Cara Mudah Membeli Obat di Apotek BPJS secara Online

(0)
14 Sep 2020|Bayu Galih Permana
Apotek BPJS Kesehatan bisa diakses secara online untuk mengecek ketersediaan stok obat sebelum datang untuk membelinya langsungSebelum mendatangi apotek BPJS, Anda bisa mengetahui harga obat melalui aplikasi apotek online BPJS
Guna memenuhi banyaknya permintaan masyarakat, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meluncurkan proyek yang diberi nama apotek online BPJS. Peluncuran proyek apotek BPJS yang dapat diakses secara daring ini dilakukan setelah menerima banyak keluhan soal minimnya ketersediaan stok obat di apotek yang bekerja sama dengan pihaknya.

Apa itu apotek online BPJS?

Memanfaatkan perkembangan di dunia teknologi, apotek BPJS Kesehatan yang bisa diakses secara online ini memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara langsung (real time) melalui smartphone. Salah satu informasi yang bisa didapat yaitu soal ketersediaan stok obat di apotek yang telah bekerja sama dengan pihak BPJS Kesehatan.Selain ketersediaan stok obat, pengguna juga dapat terlebih dahulu mengetahui harga obat yang hendak mereka beli melalui apotek online BPJS. Hal ini tentunya sangat berguna bagi Anda yang tinggal jauh dari apotek BPJS sehingga tidak perlu bolak-balik hanya karena kosongnya stok obat atau uang yang dibawa kurang.

Kelebihan apotek BPJS dibandingkan dengan yang lain

Dibanding apotek biasa, sistem yang bisa diakses secara online ini tentunya memberi banyak keuntungan baik bagi BPJS maupun peserta. Beberapa kelebihan apotek BPJS antara lain:
  • Mempercepat proses penagihan klaim

Apotek online BPJS mempermudah fasilitas kesehatan (faskes) untuk melakukan proses penagihan klaim obat luar paket dengan cepat.
  • Mencegah potensi fraud belanja obat

Apotek BPJS yang bisa diakses secara online ini dinilai mampu mencegah potensi penipuan belanja obat yang dilakukan oleh peserta, penyedia obat, maupun oknum nakal dalam BPJS karena semua prosesnya tercatat di sistem secara langsung.
  • Mempercepat pembaharuan informasi harga obat

Sistem online mempermudah pihak BPJS untuk melakukan update harga secara real time. Naik atau turunnya harga obat sendiri bergantung pada permintaan dan ketersediaannya.
  • Mendukung proses verifikasi digital klaim

Apotek online BPJS mendukung proses verifikasi digital klaim (Vedika). Vedika merupakan proses verifikasi terhadap klaim dari pihak rumah sakit menggunakan aplikasi verifikasi digital di kantor cabang/kantor kabupaten kota BPJS Kesehatan.
  • Data penggunaan obat luar paket yang lebih akurat

Apotek BPJS yang dapat diakses secara online berdampak pada data penggunaan obat luar paket yang menjadi lebih akurat dibanding sebelumnya.
  • Pelaporan keluhan ketersediaan obat real time dan tidak manual

Melalui sistem online ini, pihak BPJS Kesehatan dapat menerima keluhan peserta BPJS soal ketersediaan obat secara langsung dan real time.
  • Memudahkan peserta dalam mengambil obat

Apotek online BPJS memungkinkan peserta untuk mengambil obat di apotek mana saja yang bekerja sama dengan pihak BPJS Kesehatan.Dengan adanya keunggulan-keunggulan tersebut, kehadiran apotek BPJS yang bisa diakses secara online tentunya memberikan keuntungan bagi banyak pihak. Tanpa harus membuang waktu dan tenaga apabila stok ketersediaan obat kosong, Anda bisa melakukan pengecekan dan pembelian hanya melalui layar smartphone.

Bagaimana cara membeli obat di apotek online BPJS?

Untuk membeli obat di apotek online BPJS, peserta harus terlebih dulu melakukan pendaftaran resep. Anda diperbolehkan untuk mendaftarkan lebih dari satu resep. Setelah datanya masuk, apotek online BPJS nantinya akan melakukan proses validasi obat berdasar kode jenisnya. Nantinya, jumlah obat dalam resep menentukan berapa lama proses persiapan yang dibutuhkan hingga bisa diambil serta biaya tagihan.Perlu diingat, resep yang sudah diverifikasi tidak dapat diinput kembali. Sementara itu, Anda dapat menambah atau menghapus obat dalam resep jika pihak apotek belum melakukan verifikasi atau telah membatalkan proses verifikasi. Anda diberikan batas waktu tertentu untuk pengambilan obat. Jumlah tagihan yang harus Anda bayar dihitung berdasarkan jumlah obat, harga, dan faktor lainnya.
bpjs kesehatanpeserta bpjs
BPJS-Online. https://www.bpjs-online.com/apotek-online-bpjs-kesehatan/
Diakses pada 1 September 2020
BPJS-Kesehatan. https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/post/read/2018/756/Makin-Canggih-Kini-BPJS-Kesehatan-Terapkan-Verifikasi-Klaim-Digital-di-Rumah-Sakit
Diakses pada 1 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait