Tindakan pencegahan DBD dilakukan untuk menghindari penyakit DBD
Kita semua perlu melakukan tindakan pencegahan DBD untuk mencegah penyakit DBD.

Demam berdarah dengue (DBD) masuk dalam daftar ancaman kesehatan global WHO karena kerap menimbulkan implikasi parah dengan gejala-gejala yang sangat mengganggu, mulai dari nyeri sendi, ruam kulit, dan demam tinggi. Selain tidak memiliki obat untuk mengatasi penyakitnya, demam berdarah dengue juga dapat menyebabkan risiko yang fatal berupa kematian.

Pencegahan DBD

Sayangnya, tidak ada vaksin khusus yang dikembangkan untuk melawan penyakit DBD. Hal yang paling dapat diupayakan adala menghindari dan mencegah demam berdarah mewabah di lingkungan rumah kita. Berikut adalah beberapa cara mencegah DBD yang wajib Anda ketahui:

1. Ketahui Penyebabnya

Demam berdarah dengue biasanya menyebar melalui gigitan nyamuk aedes aegypti, khususnya ketika nyamuk tersebut membawa virus penyebab penyakit tertentu. Ketika nyamuk DBD menggigit Anda, nyamuk tersebut akan menyuntikkan racun khusus dilanjutkan dengan mengisap darah Anda. Saat itulah infeksi DBD akan mulai menyerang Anda.

2. Bersihkan Sarang Nyamuk DBD

Nyamuk DBD biasanya berkembang biak di sistem air yang tergenang. Jadi, jika Anda memiliki area genangan air, seperti saluran air yang tersumbat atau kolam yang tidak digunakan di dekat lingkungan Anda, segera bersihkan tempat-tempat tersebut. Anda juga bisa menyemprotkan obat yang diperlukan seperti insektisida untuk mencegah tanah menjadi area pengembangbiakan nyamuk DBD.

3. Hati-Hati Saat Beraktivitas Di Luar

Saat musim hujan, perhatikan aktivitas Anda, khususnya saat di luar rumah. Selain itu, pastikan juga untuk selalu memilih tempat-tempat yang bersih dan tidak berisiko terdapat habitat nyamuk tertentu seperti aedes aegypti.

4. Jaga Kebersihan Lingkungan

Bersihkan lingkungan di area rumah Anda dengan obat antinyamuk dan insektisida. Jika Anda ingin menggunakan cara alami, cobalah untuk memelihara hewan-hewan pemakan nyamuk dan jentik nyamuk seperti ikan. Cara mencegah DBD ini akan membantu membersihkan habitat alami nyamuk-nyamuk penyebar demam berdarah dengue.

5. Usir Keberadaan Nyamuk

Selanjutnya, jangan lupa untuk menggunakan krim atau lotion antinyamuk untuk mengusir keberadaan nyamuk di sekitar Anda. Dengan menggunakan lotion dan krim antinyamuk sebagai pencegahan DBD, dijamin nyamuk yang terinfeksi virus tidak menggigit dan menularkan penyakit ke tubuh Anda.

6. Beri Penerangan di Rumah

Nyamuk biasanya lebih suka tempat yang lembap dan gelap. Untuk itu, isilah rumah Anda dengan cahaya lampu dan sinar matahari yang benar-benar dapat menerangi seluruh sudut ruangan sebagai pencegahan DBD. Rumah dengan penerangan yang buruk dapat memicu perkembangbiakan nyamuk yang akan menyebarkan penyakit. Selain itu, siapkan pula jaring-jaring untuk menangkal nyamuk masuk ke dalam rumah yang dipasang di jendela dan pintu.

7. Kenakan Pakaian yang Tepat

Terakhir, jangan pernah lupa untuk menggunakan pakaian yang tertutup saat melakukan aktivitas di luar rumah. Tutupi seluruh bagian tubuh Anda saat berada di dalam atau di dekat tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Pakaian Anda akan bertindak sebagai pelindung luar yang mencegah serangan dan gigitan nyamuk sebagai cara mencegah DBD.

Manipal Hospitals. https://www.manipalhospitals.com/blog/7-effective-ways-to-prevent-dengue/
Diakses pada Januari 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/179471.php
Diakses pada Januari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed