Cara Merawat Softlens, Mana yang Boleh dan Tidak?


Mengetahui cara merawat soflens sangat penting karena jika tidak, bisa menimbulkan iritasi hingga infeksi pada mata. Untungnya, merawat lensa kontak sangatlah mudah.

(0)
06 Jan 2021|Azelia Trifiana
Cara merawat softlens yang baik dan benarMerawat softlens dengan teratur dan benar akan membuat Anda terhindar dari iritasi mata
Mengetahui cara merawat soflens sangat penting karena jika tidak, bisa menimbulkan iritasi hingga infeksi pada mata. Tak perlu khawatir karena sebenarnya merawat lensa kontak sangatlah mudah. Hal terpenting adalah menjaga kebersihannya.Setiap jenis lensa kontak juga bisa memiliki instruksi perawatan berbeda. Selain tahu cara merawat, ingat pula masa kedaluwarsa kapan softlens harus diganti.

Cara merawat softlens

Aturan dasar merawat softlens adalah dibersihkan, dibilas, serta diberi disinfektan. Begini cara melakukannya:
  • Letakkan lensa di telapak tangan, kemudian tuangkan air khusus untuk membilas
  • Perlahan, gesekkan lensa ke telapak tangan dengan jari telunjuk dengan gerakan maju-mundur, bukan memutar
  • Pastikan sudah mencuci tangan sehingga tidak ada risiko terkena kotoran atau kuman ke mata
  • Tempatkan lensa yang sudah dicuci di dalam tempatnya, kemudian isi dengan air khusus yang bersih
  • Pastikan tidak mencampur air baru dan lama
Membersihkan kontak lensa secara menyeluruh membantu menghilangkan sisa debu, kotoran mata, kosmetik, dan hal lainnya yang membuat softlens terasa kurang nyaman digunakan.

Ikuti instruksi penggunaan

maka kering
Lensa kontak yang tidak dirawat dapat menyebabkan mata kering
Ketika akan menggunakan lensa kontak, pastikan sudah tahu betul mana yang perlu digunakan. Apabila softlens merupakan pengganti dari kacamata, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis mata agar tahu jenisnya yang tepat.Setiap lensa kontak memiliki masa kedaluwarsa berbeda-beda, ikuti keterangan yang ada dalam kemasannya. Jika sudah pernah menyimpan lensa kontak selama lebih dari 30 hari tanpa melakukan disinfektan ulang, sebaiknya ganti dengan yang baru.Setelah menggunakan softlens pun, tetap disiplin memenuhi jadwal pemeriksaan mata. Ingat bahwa softlens bisa berubah bentuk dari waktu ke waktu, begitu pula halnya dengan kornea mata.Untuk memastikan lensa benar-benar sesuai dengan kondisi mata, lakukan pemeriksaan berkala ke dokter mata.

Apa yang tidak boleh dilakukan?

Salah satu alasan mengapa lensa kontak terasa lebih rumit perawatannya jika dibandingkan dengan cara membersihkan kacamata adalah larangan yang harus diketahui, seperti:
  • Jangan mandi, berenang, berendam air panas, atau melakukan aktivitas apapun yang rentan menyebabkan mata kemasukan air saat mengenakan softlens
  • Jangan tertidur sambil memakai lensa kontak karena saat mata tertutup, oksigen menjadi terbatas dan rentan membuatnya kering
  • Jangan membasahi softlens dengan air liur karena tidak steril
  • Jangan memindahkan cairan pembersih softlens ke botol lain karena berarti tidak lagi steril
  • Jangan menyentuhkan bagian ujung botol ke permukaan benda lain, jari, atau mata
  • Jangan menggunakan lensa kontak yang sudah rusak
  • Jangan membersihkan lensa kontak dengan air keran karena tidak steril
Tak kalah penting, jangan menggunakan lensa kontak orang lain meski di saat darurat sekalipun. Menggunakan softlens bersama-sama hanya akan menjadi media penyebaran partikel penyebab infeksi dari mata orang lain ke mata Anda.Apabila mata terasa tidak nyaman atau mengalami iritasi, segera lepas softlens. Jangan gunakan sampai sudah berkonsultasi dengan tenaga medis tentang masalah ini.Jika memaksakan untuk terus menggunakannya, ada kemungkinan mata menjadi terinfeksi.

Apakah tiap orang bisa menggunakannya?

Ada jutaan orang di dunia yang menggunakan lensa kontak untuk berbagai keperluan. Mulai dari pengganti kacamata hingga bagian dari kosmetik. Namun ingat, ada kalanya lensa kontak tidak sesuai untuk orang-orang tertentu, seperti:
  • Orang yang rentan mengalami infeksi mata
  • Orang yang tinggal di lingkungan sangat berdebu atau berasap
  • Orang yang memiliki kondisi mata kering yang sulit disembuhkan
  • Orang yang tidak bisa menerapkan cara merawat softlens dengan baik

Ketika sudah memutuskan untuk memakai lensa kontak, pastikan berkomitmen untuk merawat dan membersihkannya dengan cara yang tepat.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar kebutuhan mata dan cara merawat lensa kontak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan matahidup sehatpola hidup sehat
All About Vision. https://www.allaboutvision.com/contacts/caresoftlens.htm
Diakses pada 21 Desember 2020
AAO. https://www.aao.org/eye-health/glasses-contacts/contact-lens-care
Diakses pada 21 Desember 2020
WebMD. https://www.webmd.com/eye-health/caring-contact-lens
Diakses pada 21 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait