7 Cara Merawat Jahitan Setelah Melahirkan Agar Cepat Kering


Jahitan perineum biasanya mulai sembuh dalam 3-4 minggu setelah melahirkan. Agar lebih cepat kering dan terhindar dari infeksi, cari tahu cara tepat merawat luka bekas jahitan setelah melahirkan.

0,0
19 Oct 2021|Atifa Adlina
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
cara merawat jahitan setelah melahirkanBeberapa tips agar jahitan setelah melahirkan cepat kering
Merawat jahitan perineum (kulit antara anus dan vagina) adalah salah satu langkah perawatan setelah melahirkan normal yang jangan sampai terlewati. Sebab,area ini rentan terinfeksi jika tidak dibersihkan dengan tepat. 
Sementara membiarkan tubuh pulih total dengan sendirinya, berikut adalah beberapa cara merawat bekas luka jahitan setelah melahirkan agar cepat sembuh dan kering.

Kenapa setelah melahirkan normal perlu dijahit?

Perineum adalah area kulit di antara vagina dan anus.Pada saat melahirkan normal, area ini dapat meregang dan robek karena tekanan yang diterimanya selama Anda mengejanSementara pada beberapa kasus, dokter kemungkinan akan membuat sayatan kecil di perineum untuk memperlebar jalur lahir bayi sehingga si Kecil bisa keluar dengan lebih mudah.Mengutip dari Kid’s Health, proses pembedahan atau sayatan kecil ini dalam istilah medis disebut sebagai episiotomi.Nah meski begitu, tidak semua luka perineum itu butuh dijahit. Berdasarkan ukuran sobekannya, robekan perineum dibagi menjadi 4 kategori, yaitu:
  • Tingkat 1: robekan sesuai kedalaman kulit, tidak terkena jaringan sekitarnya biasanya akan sembuh secara alami.
  • Tingkat 2: robekan lebih dalam dan memengaruhi otot perineum namun tidak mengenai otot sfingter anal. Robekan ini perlu langsung dijahit.
  • Tingkat 3: sobekan butuh dijahit karena mungkin melibatkan otot yang mengontrol anus.
  • Tingkat 4: sobekan sudah meluas ke jaringan lapisan anus.
Dokter akan menjahit robekan tersebut segera setelah bayi lahir.

Cara merawat jahitan setelah melahirkan

Merawat area jahitan dengan baik adalah bagian dari masa penyembuhan setelah melahirkan.Ini harus Anda lakukan untuk meminimalisasi risiko infeksi postpartum serta mengurangi rasa sakit.Biasanya, Anda tidak perlu kembali ke rumah sakit untuk melepas jahitan. Kasus komplikasi akibat jahitan juga tergolong jarang terjadi. Akan tetapi, Anda memang perlu merawatnya dengan hati-hati. Berikut adalah tips atau cara merawat luka jahitan setelah melahirkan normal agar cepat sembuh.

1. Kompres area jahitan

Dalam jangka waktu 24 jam setelah proses melahirkan, kompres area jahitan dengan menggunakan lap dingin atau kompres es khusus.Tujuannya adalah untuk meredakan rasa sakit, kemerahan, atau pembengkakan yang mungkin terjadi.Cara merawat area jahitan setelah melahirkan Ini bisa Anda lakukan dalam 1-2 jam sekali selama beberapa hari ke depan. Cukup kompres dalam waktu 5–10 menit.

2. Jaga kebersihan area vagina

Menjaga kebersihan area vagina adalah cara paling penting untuk merawat area jahitan setelah melahirkan. Setelah buang air kecil, usahakan membilasnya kembali dengan air hangat.Lalu, Anda bisa mengeringkannya dengan cara menepuk pelan. Hindari menyeka sisa air dengan kuat agar jahitan tidak tertarik atau lepas.

3. Pastikan luka jahitan tetap kering 

Selain menepuk pelan area perineum dengan lap, Anda juga bisa mencoba cara lain agar jahitan lebih cepat kering.Perhatikan penggunaan pakaian atau celana dalam Anda. Gunakan bahan yang tidak membuat area kewanitaan menjadi lembap. Tidak menggunakan celana terlalu ketat, ganti celana dalam tiap 4-6 jam 

4. Hindari penggunaan tampon

Masa nifas akan dialami oleh setiap ibu yang habis melahirkan. Ini adalah periode ketika tubuh membuang darah, sisa jaringan, serta lapisan rahim.Sebagai salah satu cara merawat luka setelah melahirkan, Anda tidak boleh menggunakan tampon. Untuk itu, sebaiknya gunakan pembalut khusus yang lebih terasa nyaman.

5. Mandi secara rutin

Mandi dengan rutin setiap hari akan membantu menjaga jahitan tetap bersih. Apalagi, jika Anda menggunakan air hangat karena bisa membantu meredakan rasa sakit serta pembengkakan.Tak hanya mandi, Anda juga bisa berendam dengan menggunakan air hangat. Apabila dokter memperbolehkan, tambahkan cairan antiseptik untuk merawat luka jahitan tersebut dan mencegah infeksi setelah melahirkan.Jangan lupa untuk memastikan bekas jahitan tetap kering setelah mandi.

6. Latihan panggul

Cobalah untuk melakukan latihan dasar panggul seperti senam Kegel apabila setelah melahirkan rasa sakit sudah mulai berkurang.Senam Kegel akan membantu meningkatkan aliran darah ke area vagina dapat yang mempercepat proses penyembuhan luka jahitan. Anda bisa melakukannya setiap hari.

7. Beristirahat

Selagi ada waktu lowong, beristirahatlah untuk mempercepat proses penyembuhan luka jahitan setelah melahirkanCara ini juga membantu mengembalikan energi dan stamina tubuh setelah persalinan. Jadi, sebaiknya sempatkanlah untuk istirahat dan tidur siang ketika ada waktu luang.

Ciri-ciri jahitan sudah kering

Waktu yang diperlukan agar jahitan area perineum kering dan benar-benar pulih bergantung pada tingkat robekan. Pemulihan dari robekan yang cukup parah mungkin akan memakan waktu lebih lama.Tentunya, pemulihan ini juga tergantung dari bagaimana Anda melakukan cara merawat luka setelah melahirkan.Anda biasanya akan melakukan pemeriksaan bekas jahitan dengan dokter setelah 4–6 minggu setelah melahirkan.Berikut adalah ciri-ciri jahitan sudah kering pasca melahirkan normal:
  • Muncul jaringan baru yang akan menutupi dan mengisi celah jahitan.
  • Nyeri berkurang
  • Jaringan baru terlihat merah atau mungkin sedikit berdarah.
  • Saat proses penyembuhan akanada bekas luka yang lama kelamaan memudar.
Apabila tidak tahan dengan rasa sakitnya, kemungkinan Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri. Segera hubungi dokter jika bekas jahitan terasa menyakitkan atau bau.Ingin tahu lebih banyak mengenai cara merawat luka setelah melahirkan? tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.
melahirkankehidupan pasca melahirkankehamilanpendarahan pasca melahirkanibu menyusui
Kid’s Health. https://kidshealth.org/en/parents/recovering-delivery.html. Diakses pada 30 September 2021Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/when-will-my-episiotomy-stitches-dissolve-2758693. Diakses pada 30 September 2021Baby Centre. https://www.babycenter.in/x1046169/how-should-i-take-care-of-my-stitches-after-a-vaginal-delivery. Diakses pada 30 September 2021Family Doctor. https://familydoctor.org/recovering-from-delivery/. Diakses pada 30 September 2021Royal College of Obstetricians & Gynaecologists. https://www.rcog.org.uk/en/patients/tears/perineal-wound-dehiscence/. Diakses pada 30 September 2021New Parent Support. https://www.nct.org.uk/labour-birth/after-your-baby-born/perineal-tears-recovery-and-care. Diakses pada 30 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait