Cara Merawat Miss V sebelum Menikah yang Mudah Dilakukan

(0)
11 Jan 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Mandi secara rutin  termasuk cara merawat miss V sebelum menikah yang bisa Anda lakukanCara merawat miss V sebelum menikah dapat dilakukan dengan hanya mandi secara rutin
Pernikahan merupakan momen spesial bagi banyak wanita. Tentunya, Anda juga memerlukan persiapan istimewa untuk menghadapinya. Selain perawatan wajah dan tubuh, cara merawat miss V sebelum menikah mungkin juga diperlukan.

Berbagai cara miss V sebelum menikah

Pada dasarnya, vagina atau miss V memiliki sistem pembersihan secara alami. Oleh karena itu, cara merawat miss V sebelum menikah tidak perlu terlalu berlebihan. Semakin alami dan sederhana, semakin baik bagi kesehatan miss V Anda.

1. Menjaga kesehatan tubuh

Menjaga kesehatan tubuh secara umum memiliki pengaruh besar terhadap organ seksual seperti miss V. Oleh karena itu, konsumsi makanan yang bergizi seimbang, menjaga berat badan, dan rajin berolahraga, dapat digolongkan sebagai cara merawat miss V sebelum menikah.Soal makanan, berbagai asupan yang baik untuk kesehatan vagina, yakni jus cranberry, ubi, yogurt, sayuran berdaun hijau, alpukat, dan apel.Jika kesehatan tubuh tidak dijaga dengan baik, beberapa penyakit tertentu bisa memengaruhi vagina secara langsung. Misalnya, diabetes dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur pada vagina atau penyakit infeksi saluran kemih.

2. Menjaga kebersihan tubuh

Cara merawat miss V sebelum menikah lainnya adalah dengan selalu menjaga kebersihan tubuh. Mandi serta mengganti baju dan pakaian dalam secara rutin berperan penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan miss V.

3. Cukup gunakan air untuk membersihkan miss V

Ada banyak sekali produk kecantikan yang ditawarkan untuk membersihkan miss V. Namun, faktanya produk-produk tersebut bukanlah cara merawat miss V sebelum menikah yang dianjurkan.Untuk merawat miss V, cukup gunakan air bersih setiap selesai buang air kecil atau setiap diperlukan. Pastikan Anda membasuh miss V dari arah depan ke belakang untuk mencegah penyebaran bakteri dari anus.Jangan lupa mengeringkan miss V dengan saksama untuk mencegahnya menjadi lembap dan memicu tumbuhnya bakteri serta jamur.

4. Lakukan pemeriksaan rutin

Hal penting lainnya yang bisa dijadikan cara merawat miss V sebelum menikah adalah melakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan.Pemeriksaan ini akan membantu memantau kondisi miss V dan dapat mendiagnosis secara lebih awal jika ada gangguan kesehatan vagina yang perlu segera ditangani.

5. Gunakan pakaian yang tepat

Pakaian dalam terbuat dari katun yang menyerap keringat sangat dianjurkan. Selain itu, hindari pakaian yang terlalu ketat atau sempit supaya sirkulasi udara di area miss V tetap terjaga.

6. Latihan kegel

Sebagaimana bagian tubuh lainnya, ada latihan yang dapat dlakukan untuk menjaga kesehatan dan fungsi miss V. Salah satunya adalah senam kegel.Senam kegel bermanfaat untuk mengencangkan otot dasar panggul. Senam ini dapat membantu meningkatkan kondisi miss V dan kehidupan seksual Anda setelah menikah nanti.

Hal-hal yang sebaiknya dihindari

Walaupun ada banyak perawatan yang diklaim dapat menjadi cara merawat miss V sebelum menikah, hampir semua jenis perawatan tersebut tidak terbukti secara medis. Bahkan, beberapa jenis perawatan malah dapat meningkatkan risiko cedera hingga infeksi pada vagina.Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya dihindari sebagai cara merawat miss V sebelum menikah.
  • Jangan membersihkan miss V menggunakan sabun, deodoran, atau cairan pembersih selain air bersih karena dapat meningkatkan risiko iritasi.
  • Jangan mencukur habis rambut kemaluan. Anda dapat memotong dan merapikannya, tapi jangan mencukurnya hingga habis. Rambut kemaluan berfungsi untuk mencegah bakteri berbahaya memasuki bagian dalam vagina. Bulu ini juga dapat meminimalisir risiko miss V mengalami luka karena bercukur dan radang saat rambut kemaluan tumbuh lagi.
  • Anda tidak dianjurkan melakukan ratus vagina. Di samping manfaatnya yang belum terbukti secara medis, risiko akan gangguan kesehatan miss V dianggap lebih besar, seperti menyebabkan luka lepuh dan membuat miss V lebih rentan terkena bakteri.
  • Jangan melakukan douching vagina. Metode ini berisiko mengganggu pH alami dan bakteri normal pada miss V.
Dengan melakukan cara merawat miss V sebelum menikah, kebersihan dan kesehatan organ seksual ini tetap terjaga. Sekilas memang tidak ada perawatan yang istimewa dari biasanya, tapi pada dasarnya, perawatan miss V tidak perlu dilakukan secara berlebihan.Seperti yang dijelaskan sebelumnya, vagina merupakan organ intim yang dapat ‘membersihkan’ dirinya sendiri. Sehingga untuk menjaganya tetap sehat, Anda hanya harus melakukan perawatan sehari-hari yang dianjurkan. Selain itu, satu hal yang tidak kalah penting adalah menghindari tindakan-tindakan yang justru dapat membahayakan miss V.Jika Anda punya pertanyaan lain seputar kesehatan vagina, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan vaginapernikahan
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/how-to-keep-your-vagina-happy-healthy/
Diakses 29 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/vaginal-steaming
Diakses 29 Desember 2020
Times of India. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/health-news/top-12-vaginal-hygiene-tips-every-woman-should-know/articleshow/71702497.cms
Diakses 29 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/food-for-vagina
Diakses 29 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait