logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Bayi & Menyusui

Ini Cara Merawat Bayi Prematur di Rumah yang Benar

open-summary

Bayi yang lahir prematur tetap perlu mendapatkan perawatan khusus setidaknya sampai usia 2 tahun untuk mengawali tumbuh kembangnya. Cara merawat bayi prematur adalah terus memberikan ASI sampai sering melakukan metode kanguru.


close-summary

4.88

(8)

12 Jan 2022

| Atifa Adlina

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

cara merawat bayi prematur bantu kurangi risiko gangguan serius

Cara merawat bayi prematur harus dilakukan untuk mengurangi risiko kesehatan

Table of Content

  • Mengapa bayi prematur perlu perawatan khusus?
  • Cara merawat bayi prematur di rumah
  • Catatan SehatQ

Orang tua perlu memahami bagaimana cara merawat bayi prematur yang tepat di rumah. Alasannya, pertumbuhan organ penting pada bayi prematur 8 bulan atau kurang seperti paru-paru, jantung, dan juga hati pada bayi prematur, belum berfungsi dengan sempurna.

Advertisement

Maka dari itu, perkembangan dan pertumbuhannya pun berbeda dengan bayi cukup bulan. Simak apa saja perawatan bayi prematur yang lengkap dalam artikel ini.

Mengapa bayi prematur perlu perawatan khusus?

no caption
Berat badan bayi prematur hanya berkisar 2 kg

Mengutip dari American Pregnancy Association, bayi prematur kemungkinan belum sepenuhnya siap beradaptasi di dunia luar. Pasalnya,  organ-organ tubuh bayi prematur, khususnya paru-paru, sistem pencernaan, dan kekebalan tubuhnya belum cukup matang untuk menjalankan fungsinya.

Hal ini kemudian yang menjadikan perkembangan bayi prematur sedikit lebih terlambat daripada bayi umumnya.

Karena itu pula, bayi prematur cenderung memiliki risiko masalah kesehatan yang lebih tinggi dibandingkan bayi lahir cukup bulan. Untuk itu, bayi prematur perlu mendapatkan perawatan khusus.

Baca Juga

  • Bayi 1 Bulan Sudah Mulai Melihat dan Mengepalkan Tangan, Apa Lagi Perkembangannya?
  • Bayi Kembung? Atasi dengan 9 Cara Aman dan Efektif
  • Bayi Jalan Jinjit, Apakah Ini Normal?

Cara merawat bayi prematur di rumah

Setelah dilahirkan, bayi prematur biasanya akan mendapat perawatan intensif di NICU jika ada masalah kesehatan, terutama pernapasan. Bayi prematur baru boleh dibawa pulang ke rumah saat usianya 36 minggu ke atas, atau ketika berat badannya mencapai standar yang ditentukan dokter.

Tim dokter tidak akan memulangkan bayi prematur sampai benar-benar yakin bahwa si kecil sudah siap pulang dan orangtua juga sudah siap untuk merawatnya.

Tentunya sebelum itu, tim dokter dan perawat juga akan memastikan orangtua dan keluarga memahami bagaimana cara merawat bayi prematur pasca pulang dari rumah sakit.

Termasuk dengan mengajarkan bagaimana menggunakan peralatan yang mungkin diperlukan.

Berikut adalah beberapa perawatan yang perlu orangtua ketahui.

1. Pahami kondisi bayi

no caption
Periksakan ke dokter anak terkait perawatan bayi yang lahir prematur

Sebelum merawat bayi prematur di rumah, cari tahu dan pahami bagaimana kondisi si kecil dengan dokter. Semakin banyak mendapatkan jawaban, Anda bisa pelan-pelan mampu menangani situasi.

Termasuk ketika Anda melihat perubahan pada kondisinya, segera konsultasikan ke dokter.

2. Terus berikan ASI

no caption
Cara merawat bayi yang lahir prematur dengan ASI agar cepat gemuk

Pemberian ASI eksklusif adalah salah satu cara merawat bayi prematur agar cepat gemuk dan sehat. Hal ini dibuktikan melalui jurnal Multidisciplinary Digital Publishing Institute Nutrients.

ASI mengandung antibodi yang dapat membantu melawan infeksi dan meningkatkan berat badan bayi prematur. Selain itu, panjang tubuh dan lingkar kepala pun juga tumbuh lebih pesat.

Apabila Anda kesulitan menyusuinya melalui payudara, Anda juga bisa melakukan cara menyusui bayi prematur dengan menggunakan botol atau cup feeder khusus.

Pastikan bayi menyusu 8-10 kali sehari. Usahakan agar jeda waktunya tidak lebih dari empat jam di untuk menghindari dehidrasi pada bayi prematur.

Tanyakan pula pada dokter tentang kebutuhan suplemen, vitamin tambahan, atau susu formula.

3. Lakukan metode kangguru

no caption
Skin-to-skin untuk merawat bayi prematur 

Perawatan metode kanguru (PMK) adalah cara merawat bayi prematur di rumah sebagai pengganti inkubator rumah sakit. Dengan metode ini, ibu dan bayi akan melakukan kontak kulit karena bayi diletakkan di dada dalam waktu yang lama.

Metode kanguru sebagai perawatan bayi prematur mampu menjaga suhu tubuh bayi menjadi lebih hangat, sehingga terhindar dari hipotermia.

Cara ini juga memudahkan pemberian ASI, melindungi dari infeksi, meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi, serta meningkatkan ikatan antara bayi dan orangtua.

Selain itu, metode kanguru juga membuat detak jantung bayi prematur menjadi lebih stabil.

4. Jadwalkan imunisasi

no caption
 Imunisasi bantu kuatkan kekebalan bayi prematur

Sebagai salah satu perawatan bayi prematur, orangtua juga harus menjadwalkan imunisasi agar si kecil terhindar dari berbagai infeksi ataupun masalah kesehatan yang mengintainya.

Imunisasi untuk bayi prematur dapat diberikan di waktu yang sama seperti bayi baru lahir cukup bulan. Sebagai contoh, berikan vaksin flu pada usia 6 bulan.

Konsultasikan mengenai waktu yang tepat pemberian vaksin dengan dokter.

5. Pastikan tidurnya cukup

no caption
Berikan tidur yang cukup sebagai perawatan untuk bayi prematur

Tak seperti bayi cukup bulan, kemungkinan bayi prematur belum bisa tidur selama 6-8 jam di malam hari. Perlu waktu 6-8 bulan sampai si kecil bisa tidur dalam waktu yang cukup.

Padahal, tidur dapat membantu sistem kekebalan tubuh bayi menjadi lebih kuat.

Selama masa transisi ini, biasakan si kecil rutin tidur siang dan malam untuk menumbuhkan kebiasaan tidur yang teratur. Saat waktu tidur, jaga agar suasana kamar setenang mungkin dengan pencahayaan temaram.

Tidurkan bayi dalam posisi terlentang. Jangan baringkan bayi tidur pada posisi tengkurap. Hal ini meningkatkan risiko bayi mengalami kematian mendadak (SIDS).

Anda diperbolehkan untuk membedong bayi prematur untuk membantu menenangkan dan membuatnya lebih nyaman. Namun, lebih berhati-hatilah saat ingin membedong bayi. Pertimbangkan untuk menyatukan kedua tangan ke depan dadanya.

6. Perhatikan pertumbuhannya

no caption
Bayi prematur memiliki berat badan lahir rendah

Pertumbuhan bayi prematur berbeda dengan bayi cukup bulan selama 2 tahun pertama kehidupannya. Ciri-ciri utamanya adalah tubuh yang lebih kecil.

Namun, biasanya bayi prematur dapat mengejar pertumbuhan bayi prematur bayi cukup bulan.

Hal ini berkaitan dengan kemajuan atau kemunduran yang terjadi pada kondisi bayi, seperti pendengaran, penglihatan, gerak, dan lainnya.

Anda dapat mencatat pertumbuhan dan perkembangannya, lalu konsultasikan pada dokter agar kondisinya terpantau dengan baik melalui grafik khusus bayi prematur.

7. Persiapkan MPASI

Sebagian besar dokter menyarankan untuk memberikan makanan padat pada bayi prematur pada 4-6 bulan setelah tanggal lahir bayi. Alasannya, perkembangannya tidak sama dengan bayi cukup bulan.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat bayi prematur agar cepat gemuk dan sehat adalah dengan menyiapkan MPASI lebih dini.

Berikan makanan dengan tekstur yang sangat halus terlebih dahulu karena kemampuan menelannya pun belum begitu baik.

8. Lakukan pemeriksaan mata

Ada beberapa kondisi yang mengakibatkan penglihatan bayi prematur terganggu. Salah satunya adalah mata juling atau strabismus.

Biasanya, masalah ini hilang dengan sendirinya saat bayi tumbuh dan berkembang dengan baik.

Lalu, ada juga gangguan lainnya seperti retinopati prematuritas (ROP). Agar perawatannya tepat, lakukan pemeriksaan secara rutin untuk mencegah kebutaan.

9. Periksa pendengaran

Perlu orangtua ketahui pula bahwa bayi prematur juga berisiko mengalami gangguan pendengaran daripada bayi cukup bulan.

Saat merasakan bahwa si kecil tidak mendengar Anda, coba membuat suara di belakang atau di samping bayi. Apabila ia tidak menoleh atau bereaksi, segera beritahu dokter.

10. Jauhkan dari orang sakit

Untuk menjaga kesehatan bayi prematur, batasi penyebaran virus dan kuman penyebab penyakit dari anggota keluarga yang sedang mengalami flu atau batuk.

Termasuk, hindari juga membawa bayi ke tempat umum dan ramai seperti mall. Tidak lupa, jauhkan bayi dari paparan polusi, seperti asap rokok maupun asap kendaraan.

Perawatan di rumah ini juga tentunya dibarengi bertemu dokter anak secara rutin, agar perkembangannya terpantau.

11. Jaga bayi tetap hangat

Bayi prematur tidak memiliki lemak pelindung, sehingga suhu tubuhnya cenderung lebih rendah meski berada pada suhu kamar normal.

Umumnya, bayi yang lahir secara prematur harus diletakkan di dalam inkubator agar tetap hangat. Namun, Anda juga bisa terus menjaga agar suhu tubuh bayi tetap hangat di rumah.

Sebagai contoh, dengan memakaikan baju tebal, memakaikan sarung tangan dan kaus kaki, serta menyesuaikan AC dengan suhu yang tidak terlalu dingin. 

Cara merawat bayi prematur lainnya agar tubuh tetap hangat adalah mendekapnya, agar suhu hangat dari tubuh Anda bisa berpindah kepadanya.

Catatan SehatQ

Perawatan bayi prematur agar ia cepat sehat dan gemuk memang penting.

Akan tetapi, perlu orangtua ingat juga, bahwa tumbuh kembang antar anak tidaklah sama. Hal ini pun berkaitan dengan stimulasi dan peran orangtua serta keluarga dalam merawat bayi prematur.

Selalu konsultasikan dengan dokter dan buatlah catatan mengenai perkembangan bayi prematur.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai cara merawat bayi prematur di rumah tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

merawat bayibayi prematurbayiperkembangan bayi

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved