11 Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut Secara Alami yang Ampuh


Cara menghilangkan telur kutu rambut dibutuhkan bagi beberapa orang yang mengalaminya. Cara menghilangkan telur kutu di rambut secara alami bisa dengan sisir serit, minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak esensial lainnya.

(0)
06 Jun 2019|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menghilangkan telur kutu rambut bisa dengan minyak kelapaTelur kutu rambut biasanya menempel pada batang rambut
Cara menghilangkan telur kutu rambut tentu diperlukan bagi orang-orang yang mengalaminya. Ya, tak hanya pada anak-anak, keberadaan telur kutu mungkin dialami oleh orang dewasa yang tinggal serumah dengan anak yang memiliki kutu rambut. Telur kutu rambut biasanya disimpan oleh kutu rambut betina dewasa pada batang rambut. Ia akan terlihat menempel pada helaian rambut. Kutu rambut sendiri ukurannya sangat kecil, kurang lebih sebesar biji wijen.Kutu dan telur kutu rambut lebih sering ditemukan di kulit kepala, rambut sekitar tengkuk, dan rambut dekat belakang telinga.Keberadaan telur kutu rambut menjadi salah satu masalah rambut menyebalkan, tak terkecuali pada orang dewasa. Tidak hanya membuat kepala terasa gatal, telur kutu rambut juga dapat merusak penampilan rambut karena sulit untuk dihilangkan. Nah, kini Anda tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara menghilangkan kutu dan telurnya yang bisa dilakukan dengan mudah.

Cara menghilangkan telur kutu rambut secara alami

Telur kutu rambut berukuran kecil dan dapat menempel dengan erat pada batang rambut. Akibatnya, telur kutu rambut cukup sulit dihilangkan bila hanya dengan disisir.Untuk membasmi kutu rambut dan telurnya, ada beberapa cara menghilangkan telur kutu di rambut secara alami yang bisa dilakukan. Walaupun tanpa obat dari resep dokter, cara menghilangkan kutu dan telur kutu rambut secara alami ini terbilang cukup ampuh. Berikut adalah cara menghilangkan telur kutu rambut secara alami selengkapnya.

1. Pakai sisir serit

Anda dapat menggunakan sisir serit atau sisir kutu sebagai salah satu cara menghilangkan telur kutu rambutSebelum menggunakan sisir serit bergigi halus, sebaiknya cuci rambut terlebih dahulu menggunakan sampo penghilang kutu agar lebih mudah menghilangkan telur kutu.Kemudian, bagi rambut dalam beberapa bagian untuk memudahkan Anda saat menyisirnya dengan sisir serit. Lalu, mulai sisir dari kulit kepala hingga ujung batang rambut. Biasanya, telur kutu akan menempel pada sisir serit.Bersihkan telur kutu ataupun kotoran rambut lain yang terperangkap pada sisir serit dengan cara memasukkannya dalam wadah atau baskom berisi air hangat. Rendam sisir serit terebut selama 15 menit, atau rendam dalam air sampo antikutu selama 10 menit. Lakukan cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya ini secara rutin agar dapat benar-benar hilang sepenuhnya. 

2. Gunakan semprotan antikutu rambut

Cara menghilangkan telur kutu rambut berikutnya adalah menggunakan semprotan antikutu. Jika sudah menyisir rambut basah dengan sisir serit selama 17 hari, tetapi kutu dan telurnya tak kunjung hilang, cobalah semprotan antikutu rambut. Anda bisa membeli semprotan antikutu rambut di apotek atau toko obat.Setelah menyemprot rambut dengan produk ini, sisirlah rambut agar kutu dan telurnya bisa terangkat. Lakukan cara menghilangkan kutu dan telur kutu ini secara berulang setiap seminggu sekali untuk hasil yang optimal.

3. Oleskan perasan lemon

Cara menghilangkan telur kutu rambut adalah dengan air lemon
Perasan lemon bisa melarutkan zat yang membuat telur kutu menempel
Perasan buah lemon juga bisa menjadi cara menghilangkan telur kutu rambut secara alami. Anda bisa memeras 1 buah lemon dan mengoleskannya pada rambut secara merata. Diamkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air dan sampo sampai bersih.Air perasan lemon dapat membantu melarutkan zat yang merekatkan telur kutu pada batang rambut. Dengan demikian, telur kutu mudah lepas dari rambut. 

4. Gunakan sampo tea tree oil

Cara menghilangkan telur kutu rambut dengan sampo tea tree oil atau minyak pohon teh juga tak ada salahnya untuk dicoba. Manfaat tea tree oil dapat membunuh kutu dan menghilangkan telur kutu rambut. Cara menggunakannya, cuci rambut terlebih dahulu menggunakan sampo minyak pohon teh. Saat mencuci rambut, pastikan Anda sudah meratakan cairan sampo ke seluruh helaian rambut agar telur kutu hilang.

5. Gunakan cuka

Tahukah Anda kalau cuka dapat digunakan sebagai cara menghilangkan telur kutu rambut? Kandungan asam yang tinggi pada cuka diklaim sebagai cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan cepat. Untuk menggunakannya, Anda bisa membuat larutan cuka dengan cara mencampurkan air dan cuka putih secukupnya. Kemudian, tuang campuran tersebut ke dalam botol semprot. Selanjutnya, semprotkan campuran cuka ke seluruh helaian rambut seraya meratakannya agar rambut Anda basah oleh cuka sepenuhnya. Diamkan selama setengah jam. Anda juga bisa mengoleskan cuka apel pada rambut dan kulit kepala sebelum tidur. Lalu, gunakan penutup kepala shower cap dan tidurlah sambil mendiamkannya sampai besok pagiSelanjutnya, sisir rambut menggunakan sisir serit agar kutu dan telur kutu rambut bisa hilang dengan mudah.

6. Oleskan minyak kelapa

Minyak kelapa bisa digunakan sebagai cara menghilangkan telur kutu rambut
Oleskan minyak kelapa ke seluruh helaian rambut
Cara menghilangkan kutu di rambut dan telurnya secara alami adalah dengan minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa ke seluruh helaian rambut Anda. Diamkan sepanjang hari untuk hasil yang maksimal. Setelah itu, cuci rambut sampai bersih dan sisir menggunakan sisir serit agar telur kutu mudah dihilangkan.

7. Minyak zaitun

Tidak banyak yang tahu kalau minyak zaitun ternyata bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutu dan telur kutu. Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya ini cukup mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan seluruh helaian rambut secara merata. Kemudian, gunakan penutup kepala shower cap dan tidurlah sambil mendiamkannya sampai besok pagi, bila Anda menggunakannya pada malam hari. Selanjutnya, sisir rambut sebagai cara menghilangkan telur kutu yang menempel di rambut. Lalu, keramas dengan sampo seperti biasa sampai bersih.Jika Anda menggunakan pada pagi atau siang hari, cukup diamkan minyak zaitun di kepala selama kurang lebih 3 jam, dan cuci bersih rambut setelah menyisirnya. 

8. Mayones 

Cara menghilangkan telur kutu di rambut bisa dengan mayones
Gunakan mayones sebagai obat kutu alami seminggu sekali
Jika selama ini mayones kerap digunakan sebagai saus pelengkap makanan, kini cobalah untuk menggunakannya sebagai cara menghilangkan telur kutu rambut. Tuang mayones secukupnya pada telapak tangan. Lalu, oleskan mayones pada helaian rambut serta kulit kepala dan pijat-pijat dengan lembut.Jika sudah, gunakan penutup kepala shower cap dan tidurlah sambil mendiamkannya sampai besok pagi, bila Anda menggunakan mayones pada malam hari. Keesokan paginya, sisir rambut agar telur kutu yang menempel di rambut dapat lepas. Gunakan mayones sebagai cara menghilangkan telur kutu yang menempel di rambut ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil maksimal. 

9. Petroleum jelly

Petroleum jelly juga disebut-sebut dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan telur kutu rambut secara alami. Sebuah studi menyebutkan bahwa petroleum jelly merupakan bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya. Petroleum jelly bekerja dengan cara menghambat lubang pernapasan kutu. Namun, National Pediculosis Association mengingatkan bahwa penggunaan petroleum jelly sebagai cara menghilangkan telur kutu di rambut ini bisa menyulitkan Anda saat membilasnya. Jika Anda tertarik menggunakannya, cukup oleskan petroleum jelly pada kulit kepala dan helaian rambut. Lalu, gunakan penutup kepala shower cap dan tidurlah sambil mendiamkannya sampai besok pagiKeesokan paginya, sisir rambut agar telur kutu yang menempel di rambut dapat lepas sebelum mencuci rambut sampai bersih. Lakukan langkah ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

10. Bawang putih

Bawang putih disebut sebagai cara menghilangkan telur kutu rambut
Bawang putih disebut sebagai cara menghilangkan telur kutu rambut
Bawang putih diyakini sebagai cara menghilangkan telur kutu rambut secara alami. Caranya, Anda bisa menghaluskan beberapa siung bawang putih secukupnya. Kemudian, oleskan pada kulit kepala dan helaian rambut secara merata. Diamkan selama 30-40 menit, lalu cuci bersih rambut. Perlu diketahui bahwa cara menghilangkan telur kutu rambut dengan cepat satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya. Pasalnya, sebuah studi menemukan bahwa sangat sedikit efektivitas cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya menggunakan bawang putih. 

11. Minyak esensial lainnya

Anda juga dapat mengoleskan sejumlah minyak esensial sebagai cara menghilangkan telur kutu rambut secara alami. Selain tea tree oil. beberapa jenis minyak esensial yang dipercaya dapat menghilangkan telur kutu rambut secara alami, di antaranya minyak kayu putih, minyak cengkeh, minyak lavender, minyak adas, minyak peppermint, hingga neem oil.Adapun cara menghilangkan telur kutu rambut dengan cepat menggunakan minyak esensial adalah sebagai berikut. 
  • Larutkan minyak esensial dengan minyak pembawa (carrier oil) secukupnya terlebih dahulu. 
  • Kemudian, lakukan tes pada kulit punggung tangan sebelum digunakan pada area kulit kepala. 
  • Jika tidak ada reaksi negatif yang ditimbulkan, Anda bisa mengoleskannya pada rambut dan kulit kepala. 
  • Anda bisa mencampurkan kurang lebih 4 sendok makan minyak zaitun dengan 15-20 tetes minyak esensial. 
  • Aduk merata, kemudian oleskan pada area kulit kepala dan rambut. 
  • Gunakan penutup kepala shower cap dan tidurlah sambil mendiamkannya sampai besok pagi (minimal 12 jam). 
  • Keesokan paginya, sisir rambut terlebih dahulu untuk menghilangkan kutu dan telurnya, lalu cuci bersih rambut. 
Selain minyak zaitun, Anda dapat mencampurkan minyak esensial dengan sedikit alkohol. Alkohol diyakini dapat membasmi kutu rambut dan telurnya.  Semprotkan campuran tersebut ke kulit kepala dan rambut. Lalu, lanjutkan dengan langkah yang sama seperti di atas. Baca Juga: Apakah Efektif Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Minyak Kayu Putih?

Cara menghilangkan kutu dan telur kutu di rambut secara medis

Cara menghilangkan kutu dan telur kutu di rambut yang efektif adalah menggunakan obat kutu yang mengandung permetrin dan piretrin. Ada berbagai obat kutu yang dijual di pasaran, yaitu sampo, krim, atau lotion khusus. Anda bisa membelinya secara bebas di apotek atau toko obat tanpa harus memakai resep dokter. Meski rasa gatal akibat kutu rambut akan hilang, sebaiknya tetap lakukan pengobatan selama 7-10 hari untuk membasmi kutu dan telurnya yang baru berkembang biak. 

Cara mencegah penyebaran kutu rambut dan telurnya 

Meski sudah menerapkan berbagai cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya, Anda tetap perlu melakukan tindakan pencegahan agar penyebarannya dapat dihentikan. Beberapa cara mencegah penyebaran kutu rambut dan telurnya adalah sebagai berikut. 
  • Hindari berbagi penggunaan sisir, topi, aksesoris rambut, helm, dan handuk dengan orang lain yang memiliki kutu rambut. 
  • Hindari berbaring di tempat tidur, sofa, atau karpet yang pernah digunakan oleh orang yang memiliki kutu rambut. 
  • Segera cuci bersih peralatan barang pribadi yang baru saja digunakan oleh orang yang memiliki kutu rambut, menggunakan air panas. 
  • Jika sudah selesai menggunakan sisir atau barang untuk perawatan rambut, selalu bersihkan dan rendam dengan air panas setelah memakainya. 

Catatan dari SehatQ

Cara menghilangkan telur kutu yang menempel di rambut secara alami di atas memang tergolong ampuh pada beberapa orang. Akan tetapi, perlu diingat bahwa beberapa cara menghilangkan kutu dan telurnya ini belum terbukti secara klinis sepenuhnya. Jadi, masih ada kemungkinan langkah ini tidak efektif pada beberapa orang lainnya. Hal yang perlu diingat adalah jangan menerapkan berbagai cara menghilangkan telur kutu di rambut ini saat kulit kepala sedang terluka karena bisa terasa perih saat dioleskan. Jika cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya ini tidak lebih cepat dan efektif, segera konsultasikan dengan dokter guna mendapatkan pilihan obat kutu yang tepat. Masih punya pertanyaan seputar cara menghilangkan telur kutu yang menempel di rambut? Tanyakan dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh sekarang melalui App Store dan Google Play.
kesehatan kulit kepalakesehatan rambutkutu rambut
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/178077-how-to-remove-nits-from-fine-hair/
Diakses pada 8 Mei 2019
NHS UK. https://www.nhs.uk/conditions/head-lice-and-nits/
Diakses pada 8 Mei 2019
Organic Lesson. https://www.organiclesson.com/get-rid-of-head-lice-eggs-nits/amp/
Diakses pada 8 Mei 2019
Health. https://www.health.com/condition/skin-conditions/these-are-the-20-best-lice-treatments-according-to-experts?
Diakses pada 18 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/lice-home-remedies#essential-oils
Diakses pada 18 Februari 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/head-lice/symptoms-causes/syc-20356180
Diakses pada 18 Februari 2021
Research Gate. https://www.researchgate.net/profile/Mehmet_Eren_Yueksel/publication/324163582_The_spectacular_presentation_of_orf_disease/links/5ac2643da6fdcccda65f79f5/The-spectacular-presentation-of-orf-disease.pdf#page=29
Diakses pada 18 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325844#home-remedies
Diakses pada 18 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait