Moms, Inilah Cara Pijat Bayi yang Bisa Kalian Lakukan di Rumah

Terdapat cara pijat bayi dengan tepat yang mudah untuk Anda lakukan
Bila bayi menangis saat dipijat, segera hentikan

Membuat bayi merasa senang dan nyaman tentu menjadi keinginan setiap orangtua. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkannya, yakni dengan melakukan pijat bayi.

Akan tetapi, hal ini tidak boleh sembarangan dilakukan karena berpotensi menyakiti tubuh bayi. Oleh sebab itu, pijat bayi harus dilakukan dengan hati-hati dan penuh kelembutan. Perhatikan hal berikut jika Anda ingin mencoba memijat bayi.

Cara pijat bayi yang tepat dilakukan

Pilihlah area yang nyaman dan hangat untuk memijat bayi agar ia tidak kedinginan, misalnya di kamar, meja ganti, atau karpet yang lembut.

Sebelum mulai memijat, Anda perlu melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Lepaskan perhiasan yang dapat mengiritasi kulit bayi, selalu letakkan bayi di handuk yang lembut dan hangat, serta gosokkan minyak telon, baby oil, atau baby lotion pada tangan Anda.

Setelah semua siap, Anda dapat mulai memijat dengan berbagai cara pijat bayi berikut:

  • Pijat kaki bayi

Pegang tumit bayi Anda menggunakan satu tangan, lalu mulailah pijat bayi secara perlahan menggunakan tangan yang lain dari atas paha hingga ke pergelangan kaki. Ulangi gerakan secara terbalik dari pergelangan kaki ke paha.

Kemudian, pijat dan gosok punggung kaki, telapak kaki, serta jari-jari kaki bayi dengan lembut menggunakan ibu jari.

  • Pijat tangan bayi

Pegang pergelangan tangan bayi menggunakan satu tangan, lalu mulai pijat bayi secara perlahan menggunakan tangan yang lain dari pergelangan tangan ke atas bahu. Sekarang, balikkan dari atas bahu ke pergelangan tangan.

Selanjutnya, pijat dan gosok dengan lembut punggung tangan, telapak tangan, serta jari-jari tangan bayi menggunakan ibu jari Anda. Lakukan secara bergantian pada tangan bayi yang lain.

  • Pijat kepala bayi

Pijatlah kedua sisi kepala bayi menggunakan kedua tangan Anda dengan sangat perlahan. Lalu, lakukan gerakan seperti membuat lingkaran kecil di kepala bayi menggunakan ujung jari. Kemudian, usap kepala bayi hingga ke jari-jari kakinya.

  • Pijat wajah bayi

Pijat dengan lembut wajah bayi menggunakan kedua ibu jari tangan Anda mulai dari tengah kening hingga ke pelipis dan pipi. Selanjutnya, tarik bibir bayi dengan ibu jari secara perlahan hingga membentuk senyuman dari bibir atas hingga bibir bawah.

  • Pijat dada bayi

Letakkan kedua telapak tangan Anda di dada bayi, lalu usap ke arah samping dengan lembut. Kemudian, usap kembali ke arah semula dan ulangi hingga beberapa kali.

Selain itu, Anda juga dapat meletakkan satu tangan di dada bayi dan usap perlahan hingga pahanya. Lakukan gerakan itu dengan berganti-ganti tangan beberapa kali.

  • Pijat perut bayi

Jika perut bayi terasa lunak, maka pijatlah perut bayi secara lembut dengan gerakan melingkar searah jarum jam. Selanjutnya, pijat perut bayi secara diagonal dari satu sisi ke sisi yang lain menggunakan ujung jari Anda membentuk huruf X.

  • Pijat punggung bayi

Balikkan badan bayi Anda menjadi posisi tengkurap. Pijatlah punggung bayi menggunakan ujung jari di kedua sisi tulang belakang mulai dari leher hingga bokong. Kemudian, akhiri dengan usapan yang panjang dari bahu hingga ke kaki.

Selalu ingat untuk memijat bayi dengan lembut, jangan memberinya banyak tekanan atau terlalu kuat. Bila bayi merasa tidak nyaman ketika dipijat, segera hentikan.

Selama memberi bayi pijatan, Anda juga dapat menyetelkan musik, bernyanyi, atau mengajak bayi mengobrol untuk membuatnya semakin rileks dan senang.

Berbagai manfaat pijat bayi

Melakukan pijat bayi merupakan salah satu cara terbaik untuk mendekatkan diri Anda dengan si Kecil. Sentuhan yang menenangkan dari tangan Anda dapat membuat bayi merasa dicintai dan diperhatikan. Bayi juga akan merasa sangat nyaman ketika dipijat.

Menurut asosiasi pijat bayi internasional (IAIM), pijat bayi dapat membantu merangsang sistem pencernaan dan sirkulasi darah yang baik untuk tubuh. Bahkan ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari pijat bayi, di antaranya:

  • Meringankan masalah pencernaan bayi, seperti perut bergas, kram, nyeri kolik, dan sembelit
  • Meredakan ketegangan otot
  • Mengurangi rasa tidak nyaman saat tumbuh gigi
  • Merangsang pertumbuhan bayi prematur
  • Membantu bayi rileks dan tidur dengan pulas
  • Memberikan pengaruh positif terhadap hormon bayi yang dapat mengendalikan stres
  • Membuatnya lebih jarang menangis.

Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut dalam memastikan berbagai manfaat pijat bayi tersebut.

Jangan memijat bayi setelah menyusuinya karena dapat menyebabkan bayi muntah. Akan lebih baik, jika Anda menunggu minimal 45 menit setelah bayi menyusu.

Perhatikan pula suasana hati bayi. Jangan memijat bayi ketika ia enggan untuk dipijat, yang dapat ditandai dengan memalingkan kepala, mengerutkan kening, menangis, atau lengannya menjadi kaku. Ini menunjukkan bahwa bayi merasa tidak nyaman.

Baby Center. https://www.babycentre.co.uk/l25014851/how-to-massage-your-baby-calming-photos
Diakses pada 09 Oktober 2019

Baby Center. https://www.babycenter.com/slideshow-baby-massage
Diakses pada 09 Oktober 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/baby-massage#how-to-perform-massage
Diakses pada 09 Oktober 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/infant-massage/art-20047151
Diakses pada 09 Oktober 2019

What to Expect. https://www.whattoexpect.com/first-year/benefits-of-infant-massage.aspx
Diakses pada 09 Oktober 2019

Pregnancy Birth Baby. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/baby-massage
Diakses pada 09 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed