6 Cara Pakai Sheet Mask untuk Kecantikan Wajah yang Maksimal

Sheet mask adalah produk perawatan kulit ala Korea yang tren digunakan
Cara pakai sheet mask terlalu lama sebenarnya tidak dianjurkan

Tren perawatan kulit wajah ala Korea memang banyak digemari selama beberapa tahun terakhir. Salah satu produk perawatan kulit yang tren digunakan adalah sheet mask.

Ya, pemakaiannya yang praktis ditambah berbagai macam kandungan di dalamnya membuat sheet mask menjadi salah satu produk andalan banyak perempuan sebagai rutinitas perawatan kulit sehari-hari.

Tersedia dalam berbagai merek dan varian, sebenarnya apa manfaat sheet mask dan bagaimana cara pakai sheet mask agar hasilnya maksimal di kulit wajah?

Apa itu sheet mask?

Sheet mask adalah masker wajah berbentuk lembaran yang terbuat dari serat alami, seperti katun. Lembaran masker ini biasanya diperkaya dengan serum sebagai bahan utamanya.

Sheet mask mengandung konsentrasi zat aktif lebih tinggi dibandingkan krim wajah topikal (oles). Sheet mask juga mengandung berbagai kandungan asam amino serta vitamin dan mineral tertentu yang menawarkan berbagai manfaat baik bagi kulit wajah.

Tergantung pada bahannya, masker lembaran ini dapat membantu bahan-bahan aktif di dalamnya meresap ke dalam kulit.

Dibandingkan dengan masker biasa, sheet mask hanya bisa digunakan satu kali. Setelah ditempel ke wajah, lembarannya bisa langsung Anda buang. Sisa serum yang menempel di wajah bisa dibiarkan meresap ke dalam kulit tanpa Anda perlu mencuci muka.

Apa saja manfaat sheet mask untuk kecantikan kulit wajah?

Ada berbagai manfaat sheet mask yang dipercaya memberi efek positif untuk kecantikan kulit wajah. Mulai dari mengencangkan kulit, mencegah timbulnya jerawat, hingga menyamarkan garis-garis halus di wajah.

Kenyataannya, manfaat sheet mask yang utama adalah melembapkan kulit wajah secara intensif. Hal ini tak terlepas dari kandungan asam hialuronat, ceramide, dan antioksidan yang paling banyak terdapat pada sheet mask.

Lantas, apa fungsi ketiga kandungan yang terdapat dalam sheet mask?

  • Asam hialuronat bekerja dengan menciptakan lapisan kulit terluar, melembapkan kulit, dan memperbaiki tekstur kulit.
  • Ceramide bekerja dengan memblokir faktor-faktor pemicu lingkungan dari luar, seperti bakteri dan debu, yang dapat mengganggu lapisan kulit paling luar.
  • Antioksidan membantu melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel kulit sehingga berujung pada penuaan dini.

Begini cara pakai sheet mask yang tepat agar hasilnya maksimal

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, berikut adalah cara pakai sheet mask yang tepat.

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu

Sebelum memakai sheet mask, pastikan wajah Anda sudah dibersihkan terlebih dulu. Membersihkan wajah bertujuan untuk mengangkat make up, kotoran, dan minyak.

Jika masih ada make up atau Anda tidak cuci muka, manfaat serum yang terdapat pada sheet mask tidak dapat terserap dengan baik ke kulit wajah.

2. Baca aturan cara pakai sheet mask

Sebaiknya, Anda membaca petunjuk yang tertera di balik kemasan sheet mask sebelum menggunakannya. Pasalnya, setiap sheet mask umumnya memiliki kandungan dan aturan cara pemakaian yang berbeda-beda. Pastikan kandungan yang terdapat pada sheet mask sesuai dengan tipe dan masalah kulit wajah Anda. 

3. Pakai lembaran masker di wajah

Lembar sheet mask biasanya memiliki satu ukuran yang sama untuk semua wajah
Terkadang, lubang sheet mask terkadang tidak sesuai posisinya

Lembar sheet mask biasanya memiliki satu ukuran yang sama untuk semua wajah. Oleh sebab itu, pada beberapa bentuk wajah, lubang sheet mask terkadang tidak sesuai posisinya dengan mata, hidung, dan mulut Anda.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan sheet mask dengan cara meletakkannya terlebih dulu pada area dahi dan mata agar masker tidak menimbulkan gelembung dan dapat menempel sempurna. Kemudian, tarik lembaran masker ke area pipi dan dagu.

4. Jangan pakai sheet mask terlalu lama

Sheet mask tidak dianjurkan digunakan terlalu lama
Anda bisa menggunakan sheet mask sambil melakukan aktivitas lain

Banyak orang menganggap bahwa semakin lama memakai sheet mask atau hingga kering maka hasilnya akan semakin baik. Padahal cara pakai sheet mask terlalu lama sebenarnya tidak dianjurkan.

Umumnya, cara pakai sheet mask yang maksimal, yakni selama 10-20 menit. Selama waktu tersebut, Anda dapat sambil melakukan aktivitas lainnya, seperti membaca buku, menonton serial televisi, atau bermain ponsel.

Cara pakai sheet mask lebih dari 20 menit bisa menyebabkan kulit wajah menjadi iritasi. Jika sheet mask dipakai hingga kering maka ia dapat menyerap kembali kelembapan yang ada di kulit wajah Anda. Akibatnya, manfaat sheet mask menjadi tidak efektif lagi.

5. Gunakan sisa serum atau essence sheet mask

Berbeda dengan masker biasa pada umumnya, Anda tak perlu membilas wajah menggunakan air setelah memakai sheet mask. Ya, setelah selesai memakai sheet mask, biasanya masker akan meninggalkan sedikit banyak serum atau essence yang menempel.

Nah, Anda dapat menepuk-nepukan sisa cairan serum atau essence tersebut pada wajah agar semakin menyerap ke dalam pori-pori kulit wajah. Bahkan, jika cairan serum berlebih, Anda juga bisa mengoleskannya pada leher atau bagian tubuh lainnya agar kulit semakin lembap.

6. Pakai pelembap setelah sheet mask

Rangkaian cara pakai sheet mask terakhir adalah dengan mengoleskan pelembap. Oleskan pelembap yang biasa Anda gunakan setelah serum agak kering di wajah.

Bolehkah sheet mask digunakan setiap hari?

Memang pada dasarnya tidak ada batasan maksimal dari penggunaan sheet mask. Kendati demikian, Anda sebaiknya memakai sheet mask sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu.

Kandungan yang terdapat dalam sheet mask terkadang bersifat oklusif atau dapat menghambat terjadinya penguapan air pada permukaan kulit sehingga dapat meningkatkan suhu kulit wajah Anda. Peningkatan suhu kulit wajah bisa berisiko memperbanyak jumlah bakteri pada permukaan kulit sehingga berakhir pada timbulnya jerawat.

Penggunaan sheet mask juga disarankan jika kulit wajah Anda dalam kondisi terlalu kering atau ingin mendapatkan wajah yang tampak cerah. Anda bisa menggunakan sheet mask baik pada pagi, siang, atau malam hari.

Namun, bagi Anda yang memiliki tipe kulit wajah berminyak atau mudah berjerawat, sebaiknya lakukan tes terlebih dulu pada sisi wajah Anda, yakni area pipi. Ini bertujuan untuk mengecek apakah Anda mengalami alergi terhadap kandungan yang terdapat dalam sheet mask atau tidak.

Sebelum menggunakan sheet mask, pastikan untuk menyesuaikannya dengan tipe kulit wajah Anda. Maka dari itu, sangat penting untuk membaca bahan aktif yang tercantum dalam kemasan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Jika Anda ragu dalam memilih sheet mask yang tepat untuk wajah, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dengan demikian, manfaat sheet mask pun bisa Anda dapatkan secara optimal.

Womenshealth Mag. https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19944662/face-sheet-masks/

Diakses pada 1 Februari 2020

Byrdie. https://www.byrdie.com/everything-you-need-to-know-about-sheet-masks-4145390

Diakses pada 1 Februari 2020

Artikel Terkait