Cara Merawat Rambut Smoothing agar Tidak Kembali seperti Semula dengan Cepat

(0)
10 Jan 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara merawat rambut smoothing agar tidak kembali seperti semula dengan cepat perlu dilakukanHasil smoothing rambut biasanya awet sekitar 2-5 bulan
Smoothing adalah salah satu prosedur yang menjadi pilihan banyak orang untuk meluruskan rambutnya. Metode ini memiliki kelebihan tersendiri dari teknik meluruskan rambut lainnya, yaitu rebonding. Dengan smoothing, rambut yang diluruskan akan terlihat lebih alami, lembut, dan sehat.Hasil smoothing biasanya tidak bisa bertahan selama rebonding yang bahkan bisa permanen. Rambut yang diluruskan dengan proses smoothing umumnya mampu bertahan antara 2-5 bulan, tergantung dari perawatan rutin maupun pertumbuhan rambut seseorang. Supaya rambut tetap lurus, Anda juga perlu melakukan cara merawat rambut smoothing agar tidak kembali seperti semula dengan cepat.

Cara merawat rambut smoothing agar tidak kembali seperti semula

Ada sejumlah cara merawat rambut smoothing agar tidak kembali seperti semula dengan cepat. Cara-cara ini mudah dilakukan dan cukup sederhana sehingga Anda hanya perlu mengikutinya agar rambut smoothing bisa tahan lama.

1. Perawatan setelah smoothing

Cara merawat rambut smoothing agar tidak kembali seperti semula harus dilakukan sejak prosedur smoothing selesai.
  • Pastikan rambut tidak basah atau terkena air sedikit pun dalam 48 jam setelah melakukan smoothing karena air dapat membuat rambut kembali bergelombang.
  • Biarkan rambut terurai dan jangan mengikatnya sama sekali.
  • Jangan menyelipkan rambut ke belakang telinga, karena ini juga dapat menyebabkan rambut bergelombang.
  • Berhati-hatilah saat tidur supaya rambut tidak kusut dan acak-acakan. Gunakan sarung bantal berbahan satin atau sutra agar rambut tetap halus.

2. Perawatan tiga hari setelah smoothing

Setelah tiga hari, berikut adalah perawatan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keawetan rambut yang di-smoothing:
  • Anda sudah bisa keramas dengan menggunakan sampo dan kondisioner yang lembut.
  • Biarkan kondisioner menempel pada rambut sedikit lebih lama sebelum membilasnya.
  • Jangan menggunakan air panas untuk mencuci rambut karena dapat menghilangkan kelembapannya.
  • Aplikasikan pelembap, krim, atau kondisioner tanpa bilas untuk menjaga kelembapan rambut dan menghilangkan kusut. Hal ini penting dilakukan sebagai cara merawat rambut smoothing agar tidak kembali seperti semula.
  • Jangan menggunakan sisir sikat atau sisir bergigi rapat, sebaiknya gunakan sisir bergigi jarang untuk merapikan rambut.
Karena proses smoothing dapat menyebabkan rambut kering, maka Anda harus selalu menjaga kerapian dan kelembapan rambut dengan cara di atas.

3. Perawatan 15 hari setelah smoothing

Setelah 15 hari, Cara merawat rambut smoothing agar tidak kembali seperti semula harus dilakukan dari luar dan dalam.
  • Konsumsi makanan bergizi. Perbanyak buah-buahan, sayur-mayur, dan produk susu yang dapat membuat rambut kian sehat, bersinar, dan bervolume.
  • Jangan pernah membiarkan rambut terpapar panas (air panas atau hair dryer). Keringkan rambut dengan cold blast jika rambut perlu dikeringkan dengan cepat.
  • Jangan mewarnai rambut hingga 6 bulan ke depan.
  • Sebaiknya potong ujung rambut yang bercabang secara rutin.
  • Anda dapat menggunakan serum rambut setiap hari untuk menjaga kesehatannya.
  • Anda sudah bisa menggunakan minyak rambut. Jika Anda menggunakan minyak rambut semalaman, jangan lupa segera mencucinya hingga bersih dengan sampo dan kondisioner keesokan harinya.
Smoothing merupakan cara meluruskan rambut yang lebih baik jika dibandingkan rebonding. Hasil smoothing kelihatan jauh lebih alami ketimbang rebonding yang kadang hasilnya seperti rambut palsu. Namun, prosedur smoothing harus dilakukan dengan sangat hati-hati karena menggunakan larutan kimia formaldehida yang berbahaya.Smoothing juga tidak lepas dari efek samping, seperti iritasi pada mata, kulit, dan saluran pernapasan bagian atas. Oleh karena itu, pastikan Anda ditangani oleh ahlinya saat menjalani prosedur ini. Mengingat efek smoothing tidak selama rebonding, lakukan cara merawat rambut smoothing agar tidak kembali seperti semula dengan disiplin.Jika Anda punya pertanyaan lainnya seputar perawatan rambut, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan rambutrambut kering
Bblunt. https://www.bblunt.com/blogs/all/post-smoothening-hair-care-tips-to-follow
Diakses 28 Desember 2020
Times of India. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/beauty/hair-smoothening-better-than-straightening/articleshow/14372724.cms
Diakses 28 Desember 2020
Medium. https://medium.com/@sleepguru/how-to-sleep-after-hair-smoothening-504d8eb798b2
Diakses 28 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait