Cara Minum Paracetamol untuk Sakit Gigi agar Cepat Sembuh

0,0
14 Jan 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Paracetamol untuk sakit gigi ampuh dan aman digunakan sebagai pereda nyeri sementaraParacetamol untuk sakit gigi aman dipakai anak hingga orang dewasa
Paracetamol adalah salah satu obat yang sudah terbukti efektif dalam mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi. Obat ini juga aman dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil, maupun orang yang alergi obat pereda nyeri golongan NSAID.Namun perlu diingat bahwa rasa nyeri tersebut hanya akan mereda sementara. Anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter gigi untuk mengobati akar permasalahan yang menyebabkan sakit gigi. Sebab jika sumbernya tidak dirawat, rasa sakit akan terus muncul.

Cara minum paracetamol untuk sakit gigi

Paracetamol untuk sakit gigi bisa diminum orang dewasa hingga anak-anak
Minum paracetamol untuk sakit gigi harus sesuai dosis di kemasan
Saat sakit gigi menyerang dan Anda belum sempat pergi ke dokter gigi, mengonsumsi paracetamol bisa jadi salah satu solusi untuk meredakannya. Meski lebih dikenal sebagai obat demam, paracetamol juga ampuh untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang.Paracetamol dapat dibeli bebas di apotek tanpa menggunakan resep. Anda juga bisa mendapatkannya dalam versi generik maupun yang bermerek. Melansir dari Pusat Informasi Obat Nasional (Pionas), contoh obat merek yang mengandung bahan aktif paracetamol antara lain adalah Panadol, Pamol, Sanmol, dan Biogesic.Meski merupakan obat ringan, penggunaan paracetamol juga harus mengikuti aturan dosis yang berlaku. Berikut ini dosis tepat mengonsumsi paracetamol untuk sakit gigi.

• Orang dewasa

Orang dewasa bisa mengonsumsi paracetamol setiap 4-6 jam sekali dengan dosis 500 mg-1.000 mg sekali minum. Maksimal dosis per hari adalah 4.000 mg.

• Anak-anak

Jangan memberikan paracetamol pada anak berusia di bawah 2 tahun tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.Sementara itu, untuk anak dan remaja berusia 2-16 tahun, berikut ini dosis yang dianjurkan sesuai aturan pakai.
  • Usia 2 - < 4 tahun: 180 mg per satu kali minum
  • Usia 4 - < 6 tahun: 240 mg per satu kali minum
  • Usia 6 - < 8 tahun: 240 atau 250 mg per satu kali minum
  • Usia 8 - < 10 tahun: 360 atau 375 mg per satu kali minum
  • Usia 10 - < 12 tahun: 480 atau 500 mg per satu kali minum
  • Usia 12 - < 16 tahun: 480 atau 750 mg per satu kali minum
Paracetamol bisa diminum setiap 4-6 jam sekali, maksimal 4 kali sehari.

• Ibu hamil dan menyusui

Penggunaan paracetamol pada ibu hamil secara umum aman dilakukan dalam jangka pendek. Namun, ibu hamil maupun menyusui tetap perlu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum minum obat ini agar tidak terjadi efek samping pada janin. Selain itu, obat ini juga berisiko meresap ke ASI.Paracetamol sebaiknya tidak digunakan dalam jangka panjang. Sebab bila dikonsumsi berlebihan, obat ini berisiko menyebabkan kerusakan hati. Setelah mengonsumsi paracetamol, segera kunjungi dokter gigi terdekat untuk mendapatkan perawatan yang tepat.Baca Juga: Obat Sakit Gigi Paling Efektif dari Bahan Alami hingga Obat Apotek

Obat sakit gigi lainnya

Selain paracetamol, ibuprofen, asam mefenamat, dan diklofenak juga bisa mengobati sakit gigi
Obat golongan NSAID bisa mengobati sakit gigi yang disertai bengkak
Selain paracetamol, ada beberapa obat pereda nyeri lain yang bisa dikonsumsi untuk meredakan sakit gigi, seperti:

1. Asam mefenamat

Asam mefenamat adalah obat golongan antiinflamasi non-steroid (NSAID) yang mampu meredakan sakit gigi. Berbeda dari paracetamol, obat-obatan golongan NSAID juga bisa digunakan untuk meredakan peradangan.Jadi, jika sakit gigi disertai dengan bengkak, maka obat golongan ini lebih disarankan. Namun jika memiliki masalah lambung, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi obat ini.

2. Diklofenak

Diklofenak merupakan salah satu obat sakit gigi yang populer digunakan. Obat ini juga masuk golongan NSAID dan dapat dikonsumsi dua kali sehari. Biasanya, obat ini tersedia dalam kemasan 25 mg dan 50 mg.Pastikan Anda mengikuti aturan pakai yang tertera di kemasan secara tepat untuk mendapatkan khasiat yang maksimal dan meminimalisir risiko munculnya efek samping.

3. Ibuprofen

Ibuprofen sering digunakan untuk meredakan demam. Namun, obat yang juga masuk sebagai golongan NSAID ini juga bisa dikonsumsi sebagai obat sakit gigi maupun nyeri lainnya, termasuk nyeri sendi.Konsumsi ibuprofen harus dilakukan sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang tertera di kemasan.Mengonsumsi obat-obatan untuk meredakan sakit gigi bisa dilakukan sebagai perawatan darurat. Anda tetap harus memeriksakan gigi ke dokter untuk menerima perawatan langsung, seperti tambal ataupun perawatan lain sesuai penyebabnya.Jika hanya minum obat, maka sakit gigi akan kembali muncul sewaktu-waktu dan kerusakan gigi pun akan semakin parah.Apabila ingin berdiskusi lebih lanjut seputar penggunaan paracetamol untuk sakit gigi, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
sakit gigiparacetamolimpaksi gigi bungsuabses gigigigi berlubang
MIMS. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/paracetamol?mtype=generic
Diakses pada 22 Desember 2020
Pusat Informasi Obat Nasional. http://pionas.pom.go.id/monografi/parasetamol-asetaminofen
Diakses pada 22 Desember 2020
Drugs. https://www.drugs.com/acetaminophen.html
Diakses pada 22 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait