Cara Merawat dan Menjaga Kuku Panjang supaya Tetap Kuat dan Sehat

0,0
10 Jul 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kuku panjang memerlukan perawatan ekstraKuku panjang perlu dirawat supaya tidak jadi sumber penyakit
Dari segi kesehatan, kuku pendek dan terpotong rapi lebih direkomendasikan. Pasalnya, kuku panjang memiliki lebih banyak risiko kesehatan karena memungkinkan adanya kotoran dan kuman berdiam diri di dalamnya. Namun, sebagian orang lebih memilih untuk memiliki kuku panjang karena alasan estetika.Tentu saja, memiliki kuku panjang atau pendek adalah pilihan setiap orang. Jika Anda ingin memiliki kuku panjang, sebaiknya lakukan cara merawat kuku panjang agar tidak kuning, terjaga kesehatannya, dan tidak rapuh.

Cara merawat kuku panjang agar tidak kuning

Memiliki kuku panjang memerlukan perawatan ekstra. Berikut adalah cara merawat kuku panjang agar tidak kuning sekaligus menjaga kesehatan dan kecantikannya.

1. Melakukan perawatan kuku rutin

Selalu bersihkan dan rawat kuku panjang secara rutin agar terjaga kesehatannya. Anda bisa melakukannya dengan cara membersihkan kuku yang panjang berikut ini.
  • Gosok bagian bawah kuku dengan sabun dan air (atau sikat kuku) setiap kali mencuci tangan.
  • Bersihkan alat perawatan kuku sebelum digunakan.
  • Hindari memotong kutikula (kulit di pangkal kuku) karena berfungsi sebagai penghalang untuk mencegah infeksi.
Anda juga dapat memijat kuku dengan krim kutikula setiap minggu dan mengikir kuku sebelum terjadi kerusakan. Selain itu, tidak ada salahnya untuk melakukan manicure secara rutin di salon supaya kuku yang panjang dan indah bisa dipertahankan.

2. Menjaga asupan makanan

Asupan makanan merupakan perawatan kuku yang paling utama. Dengan memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh, kuku dapat tetap terawat dan terjaga kesehatannya.
  • Makanlah buah-buahan, sayur-mayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air sebanyak 8 gelas setiap hari.
  • Konsumsi suplemen yang mengandung vitamin A, B-kompleks, C, D, dan E. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen kalsium, zinc, fosfor, serta asam lemak esensial.

3. Menghindari kerusakan kuku

Cara merawat kuku panjang agar tidak kuning selanjutnya adalah menghindari penyebab kerusakan kuku, seperti:
  • Penggunaan kuku secara kasar
  • Terlalu lama direndam dalam air
  • Terkena paparan bahan kimia dan pelarut yang keras
  • Menggunakan kuku untuk memetik, menggores, mencongkel, atau membuka sesuatu
  • Kebiasaan menggigit kuku.

4. Memilih cat kuku dan penghapus cat kuku yang berkualitas

Cat kuku sembarangan juga perlu dihindari sebagai cara merawat kuku panjang agar tidak kuning. Sebaiknya Anda hanya menggunakan cat kuku (kutek) yang berkualitas atau terbuat dari bahan alami yang tidak merusak.Selain itu, Anda juga perlu memilih penghapus cat kuku bebas aseton atau bahan kimia keras lainnya yang tidak berpotensi merusak kuku, jika ingin membersihkan cat kuku.

Cara memanjangkan kuku

Makanan yang mengandung folat
Brokoli mengandung asam folat yang baik untuk pertumbuhan kuku 
Memanjangkan kuku mungkin tidak mudah bagi sebagian orang, khususnya karena kuku rapuh atau mudah patah. Berikut adalah cara memanjangkan kuku agar tumbuh sehat, kuat, dan cantik.

1. Menggunakan minyak kutikula secara rutin

Cara memanjangkan kuku yang pertama adalah menjaganya tetap sehat dan terhidrasi. Gunakan minyak kutikula yang dapat menghidrasi kuku dan alas kuku supaya bisa tumbuh dengan sehat dan kuat.

2. Mengonsumsi biotin

Kuku yang rapuh dan rentan terkelupas merupakan salah satu gejala kekurangan biotin atau vitamin B7.Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi suplemen biotin sebanyak 2,5 mg per hari sehingga kuku tumbuh kuat dan sehat.Namun, sebelum mengonsumsi suplemen biotin, Anda baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

3. Menutrisi alas kuku

Cara memanjangkan kuku selanjutnya adalah mengonsumsi asam folat (vitamin B9). Alas kuku bergelombang atau bergerigi tidak hanya merusak tampilan, tapi juga dapat mengindikasikan kurangnya asupan vitamin B9.Asam folat dapat memperbaiki dan meningkatkan pertumbuhan sel kuku sehingga dapat meningkatkan kekuatan dan kesehatannya. Berbagai jenis makanan, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, merupakan sumber asam folat yang baik.

4. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang

Supaya kuku dapat tumbuh panjang dan sehat, selalu penuhi kebutuhan gizi Anda secara konsisten. Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang mudah didapat.Ada baiknya juga menambahkan makanan yang mendorong pertumbuhan bakteri baik, seperti yogurt, kefir, atau miso.

5. Memilih kikir kuku yang lembut

Anda juga perlu memilih jenis kikir kuku yang lembut supaya kuku tidak mudah patah. Jika Anda ingin mengikir kuku, mulailah dari tepi luar dan ke bagian tengah supaya hasilnya lebih maksimal.

6. Menggunakan perawatan keratin

Keratin adalah zat alami pada kuku yang dapat membuatnya fleksibel sehingga tidak mudah pecah. Anda bisa memanfaatkan perawatan keratin untuk menjaga kuku supaya tidak mudah rapuh.Itulah sejumlah cara merawat kuku panjang agar tidak kuning dan cara memanjangkan kuku yang sehat. Lakukan berbagai cara di atas secara rutin untuk menjaga kesehatan kuku Anda.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kuku
India Times. https://www.indiatimes.com/health/healthyliving/health-problems-associated-with-long-nails-242261.html
Diakses 28 Juni 2021
CDC. https://www.cdc.gov/healthywater/hygiene/hand/nail_hygiene.html
Diakses 28 Juni 2021
Skin Care Love to Know. https://skincare.lovetoknow.com/Long_Nails
Diakses 28 Juni 2021
Elle United Kingdom. https://www.elle.com/uk/beauty/nails/a19686863/how-to-make-your-nails-grow-longer-stronger/
Diakses 28 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait