logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

5 Tanda Broken Heart Syndrome dan Cara Mencegahnya

open-summary

Broken heart syndrome merupakan gangguan jantung sementara yang bisa diobati secara cepat. Cari kesibukan baru untuk menghilangkan rasa sakit yang muncul.


close-summary

7 Feb 2022

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Broken heart syndrome

Patah hati ternyata bisa berbahaya untuk kesehatan jantung Anda

Table of Content

  • Tanda broken heart syndrome
  • Penyebab broken heart sindrom
  • Broken heart syndrome treatment
  • Catatan dari SehatQ

Orang bilang putus cinta akan sembuh sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun, tahukah Anda bahwa patah hati yang tidak segera diobati juga akan menimbulkan masalah kesehatan serius pada jantung? Ya, kondisi ini dinamakan dengan broken heart syndrome alias sindrom putus cinta.

Advertisement

Broken heart syndrome adalah masalah jantung yang muncul ketika Anda dalam kondisi sangat stres dan terkuras secara emosional. Kondisi masalah jantung ini juga sering disebut takotsubo kardiomiopati. Pasien yang baru saja menjalani operasi jantung atau mengidap penyakit tertentu juga bisa mengalami takotsubo disease.

Orang yang mengalami sindrom ini biasanya mengalami sakit pada dada, sehingga mereka berpikir terkena serangan jantung. Namun, tidak seperti serangan jantung sungguhan, sakit ini tidak akan membuat kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh terganggu.

Tanda broken heart syndrome

Broken heart adalah kondisi kecewa atau sakit yang menyesakkan akibat kehilangan orang yang dicintai. Siapa pun bisa mengalami sindrom patah hati ini. Namun, penelitian menunjukkan bahwa sindrom ini paling banyak menyerang wanita.

Meski dinamakan sindrom putus cinta, penyebab seseorang terkena penyakit ini bisa juga berupa stres secara fisik dan emosional pada umumnya. Putus cinta ini bisa disebabkan kehilangan orang yang dicintai akibat meninggal dunia atau pergi.

Di samping itu, faktor penyebab lainnya bisa karena asma, kelelahan, atau dikejutkan dengan berita baik seperti menang undian. Sindrom patah hati bisa sebabkan anda meninggal.

Saat Anda mengalami hal-hal di atas, tubuh mengeluarkan hormon stres (catecholamines). Hormon ini dapat mengurangi efektivitas jantung dalam memmpa darah karena adanya kontraksi yang mengakibatkan irama jantung Anda tidak beraturan.

Ketika mengalami sindrom patah hati, Anda akan merasakan tanda-tanda sebagai berikut:

  • Muncul rasa sakit di dada yang tiba-tiba
  • Napas tersengal-sengal
  • Aritmia, yakni jantung berdetak dengan irama yang tidak beraturan
  • Syok kardiogenik, yakni ketidakmampuan jantung untuk memompa cukup darah ke seluruh tubuh, tetapi hanya berlangsung beberapa hari hingga hitungan minggu dan tidak mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh lainnya
  • Pingsan
  • Tekanan darah rendah
  • Serangan jantung.

Kabar baiknya, sindrom putus cinta mudah disembuhkan dalam hitungan hari dan kemungkinan besar tidak akan terjadi lagi di masa depan. Namun, kondisi ini juga dapat mengakibatkan masalah jantung akut, bahkan hingga menyebabkan gagal jantung dalam tempo singkat.

Baca juga:  Alasan Putus Cinta yang Sering Terjadi

Penyebab broken heart sindrom

Biarpun belum pasti penyebabnya, sindrom patah hati ini sering dikaitkan dengan peningkatkan hormon. Banyak pendapat yang berpikir bahwa peningkatkan hormon stres dapat membuat jantung terluka. Namun, caranya belum bisa dibuktikan secara jelas.

Sejumlah orang yang mengalami penyakit akut bisa berpotensi tekena penyakit ini. Selain itu, mereka yang baru saja menjalani operasi atau kehilangan orang yang dicintainya juga punya risiko yang sama.

Banyak juga yang mengatakan bahwa kondisi ini terjadi pada pria di atas 50 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan perempuan juga bisa mengalami kondisi serupa. Terlebih lagi saat orang tersebut memiliki gangguan kecemasan yang tinggi.

Broken heart syndrome treatment

Melupakan si dia yang pernah mengisi hati dan hari-hari Anda tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Akan tetapi, membiarkan putus cinta menguasai pikiran dan kondisi kesehatan Anda juga bukan tindakan yang bisa dibenarkan.

Untuk itu, Anda dapat melakukan treatment untuk menyembuhkan sindrom patah hati berkepanjangan:

1. Cari tokoh panutan

Tokoh yang dimaksud bisa merupakan selebritis, influencer, atau orang yang berada di dekat Anda. Orang tua dan teman juga bisa dijadikan panutan dalam banyak hal, loh. Contohlah sikapnya dalam menghadapi berbagai cobaan hidup, terutama saat mengalami putus cinta seperti Anda. Jika tokoh panutan bisa move on, Anda juga bisa melakukannya.

2. Cari kesibukan baru

Cara terbaik melupakan masa lalu adalah menyibukkan diri dengan rutinitas yang baru. Anda bisa melakukan hal yang tidak sempat dikerjakan saat masih berhubungan dengan mantan kekasih, misalnya memasak, berkebun, menulis, atau membaca novel.

3. Sayangi diri Anda sendiri

Jangan tenggelam dalam stres yang mengakibatkan munculnya broken heart syndrome. Lakukan hal yang dapat membuat Anda senang dan rileks, misalnya pergi ke salon, menonton bioskop, travelling, dan lain-lain.

4. Jangan menghindar

Di masa-masa awal putus cinta, tidak aneh bila kenangan masa lalu masih kerap menghantui. Jangan menghindar dari pikiran ini, tetapi ingat juga mengapa Anda dan pasangan memilih untuk berpisah.

5. Biarkan diri Anda merasa sedih

Wajar jika Anda merasa sedih saat baru putus cinta. Namun, janganlah Anda kabur dari perasaan sedih ini. Biarkan diri Anda merasa sedih. Dilansir dari The Healthy, izinkan diri Anda untuk sedih, misalnya selama 5 hari atau 1 minggu. Setelah itu, Anda harus menetapkan waktu untuk kembali ceria dan berusaha untuk move on. Cara move on ini dianggap efektif dan patut dicoba.

Ingatlah pepatah yang mengatakan bahwa jika pintu yang satu tertutup, masih ada pintu lain yang akan terbuka untuk Anda. Jika dia bukan jodoh Anda, maka Tuhan sedang menyiapkan orang lain untuk menjadi jawaban atas semua doa Anda.

Baca juga: Dampak Positif Lagu Patah Hati Didi Kempot Terhadap Kesehatan

Catatan dari SehatQ

Patah hati ternyata bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan, khususnya organ jantung. Cobalah untuk melakukan langkah-langkah yang tepat dalam mengatasi broken heart syndrome ini. Sayangi diri Anda dengan tetap melakukan aktivitas sehari-hari secara normal.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar sindrom yang menimbulkan penyakit, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

percintaanputus cintabroken heart syndrome

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved