Prosedur membeli kacamata pakai BPJS tidaklah sulit dan menjadi terobosan baru dari BPJS
Pembelian kacamata kini dapat ditanggung BPJS

Menjadi penyelenggara jaminan kesehatan nasional, BPJS secara bertahap melakukan berbagai terobosan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pesertanya. Salah satunya dengan menyediakan layanan pembelian kacamata. Berikut ulasan lengkap terkait pembelian kacamata dengan BPJS Kesehatan.

Subsidi Dana untuk Pembelian Kacamata

Layanan fasilitas pembelian kacamata yang diterima oleh masing-masing anggota BPJS Kesehatan berupa subsidi. Itu berarti, jumlah dana yang akan Anda terima untuk membeli kacamata berdasarkan besaran subsidi yang tersedia sesuai dengan ketentuan.

Jumlah dari nominal tersebut juga disesuaikan dengan kelas kepesertaan yang telah diambil. Berikut subsidi pada masing-masing kelas BPJS:

  • Peserta kelas I akan memperoleh subsidi sebesar 300 ribu
  • Peserta kelas II akan memperoleh subsidi sebesar 200 ribu
  • Peserta kelas III akan memperoleh subsidi sebesar 150 ribu

Waktu Pembelian Kacamata yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Selain harganya, BPJS Kesehatan juga mengatur waktu pembelian kacamata menggunakan subsidi yang telah disediakan. Untuk itu, peserta tidak diperkenankan membeli kacamata dengan layanan BPJS Kesehatan sepanjang waktu alias terlalu sering.

Secara khusus, pihak BPJS sudah menetapkan waktu pembelian setiap dua tahun sekali untuk setiap anggota. Apabila Anda melakukan pembelian di luar ketentuan tersebut, Anda tidak bisa menikmati subsidi yang disediakan oleh pihak BPJS Kesehatan.

Ukuran Lensa yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Pihak BPJS juga memberlakukan aturan khusus perihal ukuran kacamata. Berikut beberapa kriteria ukuran kacamata yang akan mendapat subsidi dari BPJS:

  • Lensa spheris, minimal dengan ukuran 0,5 dioptri
  • Lensa silindris, minimal dengan ukuran 0,25 dioptri

Langkah Pembelian Kacamata dengan BPJS Kesehatan

Untuk menikmati layanan ini, ada prosedur yang harus dilakukan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh BPJS Kesehatan. Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan saat membeli kacamata dengan layanan BPJS Kesehatan:

1. Datangi Faskes Tingkat I

Sama halnya dengan prosedur layanan yang lain, Anda perlu memulainya dari faskes tingkat I untuk membeli kacamata. Fasilitas kesehatan yang didatangi harus sesuai dengan yang tertera pada kartu BPJS. Setelah itu, mintalah surat rujukan dan tunjukan surat rujukan tersebut kepada dokter spesialis mata atau poliklinik yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

2. Kunjungi Dokter Spesialis Mata

Begitu sampai di tempat dokter spesialis mata, peserta BPJS yang bersangkutan bisa melakukan pemeriksaan mata sekaligus meminta resep untuk membeli kacamata. Pastikan untuk mendatangi dokter maupun poliklinik yang sudah ditunjuk oleh pihak BPJS, agar proses pembelian kacamata dapat berjalan lancar dan tanpa kendala.

3. Legalisir Resep

Setelah memperoleh resep kacamata yang dibutuhkan, peserta BPJS Kesehatan harus melegalisir resep dari dokter spesialis tersebut agar bisa digunakan. Caranya tinggal mendatangi loket BPJS kesehatan terdekat, lalu meminta legalisir dari petugas yang tengah bekerja di sana.

4. Datangi Optik yang Bekerjasama dengan BPJS

Selanjutnya datangi optik yang bekerjasama dengan BPJS. Di sana, Anda bisa melakukan pembelian kacamata. Untuk proses pembelian ini, sertakan fotokopi KTP serta kartu keanggotaan BPJS. Dengan demikian Anda bisa menikmati layanan pembelian kacamata menggunakan layanan BPJS Kesehatan.

Begitulah cara untuk membeli kacamata menggunakan BPJS Kesehatan. Dengan mengikuti aturan yang berlaku, Anda tidak perlu lagi bingung saat ingin mengganti kacamata agar kegiatan sehari-hari Anda pun tidak terganggu.

Cermati. https://www.cermati.com/artikel/cara-beli-kacamata-yang-ditanggung-bpjs-kesehatan
Diakses pada 28 November 2018

BPJS Kesehatan. https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/application/modules/post/files/EBOOK_Panduan_Layanan_JKN_KIS_Tahun_2018.pdf
Diakses pada 28 November 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed