Cara Pakai Tas Selempang dan Ransel Agar Tidak Sakit Punggung


Cara pakai tas selempang dan ransel yang benar adalah dengan membawa beban secukupnya, tidak menggunakan tas hanya di satu bahu secara terus-menerus, dan menghindari tali tas yang tipis dan sempit.

0,0
16 Jun 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara pakai tas selempang dan ransel yang benar adalah tidak membawa terlalu banyak barangCara pakai tas selempang dan ransel harus diperhatikan agar tidak sakit punggung
Untuk Anda yang setiap hari menggunakan tas selempang maupun ransel untuk bekerja atau berpergian, maka penting untuk mengetahui cara memakainya yang benar. Pasalnya, penggunaan yang kurang tepat bisa picu sakit pundak dan punggung.Cara memakai tas selempang dan ransel yang perlu diperhatikan antara lain soal peletakan tali tas yang benar, ketebalan tali tas, hingga ukuran tas.Sakit punggung dan pundak akibat penggunaan tas sebenarnya adalah hal yang sangat umum. Namun sayangnya, masih banyak orang tidak menyadari bahwa rasa sakit yang mereka rasakan disebabkan oleh cara menggunakan tas yang salah.

Cara pakai tas selempang dan ransel yang benar

Berikut ini cara memakai tas selempang dan ransel yang benar agar Anda bisa terhindar dari sakit punggung dan pundak.

1. Hanya bawa barang yang penting

Cara memakai tas selempang ataupun ransel yang benar adalah dengan tidak memasukkan terlalu banyak barang di dalamnya.Bahkan, semakin kecil tas yang digunakan akan semakin baik. Sebab dengan begitu, Anda tidak akan tergoda untuk membawa barang lain yang tidak dibutuhkan.Saat berada di kantor, sekolah, atau kampus, gunakan fasilitas loker jika tersedia. Apabila Anda butuh membawa banyak barang, maka bagi barang tersebut ke dalam beberapa tas yang ukurannya tidak terlalu besar.

2. Tata barang di dalam tas dengan benar

Posisi barang di dalam tas juga akan berpengaruh pada kondisi punggung dan pundak. Idealnya, Anda disarankan untuk menaruh barang yang paling berat di bagian tas paling dalam yang berada paling dekat dengan punggung.

3. Jangan taruh beban hanya di satu sisi tubuh

Saat menggunakan tas ransel, jangan hanya menaruh tali tas di satu sisi pundak. Ini akan membuat beban tidak merata dan memicu tulang belakang bengkok dan akhirnya terasa nyeri punggung.Sementara itu, jika Anda harus menggunakan tas selempang, maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti pundak yang digunakan untuk mengaitkan tali tas sesering mungkin.Saat memakai tas selempang, Anda juga bisa menaruh tas dalam posisi diagonal, sehingga beban bisa terbagi lebih rata.

4. Sesuaikan panjang tali tas

Beberapa orang sengaja memakai tas ransel dengan tali yang dipanjangkan maksimal, sehingga posisi tas berada di bawah pinggang. Hal ini sebenarnya tidak disarankan dari sisi kesehatan, karena akan menambah tekanan di pundak dan memicu nyeri.Kebiasaan ini juga akan membuat punggung bagian bawah menerima tekanan yang lebih besar, hingga rasa sakit muncul.Cara terbaik menggunakan tas ransel adalah dengan memposisikannya setinggi mungkin atau sejajar dengan punggung bagian atas serta bahu. Hal ini membuat beban lebih merata sehingga tidak memicu nyeri di satu sisi.

5. Batasi beban isi tas maksimal 10% dari berat badan

Membawa tas yang terlalu berat lama kelamaan akan membuat punggung dan bahu sakit. Berat maksimal yang ideal untuk tas yang digunakan sehari-hari adalah 10% dari berat badan.Jadi misalnya berat badan Anda adalah 70 kg, maka berat tas beserta isinya tidak disarankan lebih dari 7 kg.Sementara itu untuk tas carrier yang biasa dipakai naik gunung atau travelling, beratnya disarankan untuk tidak lebih dari 20% berat badan. Jadi bagi orang yang memiliki berat 70 kg, maka berat maksimalnya adalah 14 kg.

6. Gunakan tali tas yang lebar dan tebal

Menggunakan tas yang talinya terlalu kecil dan tipis, tidak bagus untuk menopang beban di dalam tas. Saat isi tas sedikit lebih banyak, maka tali tersebut akan menekan kulit serta otot bahu, sehingga memicu nyeri bahu.Karena itu, gunakanlah tas yang memiliki tali yang tebal dan lebar. Dengan demikian, beban tas akan bisa didistribusi dengan lebih baik.

Catatan dari SehatQ

Cara memakai tas ransel atau selempang yang benar selama ini dianggap sepele. Padahal, kesalahan cara menggunakan tas bisa berujung pada sakit pundak dan punggung yang tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari.Untuk membantu mengurangi risiko sakit akibat penggunaan tas yang tidak benar, Anda disarankan rutin melakukan peregangan alias stretching terutama di area pundak dan punggung.Dalam perjalanan jauh, jika memungkinan, jangan terus-menerus gunakan tas ransel dan selempang. Taruh tas selama beberapa menit agar badan bisa istirahat dalam menanggung beban tersebut.Kalau Anda masih punya pertanyaan seputar cara pakai tas selempang atau ransel yang benar dan hubungannya dengan kesehatan punggung dan pundak, diskusikan langsung pada dokter lewat fitur chat dokter di aplikasi SehatQ.
cedera bahusakit punggung
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/right-and-wrong-ways-to-wear-a-backpack-3435014
Diakses pada 2 Juni 2021
Harvard Health Publishing, Harvard Medical School. https://www.health.harvard.edu/childrens-health/bad-backs-and-backpacks
Diakses pada 2 Juni 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/back-pain/is-your-bag-hurting-your-back.aspx
Diakses pada 2 Juni 2021
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/backpacks-and-back-pain-296597
Diakses pada 2 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/neck-pain/heavy-purse-bag-effects
Diakses pada 2 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait