Jangan Sembarangan, Begini Cara Merawat Rambut Gondrong Pria


Merawat rambut panjang pria tentu lebih kompleks ketimbang rambut pendek. Selain dengan memperhatikan sampo yang digunakan, pria dengan rambut gondrong juga perlu makan makanan bergizi dan minum air putih yang cukup agar rambutnya senantiasa sehat.

(0)
08 Apr 2021|Rhandy Verizarie
cara merawat rambut panjang priaCara merawat rambut panjang pria sedikit berbeda dengan rambut pendek
Beberapa pria senang memiliki rambut yang panjang alias gondrong. Ya, rambut yang gondrong memang membuat pria tampil lebih unik. Namun, merawat rambut panjang tentu tidak semudah merawat rambut pendek. Ada sejumlah cara merawat rambut panjang pria yang perlu diperhatikan.Selain mengetahui cara memanjangkan rambut pria, Anda juga harus tahu bagaimana cara merawat rambut gondrong. Hal ini semata-mata bertujuan agar rambut tetap dalam kondisi baik dan terhindar dari sejumlah masalah. 

Cara merawat rambut panjang pria

Merawat rambut panjang tidak bisa sembarangan. Salah perawatan, rambut Anda justru bisa rusak dan agak sulit untuk dibenahi kembali. Alhasil, penampilan pun jadi terganggu.Lantas, bagaimana cara merawat rambut gondrong pada pria? Berikut langkah-langkahnya:

1. Keramas secara rutin

Perawatan rambut pria panjang yang pertama adalah dengan melakukan keramas secara rutin. Pilihlah jenis sampo yang sesuai dengan rambut Anda, apakah kering atau berminyak.Setelah itu, keramasi rambut Anda secara perlahan dan merata. Sebaiknya, Anda menyisir rambut terlebih dahulu agar tidak terlalu kusut saat keramas nantinya. Jika shampoo sudah menyebar secara merata, pastikan Anda membilasnya sampai bersih. Anda boleh menggunakan air hangat untuk membilas rambut, tapi jangan terlalu panas karena ini justru dapat mengurangi kadar minyak rambut dan berakibat rambut kering.Setelah selesai keramas, aplikasikan kondisioner pada rambut secara merata, dan tunggu selama 2-3 menit sebelum Anda membilasnya. Conditioner berfungsi untuk menjaga agar rambut tetap terhidrasi.

2. Jangan gosok rambut yang basah dengan handuk

Cara merawat rambut panjang pria agar tidak rusak yang selanjutnya adalah jangan menggosok rambut yang masih basah dan berair dengan handuk. Baiknya, Anda mengibas-ngibaskan rambut terlebih dahulu sampai butiran air yang menempel pada rambut jatuh seluruhnya.Setelah itu, barulah gosok rambut dengan handuk secara perlahan. Sebaiknya, Anda juga tidak menggosoknya, tetapi menekan-nekan rambut yang basah ke handuk.Menggosok rambut gondrong yang masih basah dan kusut menggunakan handuk akan menyebabkan kerusakan, termasuk kerusakan pada kutikula atau lapisan luar rambut. Hal ini karena rambut Anda akan bergesekan dengan kain handuk yang mungkin kasar.

3. Memotong rambut secara berkala

Kendati rambut Anda gondrong, bukan berarti Anda membiarkannya terus-menerus memanjang. Anda sebaiknya tetap memotong ujung rambut Anda setiap 3 bulan sekali untuk merawat rambut panjang pria tetap sehat.Selain membuat tampilan rambut tetap terlihat rapi, hal ini juga dapat memicu pertumbuhan rambut. Selain itu, ujung rambut yang kering juga dapat dihilangkan.

4. Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Memiliki rambut panjang membuat pria jadi punya banyak opsi dalam menata rambutnya. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa Anda tidak bisa sembarangan menata rambut gondrong  jika tidak ingin rambut cepat rusak.Menurut American Academy of Dermatology Association, sebaiknya hindari mengikat rambut terlalu kencang atau penataan lain yang membuat rambut tertarik. Pasalnya, hal ini lama kelamaan dapat membuat rambut jadi lebih mudah rontok.Pada kasus yang lebih parah, hal ini bahkan dapat memicu kerusakan folikel rambut. Akibatnya, rambut tidak bisa tumbuh lagi dan Anda berpotensi mengalami kebotakan (alopecia).

5. Batasi penggunaan alat penata rambut yang panas

Anda mungkin berpikir untuk menggunakan alat pengering rambut (hair-dryer), pelurus rambut, atau pengeriting guna mendapatkan gaya rambut yang diinginkan.Sebaiknya berhati-hati karena alat-alat tersebut memiliki panas yang dihasilkan dari aliran listrik. Alat penata rambut dengan panas ikut meningkatkan risiko kerusakan rambut.Nah, cara merawat rambut panjang pria agar tidak cepat rusak adalah dengan membatasi penggunaannya.Jangan terlalu sering menggunakan catokan, pengeriting, atau hair dryer. Jika ingin memakainya, pastikan pula alat yang digunakan dalam kondisi baik.

Catatan dari SehatQ

Selain dengan sejumlah cara di atas, merawat rambut panjang pria juga perlu diimbangi dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti:
  • Makan makanan bergizi
  • Menggunakan
  • Minum air putih yang cukup 
  • Mengendalikan stres
Anda juga bisa bertanya langsung dengan dokter ahli seputar cara merawat rambut gondrong pria di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang juga di App Store dan Google Play
kesehatan rambutpertumbuhan rambut kepalakesehatan pria
American Academy of Dermatology Association. https://www.aad.org/public/diseases/hair-loss/causes/hairstyles Diakses pada 26 Maret 2021Byrdie. https://www.byrdie.com/tips-on-caring-for-mens-long-hair-2326593 Diakses pada 26 Maret 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/hair-care-for-men#long-hair Diakses pada 26 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait