Cara Merawat Kecantikan Kulit Agar Senantiasa Sehat dan Bersih

(0)
03 May 2019|Maria Yuniar
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara merawat kulit agar bersih dan sehat tidak selalu membutuhkan biaya yang mahalApa pun cara merawat kulit yang Anda pilih, lakukanlah secara rutin.
Cara merawat kulit agar bersih dan sehat tidak selalu membutuhkan biaya yang mahal. Langkah yang perlu Anda perhatikan pun sebenarnya tak sulit dan tak rumit.Banyak cara yang bisa Anda lakukan sebagai cara merawat kulit agar bersih dan sehat. Dengan ini, Anda tentu semakin percaya diri.

Cara merawat kulit agar bersih dan sehat dengan mudah

Selain menunjang penampilan, kondisi kulit pun menjadi refleksi kesehatan tubuh yang paling mudah untuk diamati. Kunci cara merawat kulit agar bersih dan sehat adalah dengan konsisten merawat kulit dan menggunakan produk perawatan kuliy yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing orang.Jangan lupa, terkadang ada perbedaan antara kulit wajah dan kulit bagian tubuh lainnya. Maka dari itu, perlu ada pembedaan dalam melakukan cara perawatan dan produk yang digunakanAgar semakin pede untuk melangkahkan kaki, lakukan cara merawat kulit agar bersih dan sehat berikut ini:

1. Merawat kulit dengan membersihkan dan melembapkannya

Salah satu cara merawat kulit agar bersih dan sehat adalah membersihkan dan melembapkannya. Anda bisa membersihkan wajah pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Cukup gunakan air bersih dan pembersih yang sesuai kondisi kulit. Keringkan dengan handuk lembut untuk hasil terbaik dengan cara menepuk-nepuk perlahan permukaan wajah.Setelah membersihkan kulit, gunakan toner untuk membantu menghilangkan sisa-sisa sabun, minyak, atau kotoran yang mungkin masih menempel di wajah.Lanjutkan dengan menggunakan pelembap sesuai jenis kulit untuk membuat kulit senantiasa terhidrasi dengan baik.

2. Lakukan eksfoliasi secara teratur

Cara merawat kulit agar bersih dan sehat berikutnya adalah melakukan eksfoliasi secara teratur. Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati.Proses eksfoliasi dapat membantu kulit tetap bersih dan bercahaya. Dengan melakukan pengangkatan lapisan luar sel kulit mati dapat membantu menghaluskan tekstur kulit, meningkatkan tingkat penyerapan produk perawatan kulit, serta mencerahkan kulit. 

3. Gunakan produk perawatan kulit yang tepat

Menggunakan produk perawatan kuit yang tepat juga menjadi cara merawat kulit agar bersih dan sehat. Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang tepat.Gunakan produk perawatan kulit yang diformulasikan khusus untuk meningkatkan microbiome kulit seperti yang mengandung pra dan probiotik.Dengan ini, kulit tubuh akan terjaga kelembapannya sepanjang hari.

4. Pakai sunscreen

Pastikan Anda menggunakan sunscreen atau tabir surya sebagai cara merawat kulit agar bersih dan sehat. Untuk melindungi kulit, Anda direkomendasikan untuk selalu menggunakan sunscreen berbasis mineral dengan SPF 30 atau lebih. Gunakan sebagai langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit Anda setiap pagi.

5. Makan makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat, seperti dari buah dan sayuran menjadi menu wajib agar tubuh sehat dan kulit bersinar. Termasuk yang mengandung vitamin C. Inilah cara merawat kulit agar bersih dan sehat lainnya. Vitamin C bekerja pada semua jenis kulit untuk meratakan dan mencerahkan warna kulit. Vitamin C berfungsi memudarkan hiperpigmentasi, melindungi kulit terhadap paparan lingkungan, mencerahkan warna kulit, dan meningkatkan produksi kolagen dan elastin. Selain itu, mengonsumsi lemak juga dapat membantu mengisi kembali kemampuan tubuh dalam menciptakan membran sel yang sehat dan kuat. Hal ini bertujuan untuk melindungi kulit dari paparan polusi dengan mengembalikan lapisan penghalang kulit.

6. Minum air putih

Kondisi dehidrasi, meskipun tidak parah, tetap dapat membawa dampak signifikan bagi tubuh.Dehidrasi juga bisa mengganggu sistem metabolisme. Gejalanya bisa berupa pusing dan  sesak napas.Kulit dehidrasi bisa memicu kulit kering, keriput, bahkan jerawat. Oleh karena itu, minum air putih setiap hari sekitar 1,5 hingga 2 liter penting untuk menjaga kesehatan kulit.Jangan lupa untuk konsumsi makanan sehat yang berpotensi untuk menjaga kesehatan kulit Anda. 

7. Batasi paparan radiasi matahari

Siapa bilang paparan sinar matahari hanya membuat kulit menjadi gelap?Dalam jangka panjang, paparan sinar UV dari matahari terlalu lama, juga berpotensi meningkatkan risiko kanker kulit. Pada jangka pendek, hal ini bisa menimbulkan bintik-bintik hitam serta keriput.Hindari beraktivitas di bawah terik sinar matahari secara langsung, tepatnya pada pukul 10.00-14.00. Sebab pada jam tersebut, matahari berada pada posisi tertinggi.Paling tidak, selalu kenakan pakaian yang melindungi tubuh dari paparan sinar matahari. Misalnya baju berlengan panjang, topi, hingga kacamata hitam. Selain itu, lindungi kulit dengan menggunakan tabir surya dengan SPF yang sesuai dengan kondisi cuaca.

8. Berkonsultasi dengan ahli kecantikan

Setiap orang mempunyai kondisi kulit yang berbeda-beda. Kondisi kulit berminyak, kering, berjerawat, bersisik, dan masih banyak jenis kulit lainnya.Pemilihan produk perawatan kulit yang dilakukan pun sebaiknya tidak dilakukan sembarangan. Sebab, jika dilakukan sembarangan dapat memperparah kerusakan kulit.Oleh karena itu, berkonsultasilah dengan ahli kecantikan, termasuk dokter spesialis kulit, yang bisa Anda temui di klinik perawatan kulit. Jangan mudah tergiur dengan produk-produk pasaran maupun salon atau klinik kecantikan yang menawarkan harga murah.

Cara menjaga kesehatan kulit dengan bahan alami

Anda pun bisa memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai cara merawat kulit agar bersih dan sehat. Nah, tahukah Anda, ternyata jeruk nipis dan pare, bisa meningkatkan kesehatan kulit wajah?

1. Jeruk nipis untuk cerahkan kulit wajah

Jeruk nipis mengandung senyawa alami alpha hidroxy acids (AHA), yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah. Dengan demikian, sel kulit mati akan tergantikan sel kulit baru, sehingga wajah lebih sehat dan segar.

2. Pare untuk pulihkan kesehatan kulit wajah

Setelah terpapar sinar matahari, kulit wajah bisa menjadi kusam, berkerut, bahkan mengalami kerusakan lainnya. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan masker pare secara rutin. Masker pare ini akan mengembalikan kesehatan kulit wajah yang bermasalah akibat paparan sinar UV.

Terapkan cara menjaga kesehatan kulit dengan rutin

Yang terpenting dari perawatan kulit adalah melakukannya secara rutin. Sebab setiap perawatan, termasuk perawatan kulit, tentu membutuhkan waktu untuk mencapai hasil maksimal. Oleh karena itu, jadikan perawatan kulit sebagai suatu kebiasaan.Setiap orang membutuhkan jangka waktu yang berbeda untuk mendapatkan hasil perawatan kulit maksimal. Jadi, Anda tidak perlu membanding-bandingkannya dengan orang lain. Yang paling penting senantiasa melakukan cara merawat kulit agar bersih dan sehat di atas. 
kulit sehatperawatan kulitkesehatan kulitkulit dan kecantikan
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/skin-care-basics
Diakses pada Oktober 2018
Kementerian Kesehatan RI.
http://www.depkes.go.id/development/site/depkes/index.php?cid=1-15112600003&id=manfaat-buah-jeruk-nipis-bagi-kesehatan
Diakses pada 12 Maret 2019
Kementerian Kesehatan RI.
http://www.depkes.go.id/development/site/depkes/index.php?cid=1-15112600004&id=manfaat-buah-pare-untuk-kesehatan-dan-kecantikan.html
Diakses pada 12 Maret 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait