlalu basah untuk hasil yang maksimal.
Apabila rambut mulai mengering sebelum ritual potong rambut usai, basahi sedikit dengan semprotan air.

3. Mulai dengan memotong sedikit ujung rambut

Melakukan trimming, atau memotong sedikit ujung rambut yang mulai bercabang, menjadi tips penting saat memotong rambut sendiri di rumah. Hal ini terutama ditujukan bagi Anda yang mungkin belum pernah memotong rambut sendiri.
Mulailah dengan potongan sedikit terlebih dahulu. Apabila sudah terbiasa, barulah Anda bisa memotong lebih banyak jika memang diperlukan.

banner corona

4. Tak perlu drastis dan fancy

Beberapa hairstylist menganjurkan agar Anda tak perlu berlebihan dalam memotong rambut. Idealnya, memotong rambut sendiri di rumah dilakukan hanya untuk trimming bagian ujung rambut yang bercabang.
Untuk membuat transformasi potongan rambut, Anda lebih disarankan untuk menunggu hingga pandemi Covid-19 berakhir dan mendatangi salon dan barbershop langganan Anda.

5. Tips khusus untuk rambut keriting

Rambut keriting akan memerlukan treatment yang berbeda dengan dengan rambut lurus. Apabila Anda memiliki rambut keriting, pastikan Anda melakukan trimming di ujung rambut sedikit saja (hanya beberapa sentimeter). Rambut keriting cenderung memendek saat mengering, dan cenderung terlihat memanjang apabila basah karena ‘diisi’ oleh air.

Saat mengambil kumpulan helaian rambut (section) yang hendak dipotong ujungnya, Anda sangat disarankan untuk membagi rambut dalam beberapa section. Membuat section yang terlalu besar berisiko membuat hasil potongan yang tidak halus karena rambut keriting cenderung lebih tebal.

Ingat, trim rambut beberapa sentimeter dengan section yang juga kecil saat memotong rambut keriting.

Merawat rambut selama di rumah

Ketika berdiam diri di rumah selama pandemi corona, Anda juga bisa mengisi waktu dengan memberikan perhatian penuh terhadap kesehatan rambut. Beberapa rahasia sederhana yang bisa Anda terapkan, yaitu:

  • Mengonsumsi makanan sehat untuk nutrisi rambut. Variasikan makanan yang kaya dengan protein, zinc, omega-3, vitamin A hingga E, biotin, serta zat besi.
  • Hindari air yang terlalu panas atau terlalu dingin saat keramas
  • Hindari keramas lebih dari sekali dalam satu hari
  • Pilih sampo dan kondisioner yang sesuai
  • Lakukan pijatan pada rambut dengan rutin untuk melancarkan aliran darah
  • Batasi konsumsi alkohol
Keramas di rumah
Anda tak disarankan untuk keramas lebih dari sekali dalam satu hari

Catatan dari SehatQ

Dalam memotong rambut sendiri di rumah, Anda tidak disarankan untuk melakukan potongan yang drastis. Lakukan trimming sedikit saja untuk menyingkirkan ujung rambut yang bercabang. Jangan lupa untuk merawat rambut dan memastikan nutrisinya tercukupi, walau Anda lebih banyak menghabiskan waktu di rumah selama wabah corona.

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/learn-how-cut-hair-home
Diakses pada 3 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/tricks-healthier-fuller-hair
Diakses pada 3 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-vitamins-hair-growth
Diakses pada 3 April 2020

Metro UK. https://metro.co.uk/2020/03/20/experts-share-tips-cut-hair-home-12431601
Diakses pada 3 April 2020

Artikel Terkait