Cara Memakai Softlens yang Benar Agar Tidak Perih dan Iritasi Bagi Pemula


Cara memakai softlens agar tidak perih hingga iritasi sangat penting diketahui pemula. Ketahui pula cara melepas softlens yang benar agar penampilan Anda tidak terganggu oleh iritasi.

(0)
Ketahui cara memasang softlens yang benar agar penampilan Anda tidak terganggu oleh iritasiPastikan tangan dan jari-jari Anda bersih ketika menyentuh lensa kontak
Penggunaan lensa kontak atau softlens tidak boleh asal, apalagi bagi para pemula. Pasalnya, mata Anda mungkin saja terasa perih hingga iritasi akibat penggunaan lensa kontak yang salah. Maka dari itu, penting mengetahui cara memakai softlens agar tidak perih hingga iritasi serta cara melepasnya dengan tepat

Cara memakai soflens agar tidak perih hingga iritasi

Lensa kontak atau softlens adalah pilihan alternatif bagi mereka yang memiliki masalah penglihatan, tetapi enggan menggunakan kacamata.Tak hanya itu, penggunaan softlens juga dapat membuat penampilan Anda menjadi lebih menarik.Kendati demikian, cara memakai softlens yang tepat agar tidak perih hingga iritasi sangatlah penting. Terutama bagi pengguna lensa kontak pemula.Berikut adalah cara memakai softlens yang tepat agar tidak perih hingga iritasi.

1. Membersihkan tangan sebelum menggunakan softlens

Membersihkan tangan sebelum menggunakan softlens
Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sebelum memakai softlens
Salah satu cara memakai softlens yang tepat adalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir terlebih dulu. Aturan ini sebenarnya perlu diterapkan oleh semua pengguna softlens.Pasalnya, langsung memegang dan menggunakan softlens tanpa mencuci tangan terlebih dahulu dapat berisiko memindahkan kuman penyebab infeksi dari jari tangan ke softlens, lalu berakhir pada kedua mata Anda.Pastikan Anda membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun, lalu bilas dengan air mengalir hingga bersih.Kemudian, keringkan seluruh bagian tangan sebelum melakukan cara memakai softlens selengkapnya.

2. Membuka softlens dari wadah dan membersihkannya

Membuka softlens dan membersihkannya
Bersihkan lensa kontak lagi saat akan menggunakannya
Meski dalam kondisi terendam saat disimpan, sebaiknya Anda membersihkan lagi saat akan menggunakannya.Ambil softlens dari wadahnya menggunakan jari telunjuk, lalu bersihkan lensa kontak menggunakan cairan pembersih khusus lensa kontak, bukan air keran.

3. Memegang softlens

Setelah dibersihkan, cara memakai softlens berikutnya adalah ambil softlens menggunakan jari telunjuk tangan Anda.Gunakan jari telunjuk kanan untuk memasang soflens pada mata kiri, serta gunakan jari telunjuk kiri untuk memasang softlens pada mata kanan. Atau Anda dapat menyesuaikannya dengan jari yang paling nyaman digunakan.
Pastikan posisi softlens berbentuk "U" sempurna seperti mangkuk adalah salah satu cara memakai softlens agar tidak perih
Menggunakan jari tangan Anda, pastikan posisi softlens berbentuk "U" sempurna seperti mangkuk
Pastikan posisi softlens berbentuk “U” sempurna seperti mangkuk.Hindari posisi softlens terbalik atau berbentuk setengah lingkaran sempurna.Jika bagian dalam lensa kontak melipat ke luar, balik lensa kontak secara perlahan.Namun, apabila lensa kontak rusak, sebaiknya jangan menggunakannya.

4. Cara memakai softlens

Letakkan softlens pada bagian bola mata Anda
Buka dan tahan bagian bawah kelopak mata menggunakan jari Anda
Inti cara memakai softlens adalah tempatkan softlens berada di ujung jari telunjuk atau jari tengah. Pastikan jari Anda dalam keadaan kering. Sambil menghadap ke cermin, buka, tarik, dan tahan bagian atas dan bawah kelopak mata secara bersamaan menggunakan jari tangan yang lainnya.Dengan lembut dan perlahan, letakkan softlens pada bagian hitam bola mata Anda.Pejamkan mata beberapa saat dan kedipkan beberapa kali guna menempatkan lensa kontak pada bola mata atau hingga mata Anda terasa nyaman.Softlens akan dengan otomatis menyesuaikan posisi pada bagian tengah bola mata.Jika Anda masih merasa tidak nyaman, lepas kontak lensa, bilas menggunakan cairan pembersih khusus, lalu lakukan cara memakai softlens kembali dengan langkah-langkah di atas.

Bagaimana jika cara memakai lensa kontak membuat Anda merasa tidak nyaman?

Jika penggunaan lensa kontak membuat mata Anda terasa gatal, tidak nyaman, mengganggu, hingga menimbulkan rasa sakit sesaat setelah memakainya, cobalah ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Jangan menggosok mata Anda. Menggosok atau mengucek mata Anda dapat merusak softlens dan meningkatkan risiko ketidaknyamanan.
  2. Cuci dan keringkan kedua tangan Anda. Lalu, lepas lensa kontak dan bilas softlens menggunakan cairan pembersih khusus lensa kontak. Langkah ini dapat membantu menghilangkan kotoran atau serpihan debu yang mungkin tersumbat pada lensa kontak sehingga menyebabkan Anda merasa tidak nyaman.
  3. Periksa lensa kontak dengan hati-hati guna memastikannya tidak rusak atau robek. Namun apabila softlens sudah robek, sebaiknya buang dan gunakan yang baru.
  4. Apabila lensa kontak tidak robek, Anda bisa lakukan cara memakai softlens kembali dengan hati-hati ke mata Anda setelah dibilas dan dibersihkan.
  5. Jika lensa kontak masih terasa tidak nyaman dan langkah-langkah ini tidak berhasil meski Anda sudah melakukannya, hentikan penggunaan softlens dan segera konsultasikan dengan dokter spesialis mata.

Cara memakai softlens ketika menggunakan make up

Menggunakan make up pada saat sebelum dan sesudah memakai softlens dibutuhkan kehati-hatian yang ekstra. Pasalnya, kesehatan mata harus tetap terjaga. Jangan sampai mata Anda terkena serpihan bubuk riasan wajah.
  1. Selalu lakukan cara memakai softlens sebelum menggunakan make up. Jika cara memakai softlens dilakukan setelah merias wajah, maka make up yang Anda pakai akan berantakan terkena air softlens atau terkena sentuhan tangan yang lengket akibat penggunaan krim atau lotion.
  2. Jika menggunakan eyeshadow bubuk, pastikan Anda memejamkan mata saat pengaplikasiannya.
  3. Jangan menggunakan eyeliner di antara bulu mata dan mata Anda atau area pinggir mata bagian dalam. Gunakan eyeliner pada area bulu mata yang jauh dari permukaan mata Anda.
  4. Saat Anda akan membersihkan make up, sebaiknya lepas dulu lensa kontak.

Cara melepas lensa kontak yang tepat

Cara melepas lensa kontak yang tepat adalah sebagai berikut:
  1. Sebelum melepas lensa kontak, biasakan untuk membersihkan kedua tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Kemudian, keringkan kedua tangan menggunakan handuk bersih.
  2. Cara melepas softlens, yakni gunakan jari tengah atau jari Anda yang nyaman lainnya untuk menarik kelopak mata bawah Anda. Arahkan bola mata Anda ke atas atau ke samping.
  3. Gunakan jari telunjuk atau jari Anda yang nyaman untuk mengambil lensa kontak. Kemudian, ambil lensa dengan lembut ke bagian putih mata Anda. Cubit lensa kontak menggunakan ibu jari dan jari telunjuk, lalu keluarkan lensa kontak dari mata Anda.
  4. Setelah Anda berhasil mengeluarkan softlens, letakkan pada telapak tangan dan basahi dengan cairan pembersih khusus lensa kontak. Gosok perlahan softlens selama 30 detik guna membersihkannya dari sisa-sisa kotoran atau minyak yang mungkin menempel.
  5. Bilas lensa kontak, lalu letakkan softlens pada wadahnya.
  6. Lakukan hal yang sama pada sisi mata Anda yang lainnya.

Catatan dari SehatQ

Cara memakai dan melepas lensa kontak yang benar sangat penting guna menjaga kesehatan mata Anda. Maka dari itu, pastikan Anda mengikuti panduan cara memakai softlens agar tidak perih dengan benar.Jika Anda mengalami mata merah, bengkak, rasa tidak nyaman pada mata, mata terasa sakit, atau penglihatan kabur, sesaat setelah melakukan cara memakai softlens, segera konsultasikan dengan dokter spesialis mata Anda.
kesehatan matamata minus
Healthline. https://www.healthline.com/health/eye-health/how-to-put-in-contact-lenses
Diakses pada 30 Januari 2020
All About Vision. https://www.allaboutvision.com/en-in/contacts/contact-lens-tips/
Diakses pada 30 Januari 2020
Self. https://www.self.com/story/contact-lens-rules-dry-eyes
Diakses pada 30 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait