Cara Merawat Rambut Pirang Agar Tidak Mudah Rusak dan Pudar

Ada beberapa cara merawat rambut pirang yang perlu dilakukan
Rambut pirang harus dirawat dengan baik dan telaten

Tidak mudah merawat rambut pirang agar warnanya tetap terjaga dan tidak kusam. Terlebih bagi Anda yang tidak memiliki rambut pirang alami dan berusaha mendapatkan coraknya dengan mewarnai rambut agar terlihat pirang, PR menjaga warna rambut tentu menjadi lebih banyak.

Rambut pirang buatan lebih rentan pudar akibat dipengaruhi air, sinar matahari, dan polusi udara. Tak hanya itu, proses perawatan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan cepat rusak.

Cara merawat rambut pirang

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat rambut pirang agar warnanya bertahan lama dan tidak merusak rambut. Cara-cara tersebut meliputi:

1. Pastikan rambut tetap terhidrasi dengan baik

Untuk mendapatkan warna pirang yang sempurna, dibutuhkan beberapa proses yang berpotensi merusak rambut. Proses pelunturan warna rambut atau bleaching umumnya dilakukan sebelum mewarnai rambut menjadi pirang. Proses ini dapat menghilangkan banyak minyak dan nutrisi dari rambut sehingga menyebabkan rambut menjadi kering dan rapuh.

Untuk membantu mengatasi masalah di atas, Anda dapat menggunakan conditioner maupun masker rambut yang bagus. Masker rambut mampu mengembalikan kelembapan yang hilang saat proses pewarnaan rambut. Sementara, conditioner berperan penting dalam merawat rambut yang diwarnai dan mencegah kerusakan pada rambut.

2. Lindungi rambut pirang dari panas

Untuk mendapatkan warna pirang yang berkilau, kutikula rambut perlu dihilangkan. Ketika kutikula ini hilang, sulit bagi rambut untuk menjaga nutrisi yang dihasilkan kulit kepala sehingga rambut akan kering dan rapuh.

Panas yang dihasilkan alat styling rambut, seperti alat catok dan pengering rambut, dapat merusak dan mengurangi kilau rambut Anda. Anda bisa meminimalisir penggunaan alat styling dengan menata rambut Anda secara alami, seperti bun, updo, ataupun kepang.

Apabila Anda sulit untuk mengurangi kebiasaan ini, pastikan untuk selalu menggunakan semprotan heat protectant yang akan melindungi rambut Anda dari panas. Selain itu, rawat rambut Anda dengan menggunakan kondisioner.

3. Jauhkan dari sinar matahari

Tak hanya uap panas yang dapat membahayakan rambut pirang Anda, sinar UV dari matahari juga dapat membuat rambut kering, bahkan merusak warna pirang Anda dengan mengubahnya menjadi kejingga-jinggaan.

Cegah rambut pirang Anda dari sentuhan sinar matahari langsung dengan mengenakan topi saat berpergian ke luar rumah. Jika Anda risih menggunakan topi, gunakan minyak rambut anti-UV atau semprotan heat protectant pada rambut ketika hendak bepergian.

4. Gunakan sampo khusus

Terakhir, Anda dapat membuat warna rambut pirang menjadi lebih awet dengan menggunakan sampo khusus, yakni sampo ungu (purple shampoo). Sampo jenis ini telah diformulasikan khusus untuk mencegah rambut berwarna pirang mengalami kekeringan dan cepat pudar.

Purple shampoo memiliki pigmen ungu yang baik untuk rambut pirang. Ketika pigmen ungu ini diserap oleh folikel rambut, pigmen tersebut akan menutupi dan menghapus corak kuning kejingga-jinggaan dalam rambut Anda.

Meski demikian, berhati-hatilah dalam memilih purple shampoo karena beberapa merek sampo ini justru dapat membuat rambut pirang Anda menjadi sangat kering. Sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan penata rambut terpercaya saat memilih purple shampoo yang tepat untuk merawat rambut pirang Anda.

Merawat rambut pirang membutuhkan perhatian lebih sekaligus ketelatenan dalam menjaganya. Cara-cara di atas diharapkan dapat membantu Anda yang memiliki rambut pirang untuk senantiasa menjaga warna dan kesehatannya.

Luxy Hair.
https://www.luxyhair.com/blogs/hair-blog/attn-all-blondes-how-to-maintain-the-perfect-blonde-shade
Diakses pada 16 April 2020

Style Caster.
https://stylecaster.com/beauty/blonde-hair/
Diakses pada 16 April 2020

Artikel Terkait