Manfaat Sheet Mask untuk Kecantikan Wajah Serta Cara Pakainya yang Tepat


Manfaat sheet mask adalah melembapkan kulit wajah berkat kandungan bahan aktif di dalamnya. Anda bisa mendapatkan manfaat ini bila cara pakai sheet mask dilakukan dengan tepat.

(0)
Manfaat sheet mask adalah melembapkan kulit wajah secara intensifCara pakai sheet mask terlalu lama sebenarnya tidak dianjurkan
Sheet mask menjadi salah satu produk perawatan kulit yang sempat menjadi tren kecantikan sejak beberapa tahun yang lalu. Manfaat sheet mask pun tidak main-main, yaitu melembapkan kulit wajah. Namun, sudah tahukah Anda cara pakai sheet mask yang benar?

Apa itu sheet mask?

Cara pakai sheet mask adalah meletakannya pada area dahi dan mata dulu
Terkadang, lubang sheet mask terkadang tidak sesuai posisinya
Sheet mask adalah masker wajah berbentuk lembaran yang terbuat dari serat alami, seperti katun. Lembaran masker ini biasanya diperkaya dengan serum sebagai bahan utamanya.Kandungan sheet mask adalah konsentrasi zat aktif yang lebih tinggi dibandingkan krim wajah topikal (oles). Sebagian besar kandungan sheet mask adalah asam hialuronat, ceramide, dan antioksidan. Sheet mask juga mengandung berbagai kandungan asam amino serta vitamin dan mineral tertentu yang menawarkan berbagai manfaat baik bagi kulit wajah.Tergantung pada bahannya, masker lembaran ini dapat membantu bahan-bahan aktif di dalamnya meresap ke dalam kulit.

Apa saja manfaat sheet mask untuk wajah?

Ada berbagai manfaat sheet mask yang dipercaya memberi efek positif untuk kecantikan kulit wajah.Mulai dari mengencangkan kulit, mencegah timbulnya jerawat, hingga menyamarkan garis-garis halus di wajah.Kenyataannya, manfaat sheet mask yang utama adalah melembapkan kulit wajah secara intensif.Hal ini tak terlepas dari kandungan asam hialuronat, ceramide, dan antioksidan yang paling banyak terdapat pada sheet mask.Lantas, apa manfaat sheet mask berdasarkan ketiga kandungannya tersebut?
  • Asam hialuronat bekerja dengan menciptakan lapisan kulit terluar, melembapkan kulit, dan memperbaiki tekstur kulit.
  • Ceramide bekerja dengan memblokir faktor-faktor pemicu lingkungan dari luar, seperti bakteri dan debu, yang dapat mengganggu lapisan kulit paling luar.
  • Antioksidan membantu melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel kulit sehingga berujung pada penuaan dini.

Bagaimana cara pakai sheet mask yang tepat?

Setelah mengetahui manfaat sheet mask, kini saatnya Anda menerapkan cara menggunakannya dengan tepat. Pada dasarnya, cara memakai masker wajah biasa dan cara memakai sheet mask cenderung berbeda. Dibandingkan dengan jenis masker biasa, cara menggunakan sheet mask hanya bisa satu kali pemakaian. Ini artinya, setelah sheet mask ditempel ke wajah dan menunggu selama beberapa menit, lembarannya bisa langsung Anda buang. Kemudian, sisa serum yang menempel di wajah bisa dibiarkan meresap ke dalam kulit tanpa perlu mencuci muka.Nah, untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara pakai sheet mask yang tepat. 

1. Letakkan sheet mask dalam kulkas

Sebelum menerapkan cara pakai sheet mask yang tepat, tak ada salahnya Anda meletakkan sheet mask dalam kulkas terlebih dahulu. Memang, tidak ada tambahan manfaat sheet mask dengan cara menggunakan sheet mask satu ini. Namun, menyimpan sheet mask di dalam kulkas dapat menimbulkan efek segar dan dingin ketika digunakan pada kulit setelahnya. Jadi, cobalah letakkan sheet mask dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit sebelum menggunakannya ke wajah.

2. Bersihkan wajah terlebih dahulu

Sebelum cara pakai sheet mask dilakukan, pastikan wajah Anda sudah dibersihkan terlebih dulu. Membersihkan wajah bertujuan untuk mengangkat make up, kotoran, dan minyak.Jika masih ada make up atau Anda tidak cuci muka, kandungan serum atau essence yang terdapat pada sheet mask tidak dapat terserap dengan baik ke dalam kulit wajah.
Cuci muka terlebih dahulu sebelum cara pakai sheet mask
Cuci muka dengan air hangat dan sabun pembersih wajah
Mulailah cuci muka dengan cara membilas wajah menggunakan air hangat (air suam-suam kuku). Selanjutnya, tuang sabun pembersih wajah secukupnya ke telapak tangan.Gunakan sabun cuci muka ke permukaan wajah sambil memijatnya dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah agar seluruh minyak dan kotoran dapat terangkat sempurna.Langkah tersebut sekaligus bertujuan untuk mengeksfoliasi kulit serta meningkatkan aliran darah sehingga pori-pori wajah dapat terbuka dan dibersihkan. Kemudian, bilas wajah menggunakan air hangat. Lalu, keringkan wajah dengan handuk bersih berbahan lembut. 

3. Baca aturan cara pakai sheet mask

Cara pakai sheet mask yang tak kalah penting adalah membaca petunjuk yang tertera di balik kemasannya. Sebab, setiap jenis masker lembaran umumnya memiliki kandungan dan aturan cara memakai sheet mask yang berbeda-beda. Pastikan kandungan yang terdapat pada sheet mask sesuai dengan jenis dan masalah kulit wajah Anda. 

4. Pakai sheet mask di wajah

Cara memakai sheet mask yang utama ada pada tahap ini. Lembaran sheet mask biasanya memiliki satu ukuran yang sama untuk semua wajah. Oleh sebab itu, pada beberapa bentuk wajah, lubang sheet mask terkadang tidak sesuai posisinya dengan mata, hidung, dan mulut Anda.Untuk menyiasatinya, cara pakai sheet mask adalah dengan meletakkannya terlebih dulu pada area dahi dan mata. Ini bertujuan agar masker tidak menimbulkan gelembung dan dapat menempel sempurna.Kemudian, tarik lembaran masker ke area pipi dan dagu.

5. Cara pakai sheet mask jangan terlalu lama

Cara pakai sheet mask tidak dianjurkan terlalu lama
Anda bisa menggunakan sheet mask sambil melakukan aktivitas lain
Banyak orang menganggap bahwa cara menggunakan sheet mask terlalu lama atau sampai mengering maka hasilnya akan semakin baik. Padahal cara pakai sheet mask terlalu lama sebenarnya tidak dianjurkan. Umumnya, cara menggunakan sheet mask yang maksimal adalah selama 10-20 menit. Nah, selama waktu tersebut, Anda dapat sambil melakukan aktivitas lainnya, seperti membaca buku, menonton serial televisi, atau bermain ponsel.Cara memakai sheet mask lebih dari 20 menit bisa menyebabkan kulit wajah menjadi iritasi. Jika cara menggunakan sheet mask sampai mengering, maka ia dapat menyerap kembali kelembapan yang ada di kulit wajah Anda. Akibatnya, manfaat sheet mask menjadi tidak efektif lagi.

6. Gunakan sisa serum atau essence pada sheet mask

Berbeda dengan masker biasa pada umumnya, Anda tak perlu cuci muka menggunakan air setelah cara memakai sheet mask dilakukan.Ya, setelah cara pakai sheet mask selesai, biasanya masker akan meninggalkan sedikit banyak serum atau essence yang menempel.Anda bisa menepuk-nepukkan sisa cairan serum atau essence tersebut pada wajah agar semakin menyerap ke dalam pori-pori kulit. Bahkan, jika cairan serum berlebih, Anda juga bisa mengoleskannya pada leher atau bagian tubuh lainnya agar kulit semakin terasa lembap.

7. Oleskan pelembap 

Oleskan pelembap setelah cara pakai sheet mask dilakukan
Gunakan pelembap ketika wajah sudah mulai terasa kering
Terakhir, rangkaian cara pakai sheet mask adalah mengoleskan pelembap. Oleskan pelembap wajah yang biasa Anda gunakan setelah serum mulai terasa kering. Penggunaan pelembap bertujuan untuk menghalangi serum atau essence yang sudah terserap ke dalam kulit wajah menguap keluar setelah cara menggunakan sheet mask dilakukanBaca Juga: Cara Memakai Masker Wajah Sesuai dengan Jenisnya

Apakah sheet mask boleh digunakan oleh semua jenis kulit?

Cara pakai sheet mask tidak boleh terlalu sering
Sheet mask bisa digunakan dua kali dalam seminggu
Sheet mask boleh digunakan oleh siapa saja, baik remaja hingga orang dewasa, atau wanita maupun pria. Hal yang paling penting adalah sesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda. Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki tipe kulit berminyak atau rentan berjerawat, sebaiknya lakukan tes terlebih dahulu pas sisi wajah Anda, seperti area pipi, sebelum cara memakai sheet mask dilakukan. Ini bertujuan untuk mengecek apakah Anda mengalami alergi terhadap kandungan yang terdapat dalam sheet mask atau tidak.Pasalnya, kandungan yang terdapat dalam sheet mask terkadang bersifat oklusif atau dapat menghambat terjadinya penguapan air pada permukaan kulit sehingga dapat meningkatkan suhu kulit wajah Anda. Peningkatan suhu kulit wajah bisa berisiko memperbanyak jumlah bakteri pada permukaan kulit sehingga berakhir pada timbulnya jerawat.Maka dari itu, bagi pemilik kulit berminyak dan rentan berjerawat sebaiknya berhati-hati sebelum menerapkan cara menggunakan sheet maskBaca Juga: Masker Wajah yang Bagus Sesuai Jenis Kulit Anda

Bolehkah cara pakai sheet mask digunakan setiap hari?

Memang, pada dasarnya tidak ada batasan maksimal dari penggunaan sheet maskKendati demikian, cara memakai sheet mask sebaiknya dilakukan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.Cara menggunakan sheet mask bisa dilakukan pada pagi, siang, atau malam hari. Hal yang paling penting adalah membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum memakainya. Cara menggunakan sheet mask juga disarankan apabila kulit wajah Anda dalam kondisi terlalu kering atau ingin mendapatkan wajah tampak cerah. 

Catatan dari SehatQ

Sebelum cara memakai sheet mask dilakukan, pastikan untuk menyesuaikannya dengan tipe kulit wajah Anda. Penting pula untuk membaca kandungan bahan aktif yang tercantum dalam kemasan sebelum memutuskan untuk membelinya.Jika Anda ragu dalam memilih sheet mask yang tepat untuk wajah, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dengan demikian, manfaat sheet mask pun bisa Anda dapatkan secara optimal.Ingin tahu apa jenis sheet mask yang cocok untuk kulit wajah Anda? Tanyakan langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatkesehatan kulitkulit dan kecantikanmasker wajahperawatan kulitperawatan wajah
Womenshealth Mag. https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19944662/face-sheet-masks/
Diakses pada 1 Februari 2020
Byrdie. https://www.byrdie.com/everything-you-need-to-know-about-sheet-masks-4145390
Diakses pada 1 Februari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait