Usir Bau Badan dengan Cara Merawat Tubuh Agar Tetap Wangi


Menumpuknya aktivitas kadang membuat tubuh mengeluarkan bau keringat. Namun tak perlu khawatir, ada beberapa cara merawat tubuh agar Anda senantiasa wangi sepanjang hari.

(0)
15 Jan 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara merawat tubuh perlu diterapkan untuk membantu badan tetap wangiAnda bisa mengaplikasikan parfum di belakang leher sebagai titik nadi tubuh
Cara merawat tubuh dengan baik agar wangi sepanjang hari merupakan hal yang penting. Pasalnya, tak ada hal yang membuat kita lebih malu selain masalah bau badan menyengat. Entah itu saat berada di kantor, sedang bersama teman, atau berada di tempat umum. Lantas, bagaimana cara merawat kulit tubuh yang baik dan benar? Simak jawaban selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Cara merawat tubuh dan badan agar wangi sepanjang hari

Berikut ini tips dan cara merawat tubuh mendasar, yang perlu diterapkan untuk membuat tubuh senantiasa wangi dan harum:

1. Mandi dengan bersih

Salah satu cara merawat tubuh adalah mandi dengan bersih secara rutin. Ini karena kebersihan tubuh sangat berkontribusi terhadap aroma tubuh Anda. Mandi dengan benar dan tepat menjadi salah satu cara menjaga kebersihan tubuh yang harus diperhatikan dengan saksama. Anda dianjurkan untuk membersihkan tubuh bagian atas terlebih dahulu, lalu turun ke area tubuh bagian bawah secara berurutan. Hal ini bertujuan agar area tubuh dapat bersih secara merata.Pastikan untuk membersihkan area lipatan-lipatan tubuh, seperti ketiak, area kulit di bawah payudara, ketiak, pangkal paha, dan bokong. Namun, frekuensi mandi yang ideal akan ditentukan oleh jenis kulit serta tingkatan aktivitas Anda sehari-hari.

2. Gunakan deodoran

Cara merawat tubuh dengan baik berikutnya adalah menggunakan deodoran. Penggunaan deodoran dapat membantu mengurangi dan menghilangkan bau di ketiak. Saat digunakan, kulit akan menjadi lebih asam sehingga mencegah datangnya bakteri yang menjadi penyebab bau badan
Cara merawat tubuh adalah menggunakan deodoran
Deodoran bisa meningkatkan keasaman ketiak guna mencegah bakteri
Agar tetap wangi sepanjang hari, pastikan Anda menggunakan deodoran atau antiperspirant.Deodoran bekerja dengan menghambat bakteri penyebab bau keringat. Sementara, antiperspiran mengandung senyawa aktif yang dapat mengurangi produksi keringat.

3. Oleskan parfum di titik nadi

Penggunaan parfum juga menjadi bagian dari cara merawat tubuh dengan baik. Anda bisa menggunakan parfum dengan benar agar membantu aromanya lebih tahan lama. Caranya, dengan menyemprotkan parfum pada titik-titik nadi di tubuh. Menyemprotkan parfum pada titik nadi bisa membantu aroma parfum berbaur dengan aroma tubuh. Begitu suhu tubuh meningkat, aroma parfum pun akan aktif dan dilepaskan ke udara. Beberapa titik nadi yang penting untuk dioleskan parfum, yaitu:
  • Bagian belakang leher
  • Lekukan siku
  • Pergelangan tangan
  • Bagian bawah punggung
  • Belakang lutut
Selain mengaplikasikannya ke titik nadi, Anda juga bisa menggunakan parfum yang berbentuk roll-onParfum roll-on membantu kita untuk mengoleskan parfum di titik nadi tubuh lebih tepat sasaran dibandingkan dengan parfum semprot yang kerap kita gunakan berlebihan.

4. Lembapkan kulit dengan losion dan krim

Gunakan lotion sebagai cara merawat tubuh
Penggunaan pelembap bisa juga membuat kulit tetap lembap
Jika Anda tidak ingin menggunakan parfum, losion dan krim pelembap bisa digunakan sebagai cara merawat tubuh agar tetap wangi sepanjang hari. Anda bisa mengoleskan krim dan losion setelah mandi agar wanginya lebih tahan lama. Produk beraroma seperti losion memang akan lebih tahan lama setelah dioleskan pada bagian tubuh yang lembap.

5. Pastikan kulit kepala bersih

Kulit kepala pun menjadi bagian dari perawatan kulit tubuh yang perlu dirawat dan diperhatikan. Para ahli telah merekomendasikan agar Anda membersihkan kulit kepala secara menyeluruh saat mandi, baru kemudian dilanjutkan ke bagian helaian rambut.Membersihkan bagian kulit kepala dengan benar dapat mengangkat kotoran dan minyak. Dengan demikian, rambut pun akan lebih bersih dan memberikan aroma yang harum.

6. Bersihkan rongga mulut

Tidak memerhatikan kebersihan mulut dapat memicu bau mulutAkibatnya, orang yang berada di sekitar Anda mungkin akan merasa tidak nyaman dibuatnya. Beberapa cara merawat area gigi dan mulut, yaitu:
  • Gosok gigi dua kali sehari, masing-masing selama dua menit.
  • Gunakan benang gigi (flossing gigi) untuk menyingkirkan partikel makanan di sela-sela gigi, setidaknya sekali dalam sehari.
  • Berkumur setelah makan, terutama seusai mengonsumsi makanan dengan aroma yang kuat seperti tuna, bawang merah, atau bawang putih.
  • Konsumsi air putih yang cukup untuk menghindari mulut kering.
  • Jika perlu, kunyah daun mint segar atau permen mint tanpa gula.

7. Pastikan pakaian harum dan bersih

Selain menerapkan cara merawat tubuh di atas, pakaian yang dikenakan tentu juga harus diperhatikan. Anda bisa menjaga kebersihan tubuh dengan cara mencuci pakaian secara berkala serta menambahkan pewangi yang sangat mudah untuk dicari.
Cara merawat tubuh juga perlu memerhatikan pakaian yang dikenakan
Pastikan pakaian dan handuk bersih untuk cegah bau badan
Anda pun bisa menambahkan 10-20 tetes minyak atsiri ke rendaman pakaian, sesuai dengan aroma yang Anda sukai. Bahkan, Anda bisa menaburkan bunga-bunga kering, seperti lavender, di dalam lemari pakaian agar wanginya tetap awet.

8. Jaga kebersihan organ intim

Cara merawat kulit tubuh juga perlu menyasar organ intim. Cara menjaga kebersihan organ intim adalah dengan membasuhnya 1-2 kali sehari saat mandi menggunakan air hangat. Sebaiknya, kenakan celana dalam berbahan katun yang dapat membantu kulit area organ intim bernapas, menyerap keringat, dan tetap kering. mengenakan celana dalam berbahan katun. Pasalnya bahan ini dapat membantu kulit pada vagina bernapas, menyerap keringat, dan tetap kering. 

9. Rajin cuci kaki

Salah satu area tubuh yang sangat mudah berkeringat dibandingkan bagian tubuh lainnya adalah kaki. Bersihkan kaki dengan sabun saat mandi. Pastikan Anda mengeringkan area kaki dengan benar. Hal ini penting untuk dilakukan karena kulit yang lembap dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri dan jamur di kaki.Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Kaki Tanpa Repot

10. Kurangi konsumsi makanan beraroma kuat

Mengurangi konsumsi makanan beraroma kuat juga bisa jadi cara merawat tubuh dengan baik. Anda bisa membatasi konsumsi cabai, bawang putih, bawang merah, brokoli, dan sebagainya. Tak hanya mencegah aroma tak sedap pada area organ intim, cara merawat badan ini bisa menghindari Anda dari masalah bau badan dan bau mulut. 

11. Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh

Minum air putih sebagai cara merawat tubuh dengan baik
Cukupi kebutuhan cairan tubuh setiap hari sangat penting
Cara merawat diri melalui asupan cairan yang cukup ternyata tak kalah penting. Anda disarankan untuk minum air putih minimal sebanyak 2 liter per hari. Cara merawat badan dengan menghidrasi tubuh bisa mencegah pertumbuhan bakteri berlebih yang jadi pemicu masalah bau tak sedap pada area tubuh.

Catatan dari SehatQ

Membuat tubuh wangi sepanjang hari bisa kita kendalikan sendiri. Dengan mempraktikan cara merawat tubuh dengan baik di atas, wangi tubuh akan lebih semerbak dan menambah kepercayaan diri.Ingat, menjaga kebersihan tubuh sangat berkontribusi terhadap aroma tubuh Anda, lho. Apabila sudah menerapkan berbagai perawatan kulit tubuh di atas tetapi masih ada masalah dengan aroma tubuh, Anda disarankan untuk menemui dokter. Pasalnya, penyebab bau mulut, keringat berlebih, atau aroma tubuh yang tak biasa bisa menjadi gejala medis tertentu.Ingin berdiskusi lebih lanjut seputar perawatan kulit tubuh lainnya?Anda bisa berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitkulit dan kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-often-should-you-shower
Diakses pada 15 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/deodorant-vs-antiperspirant
Diakses pada 15 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-smell-good-all-day
Diakses pada 15 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-clean-your-vagina#dealing-with-odor
Diakses 3 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-smelly-feet
Diakses 3 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait