Cara Pijat Bayi yang Aman dan Benar, dan Manfaatnya bagi Buah Hati


Pijat bayi rupanya bisa dilakukan di rumah sendiri. Anda bisa memulai pijatan dari ujung kaki hingga ujung kepala serta manfaat yang didapat adalah bayi tidak mudah menangis hingga kepadatan tulangnya terjaga

(0)
09 Oct 2019|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Pijat bayi berguna untuk mengurangi bayi menangisPijat bayi bisa dihentikan apabila bayi terlihat menangis
Pijat bayi bisa dilakukan orang tua untuk memberikan perawatan bayi. Pijat layaknya baby spa ini bahkan bisa Anda lakukan di rumahAkan tetapi, hal ini tidak boleh sembarangan dilakukan karena berpotensi menyakiti tubuh bayi.Maka itu, pijat untuk bayi harus dilakukan dengan hati-hati dan penuh kelembutan. Perhatikan hal berikut jika Anda ingin mencoba memijat bayi.

Cara memijat bayi yang benar

Pijat bayi pada umur 6 minggu ke atas sebelum bisa merangkak
Sebelum mengetahui cara memijat bayi, perlu dipahami umur berapa bayi boleh dipijat. Bayi boleh dipijat pada umur 6 minggu ke atas, terutama saat buah hati belum bisa merangkak.Hal ini dikarenakan bayi masih tenang dan tidak banyak bergerak. Jadi, hal ini memudahkan bayi untuk dipijat.Ketika mempersiapkan pijatan untuk bayi, pilihlah area yang nyaman dan hangat untuk memijat bayi agar ia tidak kedinginan, misalnya di kamar, meja ganti, atau karpet yang lembut.Sebelum mulai memijat, Anda perlu melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu.Lepaskan perhiasan yang dapat mengiritasi kulit bayi. Kemudian, ingat selalu untuk baringkan bayi di handuk yang lembut dan hangat, serta gosokkan minyak telon, baby oil, atau baby lotion pada tangan Anda.Setelah semua siap, Anda dapat mulai melakukan cara memijat bayi sebagai berikut:

1. Pijat kaki bayi

Pijat bayi dengan pegang tumit menggunakan satu tangan
Pegang tumit bayi Anda menggunakan satu tangan. Lalu mulailah pijat bayi secara perlahan menggunakan tangan yang lain dari atas paha hingga ke pergelangan kaki. Ulangi gerakan secara terbalik dari pergelangan kaki ke paha.Kemudian, pijat dan gosok punggung kaki, telapak kaki, serta jari-jari kaki bayi dengan lembut menggunakan ibu jari.

2. Pijat tangan bayi

Pegang pergelangan tangan bayi menggunakan satu tangan, lalu mulai memijat secara perlahan menggunakan tangan yang lain dari pergelangan tangan ke atas bahu. Sekarang, balikkan dari atas bahu ke pergelangan tangan. Jangan lupa untuk memijat dengan teknik squeezing, yaitu gerakan memutar dan memeras dari pangkal sampai pergelangan tangan.Selanjutnya, pijat dan gosok dengan lembut punggung tangan, telapak tangan, serta jari-jari tangan bayi menggunakan ibu jari Anda.Lakukan secara bergantian pada tangan bayi yang lain.

3. Pijat kepala bayi

Pijat bayi dengan buat lingkaran kecil di kepala
Pijatlah kedua sisi kepala bayi menggunakan kedua tangan Anda dengan sangat perlahan.Lalu, lakukan gerakan seperti membuat lingkaran kecil di kepala bayi menggunakan ujung jari. Kemudian, usap kepala bayi hingga ke jari-jari kakinya.

4. Pijat wajah bayi

Pijat dengan lembut wajah bayi menggunakan kedua ibu jari tangan Anda mulai dari tengah kening hingga ke pelipis dan pipi.Selanjutnya, tarik bibir bayi dengan ibu jari secara perlahan hingga membentuk senyuman dari bibir atas hingga bibir bawah.

5. Pijat dada bayi

Pijat bayi dengan cara usap perlahan dada hingga paha
Letakkan kedua telapak tangan Anda di dada bayi, lalu usap ke arah samping dengan lembut. Kemudian, usap kembali ke arah semula dan ulangi hingga beberapa kali.Selain itu, Anda juga dapat meletakkan satu tangan di dada bayi dan usap perlahan hingga pahanya.Lakukan gerakan ini dengan berganti-ganti tangan beberapa kali.

6. Pijat perut bayi

Jika perut bayi terasa lunak, maka pijatlah perut bayi secara lembut dengan gerakan melingkar searah jarum jam.Selanjutnya, pijat perut bayi secara diagonal dari satu sisi ke sisi yang lain menggunakan ujung jari Anda membentuk huruf X.

7. Pijat punggung bayi

Pijat bayi dengan balik badan bayi agar punggung bisa diusap
Balikkan badan bayi Anda menjadi posisi tengkurap. Pijatlah punggung bayi menggunakan ujung jari di kedua sisi tulang belakang mulai dari leher hingga bokong.Kemudian, akhiri dengan usapan yang panjang dari bahu hingga ke kaki.Selalu ingat untuk memijat bayi dengan lembut, jangan memberinya banyak tekanan atau terlalu kuat. Bila bayi merasa tidak nyaman ketika dipijat, segera hentikan.Selama memberi bayi pijatan, Anda juga dapat menyetelkan musik, bernyanyi, atau mengajak bayi mengobrol untuk membuatnya semakin rileks dan senang.

Berbagai manfaat pijat bayi

Pijat bayi bermanfaat untuk membuat bayi tidur nyenyak
Memijat bayi merupakan salah satu cara terbaik untuk mendekatkan diri Anda dengan si Kecil.Sentuhan yang menenangkan dari tangan Anda dapat membuat bayi merasa dicintai dan diperhatikan. Bayi juga akan merasa sangat nyaman ketika dipijat.Menurut Asosiasi Pijat Bayi Internasional (IAIM), manfaat pijat bayi adalah membantu merangsang sistem pencernaan dan sirkulasi darah yang baik untuk tubuh.Bahkan, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari pijat bayi, di antaranya:
  • Meringankan masalah pencernaan bayi, seperti perut bergas, kram, nyeri kolik, dan sembelit
  • Meredakan ketegangan otot
  • Mengurangi rasa tidak nyaman saat tumbuh gigi
  • Membantu bayi rileks dan mengatasi bayi susah tidur
  • Memberikan pengaruh positif terhadap hormon bayi yang dapat mengendalikan stres
  • Membuatnya lebih jarang menangis.
Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut dalam memastikan berbagai manfaat pijat bayi tersebut.Selain itu, berdasarkan penelitian yang terbit pada jurnal Infant Behavior and Development, memberikan pijatan untuk bayi terbukti menambah berat badan pada bayi prematur. Sebab, pijat menstimulasi kepadatan tulang sehingga berat badan pun bertambah.Gerakan tungkai pada bayi prematur juga berperan penting dalam pembentukan, pemeliharaan, dan regenerasi massa tulang.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat memijat bayi

Pijat bayi saat 45 menit atau lebih setelah menyusui
Perlu diingat, jangan memijat bayi setelah menyusuinya karena dapat menyebabkan bayi muntah. Akan lebih baik, jika Anda menunggu minimal 45 menit setelah bayi menyusu.Perhatikan pula suasana hati bayi. Jangan memijat bayi ketika ia enggan untuk dipijat, yang dapat ditandai dengan memalingkan kepala, mengerutkan kening, menangis, atau lengannya menjadi kaku. Ini menunjukkan bahwa bayi merasa tidak nyaman.

Catatan dari SehatQ

Pijat bayi adalah hal yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Jika Anda tidak tahu umur berapa bayi boleh dipijat, Anda bisa memulai memijat buah hati pada usia 6 minggu ke atas, terutama sebelum ia bisa merangkak.Cara memijat bayi pun menyesuaikan dengan bagian tubuh yang dipijat. Bagian tubuh yang dipijat adalah kaki, tangan, perut, kepala, wajah, dada, dan punggung.Pijat untuk bayi rupanya bermanfaat untuk tumbuh kembang Si Kecil. Selain itu, manfaat lainnya adalah mengurangi ketegangan otot bayi.Jika Anda mengetahui lebih lanjut terkait pijat bayi, konsultasi lebih lanjut ke dokter anak melalui chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Apabila Anda ingin melengkapi keperluan pijat bayi, kunjungi untuk mendapatkan penawaran dengan harga menarik.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
merawat bayipijatperkembangan bayitumbuh kembang bayikesehatan anak
Baby Center. https://www.babycentre.co.uk/l25014851/how-to-massage-your-baby-calming-photos
Diakses pada 09 Oktober 2019
Baby Center. https://www.babycenter.com/slideshow-baby-massage
Diakses pada 09 Oktober 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/baby-massage#how-to-perform-massage
Diakses pada 09 Oktober 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/infant-massage/art-20047151
Diakses pada 09 Oktober 2019
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/first-year/benefits-of-infant-massage.aspx
Diakses pada 09 Oktober 2019
Pregnancy Birth Baby. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/baby-massage
Diakses pada 09 Oktober 2019
Infant Behavior and Development. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2844909/
Diakses pada 20 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait