Telur kutu rambut yang membandel, bisa dihilangkan dengan minyak kelapa.
Minyak kelapa bisa menjadi salah satu pilihan ampuh untuk menghilangkan telur kutu rambut.

Telur kutu rambut tentu menjadi salah satu masalah yang menyebalkan, terutama bagi wanita. Tak hanya membuat kepala terasa gatal, namun juga dapat merusak penampilan rambut karena cukup sulit dihilangkan.

Telur kutu rambut biasanya disimpan oleh kutu betina dewasa pada batang rambut. Kutu dan telur kutu rambut lebih sering ditemukan di kulit kepala, rambut sekitar tengkuk, dan rambut dekat belakang telinga.

[[artikel-terkait]]

Cara menghilangkan telur kutu rambut dengan sederhana

Telur kutu rambut berukuran kecil, dan menempel dengan erat pada batang rambut, sehingga cukup sulit untuk disisir.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, ada berbagai cara mudah untuk menghilangkan telur kutu rambut.

1. Pakai sisir serit

Anda dapat menggunakan sisir serit untuk menghilangkan telur kutu rambut. Sebelum menggunakan sisir serit bergigi halus, sebaiknya basahi dulu rambut Anda atau gunakan shampo penghilang kutu, agar lebih mudah menghilangkan telur kutu.

Bagi rambut ke dalam beberapa bagian, untuk memudahkan ketika disisir dengan sisir serit. Mulailah sisir dari kulit kepala hingga ujung batang rambut. Biasanya, telur kutu akan menempel pada sisir serit.

Bersihkan telur kutu ataupun kotoran rambut lain yang tertangkap di sisir serit dengan memasukkannya ke dalam air hangat. Rendam selama 15 menit, atau rendam pada shampo antikutu selama 10 menit. Anda harus rutin melakukan ini, agar kutu dan telur kutu dapat benar-benar hilang.

2. Gunakan semprotan antikutu rambut

Jika telah mencoba menyisir rambut basah Anda dengan sisir serit selama 17 hari, namun kutu dan telur kutu tak kunjung hilang, maka cobalah semprotan antikutu rambut. Anda dapat membelinya di apotek.

Setelah disemprot, sisirlah rambut agar kutu dan telur kutu dapat tertangkap. Lakukanlah berulang seminggu sekali, untuk menghilangkan kutu atau telur kutu baru.

3. Oleskan perasan lemon

Cara ini merupakan salah satu cara alami dalam menghilangkan telur kutu rambut. Anda dapat memeras lemon, dan mengoleskannya pada rambut. Diamkan selama 10 menit sebelum membilasnya.

Perasan lemon tersebut dapat melarutkan zat yang merekatkan telur kutu pada batang rambut, sehingga telur kutu mudah lepas dari rambut. Setelah itu, bilas rambut Anda dengan shampo, agar telur kutu hilang.

4. Gunakan shampo tea tree oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil dapat membunuh kutu, dan menghilangkan telur kutu rambut. Cucilah rambut secara teratur menggunakan shampo pohon teh. Saat mencuci rambut, pastikan Anda memijatnya ke seluruh bagian rambut, untuk menghilangkan telur kutu.

5. Gunakan semprotan cuka

Anda dapat membuat larutan cuka dengan mencampurkan air dan cuka putih. Lalu, semprotkan campuran tersebut ke rambut, dan pijatlah seluruh rambut, agar terkena cuka secara merata.

Diamkan selama setengah jam, dan lanjutkan dengan menggunakan sisir serit, agar kutu dan telur kutu rambut bisa hilang dengan mudah.

6. Oleskan minyak kelapa

Oleskan minyak kelapa pada seluruh bagian rambut Anda. Diamkan sepanjang hari untuk hasil yang maksimal. Setelah itu, cucilah rambut hingga bersih dan sisirlah menggunakan sisir serit, agar telur kutu dapat dengan mudah dihilangkan.

Enam cara di atas bisa dengan mudah Anda lakukan dengan santai di rumah. Selain mudah, langkah-langkah tersebut juga efektif membasmi telur kutu rambut.

Artikel Terkait

Banner Telemed