Pahami Cara Penularan Influenza dan Cara Mencegahnya, khususnya di Masa Pandemi


Gejala influenza bisa menyerupai penyakit lainnya, seperti misalnya Covid-19 yang tengah mewabah. Itu sebabnya, mengetahui cara penularan influenza sangat berguna untuk mengantisipasi penularannya. Kontak dekat menjadi salah satu cara virus flu berpindah dari satu orang ke yang lainnya.

0,0
cara penularan influenza adalah lewat dropletPenularan influenza terjadi melalui droplet yang dikeluarkan orang yang terinfeksi
Flu (influenza) adalah salah satu penyakit pernapasan yang amat umum terjadi. Ini karena penularan flu yang tergolong cepat, terutama di musim pancaroba. Anda mungkin patut waspada jika rekan Anda sudah menunjukkan gejala flu. Memahami cara penularan influenza dapat menjadi upaya pencegahan flu yang efektif. Simak penjelasannya berikut ini. 

Bagaimana cara penularan penyakit influenza?

Penyakit influenza menular melalui droplet (cipratan air liur) dari saluran pernapasan penderita flu. Droplet yang mengandung virus penyebab flu ini dapat keluar dari saluran pernapasan penderita flu melalui bersin, batuk, dan berbicara.Berikut beberapa kemungkinan cara penularan penyakit flu yang patut Anda waspadai.

1. Kontak langsung dengan orang terinfeksi

Berjabat tangan dengan bisa menjadi salah satu cara penularan virus influenza
Berjabat tangan dengan bisa menjadi salah satu cara penularan virus influenza
Kontak langsung dengan penderita flu, seperti berjabat tangan, berpelukan, dan mengobrol dengan jarak dekat merupakan cara penularan influenza yang paling umum terjadi. Terkadang Anda tidak menyadari bahwa ketika sedang kontak langsung, droplet atau cairan yang mengandung virus penyebab flu bisa saja terhirup dan masuk ke saluran pernapasan Anda. Mengutip sebuah penelitian yang dimuat dalam Annals of The New York Academic of Sciences, virus influenza mampu bertahan hidup di udara selama 1 jam.Virus ini juga mampu bertahan selama lebih dari 8 jam di permukaan benda dan 5 menit di tangan setelah menyentuh benda yang terpapar. Itu sebabnya, berjabat tangan dengan orang yang sedang flu, dapat meningkatkan risiko tertular flu.Anda juga berisiko tertinggi tertular flu jika menyentuh wajah (mata, hidung, dan mulut) dengan tangan yang kotor (terpapar virus).

2. Terkena droplet orang terinfeksi

Droplet yang mengandung virus flu dapat berada di mana saja dan masuk ke tubuh melalui mata dan saluran pernapasan. Droplet ini dapat menyebar melalui bersin, batuk, atau saat Anda berbicara dengan penderita flu dalam jarak dekat (1,5-2 meter). Virus flu mampu bertahan di udara selama satu jam. Berada di ruangan dengan sirkulasi buruk bersama dengan orang flu memungkinkan Anda menghirup udara yang mengandung virus dan akhirnya membuat Anda terinfeksi.Makan bersama-sama dengan orang yang sedang flu juga dapat meningkatkan risiko Anda tertular flu akibat kemungkinan banyaknya droplet yang dihasilkan dan mengontaminasi makanan Anda.Untuk mencegah flu, ada baiknya jika Anda menggunakan masker dan menjaga jarak saat bertemu orang sakit atau ketika berada di tempat ramai dan tertutup.Apabila Anda yang sedang mengalami influenza, beristirahat di rumah adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah penularan flu ke lebih banyak orang. Jika terpaksa harus keluar rumah, pastikan Anda menggunakan masker. 

3. Memegang benda yang terpapar virus flu 

Benda yang Anda pegang bisa saja telah terpapar droplet dari bersin, batuk, atau cipratan air liur yang keluar dari penderita flu. Pada permukaan keras seperti baja, besi, kaca, dan plastik, virus flu bisa bertahan hingga lebih dari 8 jam. Anda dapat tertular flu setelah memegang benda yang terpapar virus flu, jika Anda tidak segera mencuci tangan dengan sabun. Langsung menyentuh mata, hidung dan mulut, atau makan dengan tangan kotor sehabis memegang benda tersebut juga dapat menjadi cara penularan influenza. 

Gejala Anda telah tertular virus flu

Biasanya, virus flu telah menginfeksi mulai dari sebelum Anda merasakan gejala flu sampai semua ciri-cirinya hilang. Sesaat setelah bertemu dengan orang yang terkena flu, misalnya, Anda mungkin saja masih merasa sehat tanpa Anda sadari mungkin telah terpapar virus. Meski, hal ini bergantung pula pada daya tahan tubuh Anda.Gejala flu biasanya muncul sekitar 2 hari setelah virus masuk ke dalam tubuh, atau sekitar 1-4 hari. Pada fase ini Anda juga dapat menularkan virus kepada orang lain.  Gejala umum yang ditimbulkan flu, antara lain:Namun, waktu timbulnya gejala flu dapat berbeda pada tiap individu. Bahkan ada individu yang sama sekali tidak menimbulkan gejala, tapi tetap bisa menularkan flu pada orang lain. Hal ini, lagi-lagi, bergantung pada daya tahan tubuh.Anak kecil, orang tua, dan orang yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah lebih rentan untuk tertular penyakit influenza. 

Cara mencegah penularan influenza

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir mampu mencegah tertular influenza
Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir mampu mencegah tertular influenza
Jika Anda sedang mengalami flu, cara terbaik mencegah penularan flu kepada orang lain adalah dengan berdiam diri dan beristirahat di rumah.Sementara itu, untuk mencegah penularan influenza dari orang lain, pastikan Anda selalu menjalani perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan menjaga kesehatan tubuh Anda. Beberapa cara berikut ini dapat Anda lakukan untuk mencegah penularan flu:
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin. Jika tidak bisa menemukan air mengalir atau sabun, gunakan hand sanitizer berbahan dasar alkohol
  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, sesudah dari toilet, sesudah menggunakan fasilitas umum, sebelum dan sesudah menjenguk orang sakit
  • Hindari menyentuh hidung, mulut, dan mata dengan tangan yang belum dibersihkan
  • Meningkatkan sistem imun tubuh dengan makan makanan bergizi seimbang, cukup minum, olahraga teratur, tidur cukup, dan hindari stres 
  • Pastikan sirkulasi udara di rumah baik dan cukup terpapar sinar matahari pagi
  • Menerapkan etika batuk dan bersin yang benar dengan menggunakan tisu atau menggunakan lengan tangan bagian dalam
  • Hindari kontak dengan penderita flu
  • Gunakan masker ketika sakit atau bepergian
  • Lakukan vaksinasi flu sesuai anjuran
Pandemi Covid-19 yang saat ini melanda memiliki gejala dan cara penularan yang mirip dengan virus influenza. Itu sebabnya, Anda harus lebih waspada.Pastikan Anda menjaga kesehatan dan kebersihan diri, serta melakukan vaksinasi sebagai upaya pencegahan dan penularan penyakit. Jika memiliki pertanyaan terkait vaksinasi sebagai cara pencegahan influenza, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter secara online menggunakan fitur chat dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
pilekfluinfluenza
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/flu/expert-answers/infectious-disease/faq-20057907
Diakses pada 23 Juni 2021
National Health Service. https://www.nhs.uk/common-health-questions/infections/how-long-is-someone-infectious-after-a-viral-infection/
Diakses pada 23 Juni 2021
Influenza Specialist Group. http://www.isg.org.au/index.php/about-influenza/how-influenza-is-spread/
Diakses pada 23 Juni 2021
Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/flu/about/disease/spread.htm
Diakses pada 23 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait