5 Cara Pakai Maskara yang Benar agar Tidak Menggumpal


Cara pakai maskara yang benar mungkin masih sulit dilakukan oleh beberapa perempuan. Lantas, bagaimana cara menggunakan masker yang benar agar tidak menggumpal dan tampilan bisa cantik maksimal?

(0)
Cara pakai maskara yang benar mungkin masih sulit dilakukan oleh beberapa perempuanCara pakai maskara yang benar adalah dengan memulaskannya ke bulu mata secara zig zag
Cara pakai maskara yang benar mungkin masih sulit dilakukan oleh beberapa perempuan, terutama bagi pemula. Bahkan, tak sedikit yang cara menggunakan maskara menimbulkan tampilan menggumpal dan atau luntur.Penggunaan maskara merupakan hal yang wajib dilakukan bagi sebagian besar perempuan.Hal ini bertujuan untuk melebatkan dan melentikkan bulu mata hingga membuat tampilan mata tampak lebih besar.Sayang, cara memakai maskara yang kurang tepat justru membuat keseluruhan tampilan make up Anda jadi kurang maksimal.Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara memakai maskara yang benar dalam artikel berikut ini.

Tutorial cara pakai maskara yang benar

Untuk mendapatkan tampilan make up yang cetar maksimal, cara memakai maskara yang benar tidak boleh sampai terlewat.Nah, jangan sampai salah, berikut adalah tutorial cara pakai maskara yang benar.

1. Pilih jenis maskara

Cara pakai maskara yang benar dimulai dengan pemilihan jenis maskara.Pasalnya, setiap jenis maskara yang bagus memiliki fungsi berbeda-beda sesuai kebutuhan penggunanya.Di samping itu, penggunaan maskara yang bagus untuk tampilan make up siang hari dan malam hari pun terkadang cenderung berbeda.Jadi, luangkan waktu sejenak untuk memilih maskara yang ingin Anda gunakan.Apakah Anda hanya ingin melentikkan bulu mata atau melebatkan bulu mata? Atau justru mengombinasikan kedua fungsi maskara tersebut?

2. Jepit bulu mata

Setelah mengetahui mana jenis maskara yang ingin digunakan, cara pakai maskara yang benar adalah menjepit bulu mata terlebih dahulu.Menjepit bulu mata bertujuan untuk membuat bulu mata semakin lentik.Anda bisa melakukan langkah ini menggunakan curl lashes dengan cara menjepit bulu mata, lalu tahan selama 10 detik.

3. Keluarkan gagang maskara dari tube

Cara pakai maskara yang benar selanjutnya adalah mengeluarkan gagang maskara dari tube dengan memutarnya terlebih dulu agar bulu maskara dapat terlapisi dengan baik.Hindari memompa atau naik turunkan gagang maskara dari tube berulang kali.Pasalnya, langkah tersebut justru memungkinkan udara masuk ke dalam tube maskara.Akibatnya, maskara jadi lebih cepat kering dan menggumpal.

4. Sapukan maskara pada tisu

Cara pakai maskara yang benar setelah mengeluarkan gagangnya dari tube adalah Anda perlu menyapunya pada tisu.Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi gumpalan pada ujung maskara.Dengan demikian, tampilan bulu mata yang sudah dipulaskan maskara jadi tampak lentik dan tidak terlihat menggumpal.

5. Pulaskan maskara

Cara pakai maskara yang benar adalah memulaskannya pada bulu mata secara zig zag
Pulaskan maskara pada bulu mata bawah, baru dilanjut dengan bulu mata atas
Cara pakai maskara yang benar adalah dengan memulaskan maskara mulai dari pangkal atau akar bulu mata dengan gerakan zig zag sampai ke ujung bulu mata.Anda bisa memulaskan 2-3 kali lapisan sampai efek bulu mata lentik dan bervolume sudah sesuai seperti yang diinginkan.Namun, pastikan bila setiap pulasan maskara yang sudah dilakukan sudah kering sepenuhnya, baru lanjutkan pulasan berikutnya.Sebaiknya, pulaskan maskara pada bulu mata bawah dulu, baru dilanjut dengan bulu mata bagian atas.Melakukannya secara berlawanan dari yang disarankan dapat berisiko mengotori area mata bagian bawah.Untuk memulaskan maskara pada bulu mata bawah, coba miringkan kepala sedikit ke arah depan guna menghindari cairan maskara menyentuh area kulit pipi.Kemudian, saat memulaskan maskara pada bulu mata bawah, Anda perlu meluruskan kepala dan melihat tajam ke depan. Jangan terlalu menunduk atau mendongak ke atas.Jika dalam proses memulaskan maskara, bulu mata Anda tampak menempel satu sama lain atau justru tampak menggumpal, atasi dengan menyapukannya menggunakan gagang maskara bersih.Baca Juga: Tutorial Make Up Natural yang Mudah Dilakukan

Kesalahan cara menggunakan maskara yang sering terjadi

Meski sudah menerapkan cara pakai maskara yang benar, beberapa dari Anda mungkin masih melakukan sejumlah kesalahan.Adapun beberapa kesalahan cara menggunakan maskara yang sering terjadi adalah sebagai berikut.

1. Naik turunkan gagang maskara dari tube

Salah satu kesalahan cara menggunakan maskara yang sering terjadi adalah naik turunkan gagang maskara dari tube.Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sering naik turunkan gagang maskara atau memompanya, dapat berisiko memungkinkan udara masuk ke dalam tube maskara.Alhasil, maskara favorit Anda jadi menggumpal serta lebih cepat kering dan mengelupas.

2. Tidak menyapukan maskara pada tisu

Kesalahan cara menggunakan maskara berikutnya adalah tidak menyapunya pada tisu.Padahal, menyapu maskara pada tisu bertujuan untuk membuat tampilan bulu mata lebih lentik dan bervolume secara maksimal tanpa adanya gumpalan.

3. Menjepit bulu mata setelah memakai maskara

Menjepit bulu mata setelah memakai maskara merupakan salah satu kesalahan cara menggunakan maskara yang perlu dihindari.Umumnya, menjepit bulu mata setelah memakai maskara justru membuat bulu mata rentan patah.Sebab, bulu mata sudah dalam kondisi kering dan keras setelah penggunaan maskara.Selain itu, serpihan sisa maskara bisa menempel pada penjepit bulu mata sehingga sulit untuk dicabut.

4. Penggunaan maskara yang sudah kedaluwarsa

Hindari penggunaan maskara yang sudah kedaluwarsa.Menurut seorang dokter kulit yang berbasis di New York, Amerika Serikat, hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya infeksi.Maka dari itu, Anda disarankan untuk mengganti penggunaan maskara secara berkala, paling tidak setelah pemakaian 6 bulan.Bahkan, jika pemakaian maskara favorit Anda selama 6 bulan sudah kering dan menggumpal, sebaiknya hindari pemakaiannya. Sebab, ini bisa jadi pertanda sudah kedaluwarsa. 

Cara mencairkan maskara yang kering

Cara pakai maskara yang benar bisa jadi terhambat apabila produk riasan mata satu ini tidak dapat digunakan karena teksturnya yang kering dan mengelupas.Nah, jangan terburu-buru membuangnya begitu saja, Anda masih bisa menyelamatkan maskara dengan cara mencairkan maskara yang kering.Meski demikian, cara mencairkan maskara yang kering ini berlaku untuk jenis maskara yang baru digunakan 2-3 bulan pemakaian dan belum lewat masa kedaluwarsanya.Kondisi tersebut bisa saja terjadi akibat kebiasaan Anda memompa atau naik turunkan gagang maskara berulang kali saat menggunakannya.Jika maskara favorit Anda sudah kering dan menggumpal setelah 5-6 bulan, maka artinya produk riasan mata ini sudah kedaluwarsa dan tidak disarankan untuk digunakan kembali.Beberapa cara mencairkan maskara yang kering dengan mudah adalah sebagai berikut.

1. Obat tetes mata

Salah satu cara mencairkan maskara yang kering adalah dengan obat tetes mata.Akan tetapi, cara mencairkan maskara yang kering ini dapat digunakan untuk jenis maskara yang waterproof.Obat tetes mata diyakini sebagai bahan yang aman dan dapat meminimalisasi risiko munculnya infeksi.Cara mencairkan maskara yang kering dengan obat tetes, yaitu:
  • Masukkan 10 tetes obat tetes mata yang biasa Anda gunakan ke dalam tube maskara.
  • Tutup gagang maskara dan kocok tube sampai tercampur merata.
  • Keluarkan gagang maskara, oleskan pada gagang maskara pada punggung tangan untuk mengetes teksturnya.
  • Selanjutnya, cara pakai maskara dapat dilakukan pada bulu mata.
  • Lakukan langkah ini bila maskara favorit Anda masih kering saat akan digunakan.

2. Air hangat

Cara mencairkan maskara yang kering berikutnya adalah dengan air hangat.Ada dua langkah berbeda bila ingin mencairkan maskara kering menggunakan air hangat.

Langkah 1

Pada langkah ini, Anda membutuhkan air secukupnya dan panci berukuran kecil.Kemudian, lakukan langkah-langkah di bawah ini.
  • Rebus air secukupnya dalam sebuah panci berukuran kecil.
  • Jika air sudah mendidih, masukkan maskara ke dalamnya.
  • Kecilkan api kompor, tunggu selama beberapa menit.
  • Gunakan capitan atau penjepit untuk mengangkat maskara.
  • Cek teksturnya apakah sudah lebih mencair dari sebelumnya atau tidak, dengan membuka gagang maskara.
  • Jika masih menggumpal, masukkan beberapa tetes minyak kelapa atau minyak zaitun ke dalam tube.
  • Kocok atau gulingkan tube menggunakan tangan agar tercampur merata.
  • Maskara Anda siap digunakan kembali.

Langkah 2

Cara mencairkan maskara yang kering dengan air hangat satu ini bertujuan untuk menjaga kualitasnya.Selain itu, gagang maskara yang bersih dapat memaksimalkan cara memakai maskara yang benar.Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:
  • Ambil gagang maskara, lalu masukkan ke dalam wadah berisi air panas.
  • Diamkan selama beberapa menit atau sampai gagang maskara bersih sepenuhnya.
  • Tempatkan kembali gagang maskara ke dalam tube-nya dan tutup rapat maskara.
  • Jangan naik turunkan gagang maskara dari tube. Sebaliknya, gulingkan tube maskara menggunakan tangan guna mencairkan maskara yang kering.
  • Tunggu selama beberapa menit dan ulang langkah poin sebelumnya bila diperlukan.

3. Cairan pembersih lensa kontak

Cairan pembersih lensa kontak juga bisa digunakan sebagai cara mencairkan maskara yang kering.Simak langkah-langkahnya berikut ini.
  • Buka tube maskara dan tambahkan 1-2 tetes cairan pembersih lensa kontak.
  • Kocok tube maskara atau gulingkan menggunakan tangan agar tercampur merata.
  • Cek tekstur atau konsistensi maskara dengan cara mengoleskannya pada punggung tangan.
  • Apabila teksturnya masih terasa kering, tambahkan kembali 1 tetes cairan pembersih lensa kontak. Jangan terlalu banyak meneteskan cairan ini karena bisa membuat tekstur maskara jadi encer atau terlalu cair.

4. Gel lidah buaya

Tak hanya untuk kecantikan, manfaat lidah buaya untuk kecantikan ternyata dapat mencairkan maskara favorit Anda yang kering sehingga dapat digunakan kembali.Anda bisa menggunakan gel lidah buaya yang dapat ditemukan dengan mudah di pasaran.  Caranya adalah sebagai berikut.
  • Buka tube maskara, lalu masukkan sedikit gel lidah buaya.
  • Tutup kembali tube maskara. Kocok sampai merata.
  • Lakukan cara pakai maskara pada bulu mata Anda.

5. Baby oil atau petroleum jelly

Anda juga dapat menggunakan baby oil atau petroleum jelly untuk melembutkan tekstur maskara yang kering.Cukup masukkan beberapa tetes baby oil atau petroleum jelly ke dalam tube maskara.Tutup rapat tube maskara, lalu kocok dan gulingkan maskara agar tercampur merata.Kini, Anda bisa menggunakan maskara pada bulu mata. Jika dirasa teksturnya masih terasa kering, tambahkan sedikit tetesan baby oil atau petroleum jelly.Maskara adalah salah satu produk riasan mata yang wajib digunakan oleh sebagian besar perempuan.Anda bisa menggunakan maskara untuk menyempurnakan riasan mata setelah menggunakan eyeshadow dan eyeliner.Pastikan Anda menerapkan cara pakai maskara yang benar sesuai langkah yang telah disebutkan di atas.Dengan demikian, riasan mata Anda jadi tampak lebih ‘hidup’ dan cantik maksimal.Jika sedang mencari produk make up mata, temukan di Toko Online SehatQ.
makeupkulit dan kecantikanproduk kecantikan
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-apply-mascara-perfectly-with-detailed-steps-and-pictures/
Diakses pada 30 Desember 2020
Good House Keeping. https://www.goodhousekeeping.com/beauty/makeup/tips/a23954/mascara-mistakes/
Diakses pada 30 Desember 2020
Healthy Passenger. https://www.healthypassenger.com/home/how-to-reuse-dry-and-flaky-mascara
Diakses pada 30 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait