Cara merawat rambut keriting umumnya berbeda dengan tipe rambut lainnya
Ilustrasi seorang wanita berambut keriting

Merawat rambut keriting umumnya berbeda dengan jenis rambut lainnya. Jika Anda adalah salah satu pemiliknya, berikut adalah bentuk perawatan rambut keriting yang bisa dilakukan.

Dalam dunia kecantikan sendiri, tipe rambut keriting dibagi atas tiga kelompok berdasarkan kepadatan lengkungannya. Tipe keriting A adalah jenis keriting yang paling longgar dengan lengkungan rambut mirip huruf S.

Rambut keriting tipe B ditandai dengan bentuk keriting yang terlihat dari akar rambut dan volume yang memadai. Rambut keriting jenis ini pada umumnya membutuhkan pelembap untuk menjaga karakteristiknya yang spiral.

Sedangkan tipe C adalah keriting yang paling padat, bahkan rambut pemiliknya bisa dimainkan seperti pegas. Setiap tipe rambut keriting memiliki jenis perawatan khasnya sendiri.

Namun, bila Anda bingung tipe rambut keriting seperti apa yang Anda miliki, ada perawatan rambut keriting yang awam dan bisa diaplikasikan pada semua tipe.

Hal yang boleh dan tidak saat merawat rambut keriting

Tantangan terbesar pada pemilik rambut keriting adalah mempertahankannya agar tidak terlalu mengembang sehingga menimbulkan efek ‘rambut singa’. Untuk membuat setiap helai rambut Anda mudah ditaklukkan, Anda pada dasarnya butuh menggunakan pelembap rambut yang cukup intens.

Semakin padat pola rambut keriting Anda, semakin banyak jumlah pelembap yang dibutuhkan untuk menjaga rambut keriting tetap sehat dan teratur. Jumlah pelembap yang dibutuhkan akan meningkat jika rambut Anda juga lebat.

Selain itu, ada beberapa rambu dalam merawat rambut keriting yang dapat Anda ikuti, seperti:

  • Hindari sampo yang mengandung sulfate

Keramaslah dengan menggunakan sampo dari bahan alami yang tidak mengandung sulfate. Hal ini dilakukan untuk mencegah minyak alami yang ada di rambut Anda berkurang sehingga menjadi kering dan pecah-pecah.

  • Gunakan krim khusus rambut keriting

Untuk memastikan rambut keriting Anda selalu terhidrasi dengan baik, Anda juga sebaiknya menggunakan krim khusus rambut keriting yang banyak dijual di toko kosmetik maupun salon tertentu. Krim ini akan melengkapi pemakaian sampo dan kondisioner yang Anda gunakan agar rambut selalu lembap sekaligus mempertahankan rambut keriting Anda dengan baik.

  • Hindari penggunaan alat catok rambut

Para ahli kecantikan tidak merekomendasikan rambut keriting untuk diluruskan dengan alat catok. Hal ini dilakukan untuk menghindari paparan panas berlebihan yang akan merusak struktur maupun kesehatan rambut keriting Anda.

  • Metode nanas

Ketika Anda tidak ingin keramas saat mandi, ikat rambut keriting di atas kepala dan tutup dengan shower cap agar tidak terkena air yang mengakibatkan rambut lebih sulit diatur setelahnya. Cara ini dinamakan dengan metode nanas.

Bila Anda tidak yakin mengenai bentuk perawatan rambut keriting yang tepat, cobalah berkonsultasi dengan ahli kecantikan tertentu. Atau, Anda dapat mengikuti perawatan rambut seseorang di media sosial dengan kondisi rambut yang sama seperti Anda.

Tips menjaga kesehatan rambut

Perawatan untuk rambut keriting juga harus memerhatikan kondisi kepala secara keseluruhan. Rambut keriting yang tumbuh di kulit kepala berminyak memiliki perawatan yang berbeda dibanding kulit kepala kering.

Oleh karena itu, Akademi Dermatologi Amerika (AAD) menyarankan apa pun bentuk rambut Anda, tetap jalani cara merawat rambut agar tetap sehat berikut ini:

  • Pemilik kulit kepala berminyak sebaiknya keramas sehari sekali, sedangkan kulit kepala kering cukup 2-3 hari sekali untuk mencegah rambut bertambah kering.
  • Aplikasikan sampo ke kulit kepala. Hanya membersihkan bagian rambut hanya akan membuat helainya sulit diatur dan terlihat tidak sehat.
  • Sebaliknya, gunakan kondisioner di ujung rambut saja untuk menghasilkan efek rambut yang jatuh dan lebih mudah diatur.

Bagi Anda yang suka berenang, sebaiknya gunakan penutup kepala yang terbuat dari karet agar air tidak membasahi rambut. Jangan lupa untuk menggunakan sampo dan deep conditioner setelah berenang untuk mencegah rambut keriting Anda kehilangan kelembapan alaminya.

AAD. https://www.aad.org/public/everyday-care/hair-scalp-care/hair/healthy-hair-tips
Diakses pada 13 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/types-of-hair
Diakses pada 13 April 2020

Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/different-types-of-curls/
Diakses pada 13 April 2020

Artikel Terkait