logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Cara Meratakan Warna Kulit Wajah yang Belang Akibat Sinar Matahari

open-summary

Cara meratakan warna kulit wajah bisa dengan rutin mengoleskan pelembap dan sunscreen, eksfoliasi wajah, menggunakan produk pencerah kulit, menyamarkan dengan make up, hingga melakukan prosedur perawatan kulit. Anda juga bisa mengandalkan bahan alami di rumah sebagai cara menghilangkan belang di wajah.


close-summary

4 Des 2019

| Arif Putra

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Cara meratakan warna kulit wajah salah satunya mengoleskan pelembap

Oleskan pelembap secara rutin agar warna kulit wajah tampak merata

Table of Content

  • Cara meratakan warna kulit wajah belang 
  • Bahan alami menghilangkan belang di wajah
  • Catatan dari SehatQ

Wajah yang terpapar sinar matahari terlalu sering atau lama bisa menyebabkan warna kulit menjadi tidak merata. Kondisi yang dikenal dengan kulit belang ini tentu dapat mengganggu penampilan. Untuk itu, ada berbagai cara meratakan warna kulit wajah belang yang bisa dilakukan. 

Advertisement

Cara meratakan warna kulit wajah belang 

Berbagai faktor dapat menyebabkan kulit belang pada wajah, tangan, hingga kaki. Penyebab wajah belang dapat karena paparan sinar matahari secara berlebihan atau terlalu sering, usia, efek obat-obatan, hingga pengaruh hormon. 

Agar dapat tampil lebih percaya diri, tak ada salahnya mencoba berbagai cara menghilangkan belang di wajah akibat sinar matahari yang mudah diterapkan. 

Berikut adalah berbagai cara meratakan warna kulit wajah yang belang selengkapnya. 

1. Minum cukup air

Minum cukup air sebagai cara meratakan warna kulit wajah
Cukupi asupan cairan tubuh agar kulit tidak kering dan dehidrasi

Salah satu cara meratakan warna kulit wajah belang yang paling mudah adalah dengan minum cukup air. Sebab, kurangnya asupan cairan tubuh dapat menyebabkan kondisi dehidrasi.

Ketika mengalami dehidrasi, kulit Anda akan terasa kering, kasar, bersisik saat digaruk, bahkan memicu jerawat dan penuaan dini. 

Mengonsumsi air putih dengan cukup bisa menjadi langkah yang tepat sebagai cara menghilangkan belang di wajah sehingga kulit tetap dapat terhidrasi dengan baik. 

Umumnya, para ahli kesehatan menyarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari agar terhindar dari kulit kering dan dehidrasi.

2. Rutin oleskan pelembap

Penggunaan pelembap secara rutin sangat penting sebagai cara meratakan warna kulit wajah yang belang. 

Pelembap berfungsi untuk melembapkan dan menenangkan kulit sekaligus mengatasi kulit kering dan kemerahan. 

Pastikan Anda mengoleskan pelembap sesuai jenis kulit. Bagi pemilik kulit berminyak atau rentan berjerawat, coba pilih pelembap berlabel noncomedogenic untuk mencegah iritasi kulit dan penyumbatan pori-pori. 

Selain wajah, Anda juga perlu mengoleskan pelembap pada area tubuh lainnya, seperti tangan hingga kaki, guna mencegah munculnya bintik-bintik hitam akibat penuaan. 

Bila perlu, gunakan pelembap yang mengandung SPF untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) A dan B.

3. Gunakan sunscreen atau tabir surya

Cara meratakan warna kulit wajah dengan tabir surya
Oleskan sunscreen sebelum pergi ke luar rumah

Paparan sinar matahari merupakan penyebab utama warna kulit menjadi tidak merata. Untuk melindungi kulit wajah, Anda perlu menggunakan sunscreen tiap hari. 

Penggunaan sunscreen dapat melindungi kulit dari berbagai masalah, seperti keriput, bintik-bintik penuaan, hingga risiko kanker kulit

Gunakan tabir surya yang memiliki kandungan SPF minimal 30 sebelum beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, gunakan pula sunscreen yang mengandung perlindungan terhadap UVA dan UVB.

Jangan lupa untuk reapply sunscreen tiap 2 jam sekali, termasuk setelah berkeringat atau berenang. 

4. Eksfoliasi wajah

Eksfoliasi wajah menggunakan scrub juga menjadi cara menghilangkan belang di wajah. 

Eksfoliasi dengan scrub bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah atau produk perawatan kulit tertentu yang mengandung AHA/BHA

Langkah ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus mengembalikan warna kulit belang yang tidak merata atau kusam sehingga menjadi tampak lebih cerah.

Setelah melakukan eksfoliasi wajah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Misalnya, mengoleskan pelembap setelah eksfoliasi untuk mencegah kulit kering. 

Selain itu, Anda perlu menghindari paparan sinar matahari langsung saat kulit mengelupas. Pasalnya, kulit setelah dieksfoliasi cenderung lebih sensitif terhadap sinar matahari. 

Maka dari itu, Anda dianjurkan menggunakan sunscreen atau tabir surya SPF 30 setelah melakukan scrub.

5. Pakai produk pencerah kulit

Saat ini sudah banyak produk skincare untuk mencerahkan kulit yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan belang di wajah akibat sinar matahari. 

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa tidak semua kandungan skincare aman digunakan oleh kulit Anda. 

Cara meratakan warna kulit wajah dengan krim
Gunakan krim wajah mengandung vitamin C atau kojic acid

American Academy of Dermatology mengemukakan, ada beberapa kandungan bahan aktif yang direkomendasikan untuk mencerahkan kulit kusam dan belang, seperti: 

  • Vitamin C
  • Azelaic acid
  • Glycolic acid
  • Kojic acid
  • Retinoid, seperti retinol, tretinoin, atau tazarotene
  • Niacinamide 

Kandungan bahan aktif tersebut dapat mencerahkan warna kulit sekaligus menghambat produksi melanin. 

Untuk mendapatkan rekomendasi kandungan bahan aktif yang tepat, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.

6. Hindari konsumsi jenis makanan tertentu

Beberapa jenis makanan dapat memicu kulit kemerahan dan warna kulit tidak merata. Maka dari itu, Anda dapat menghindari konsumsi makanan di bawah ini sebagai cara meratakan warna kulit wajah dan leher. 

Makanan dan minuman yang sebaiknya dibatasi konsumsinya adalah sebagai berikut. 

  • Makanan pedas, karena dapat menyebabkan kulit wajah memerah.
  • Makanan tinggi gula, dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini.
  • Produk olahan susu, dapat memicu berbagai jenis iritasi kulit, termasuk timbulnya jerawat.
  • Makanan olahan.
  • Makanan yang mengandung lemak jenuh.
  • Minuman beralkohol, dapat menyebabkan pembuluh darah melebar dan memicu wajah memerah.

7. Gunakan produk make up

Penggunaan make up sebagai cara meratakan warna kulit wajah
Anda bisa menggunakan foundation atau concealer untuk meratakan warna kulit

Saat ini, teknik merias wajah sudah berkembang sangat luas. Berbagai peralatan dan produk make up bisa Anda manfaatkan untuk membuat warna kulit tampak lebih merata dan cerah. 

Adapun berbagai produk yang digunakan sebagai cara menghilangkan kulit belang di wajah dengan cepat, yakni:

  • Foundation atau alas bedak untuk meratakan warna kulit dengan tingkat coverage sedang hingga penuh. Pastikan Anda memilih foundation sesuai jenis dan warna kulit agar terhindar dari risiko munculnya masalah kulit baru.
  • Concealer, yaitu produk make up yang dirancang untuk menyamarkan noda hitam di wajah atau warna kulit wajah yang tidak merata. 
  • Tinted moisturizer, yakni produk make up untuk meningkatkan warna kulit yang kemerahan. Misalnya, akibat jerawat meradang yang memerah.

8. Lakukan prosedur perawatan kulit

Jika perawatan rumahan tak kunjung membuahkan hasil yang maksimal, Anda mungkin dapat mempertimbangkan cara menghilangkan belang di wajah melalui prosedur perawatan kulit dari dokter kulit. 

Beberapa prosedur perawatan kulit yang dapat membantu meratakan warna kulit wajah, antara lain:

  • Chemical peeling, yakni prosedur yang dilakukan dengan mengangkat lapisan kulit paling atas untuk mempercepat regenerasi sel kulit. Dengan demikian, warna kulit yang belang atau tidak merata bisa menjadi lebih cerah.
  • Mikrodermabrasi. Prosedur pengangkatan sel kulit mati menggunakan kristal-kristal halus dan vakum khusus. Prosedur ini bisa membantu mencerahkan, menghaluskan, serta meratakan warna kulit. 
  • Terapi laser. Prosedur perawatan untuk mengatasi masalah kulit akibat faktor usia, paparan sinar matahari, hingga perubahan hormon. Misalnya, hiperpigmentasi kulit

Untuk mengetahui prosedur meratakan warna kulit dan risiko efek samping yang mungkin terjadi, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit dulu.

Bahan alami menghilangkan belang di wajah

Selain melakukan cara alami dan sejumlah perawatan medis, Anda juga dapat mengandalkan bahan alami sebagai cara meratakan warna kulit wajah. 

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa sejumlah bahan alami di bawah ini mungkin masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efektivitasnya. 

Maka dari itu, Anda perlu menggunakannya secara hati-hati. Bila perlu, lakukan tes pada kulit terlebih dulu untuk mencegah risiko efek samping yang mungkin terjadi.

Berikut adalah cara menghilangkan belang di wajah akibat sinar matahari dengan bahan alami yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Air perasan lemon

Air perasan lemon dipercaya sebagai cara menghilangkan belang di wajah. Hal ini berkat kandungan asam sitrat pada lemon yang merupakan zat pencerah alami kulit sehingga mampu meratakan warna kulit seperti sedia kala. 

Anda bisa mengoleskan air perasan lemon pada permukaan wajah. Diamkan selama beberapa saat, kemudian bilas dengan air sampai bersih. 

Namun perlu diketahui, belum banyak hasil studi yang membuktikan manfaat lemon untuk wajah yang lebih cerah. 

Air perasan lemon sebagai cara menghilangkan belang di wajah
Air perasan lemon disebut bisa mencerahkan kulit

Alih-alih sebagai cara meratakan kulit wajah dengan mengangkat sel-sel kulit mati, langkah ini justru dapat mengiritasi kulit. 

Jenis buah citrus ini juga mengandung senyawa yang dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar UV. Akibatnya, kulit Anda bisa terbakar.

Bila muncul tanda-tanda reaksi alergi saat mengoleskan masker wajah alami ini, segera bilas kulit sampai bersih.

Jika Anda sedang mengalami luka di wajah, sebaiknya hindari penggunaan air perasan lemon ini. 

2. Madu

Cara menghilangkan belang di wajah dengan bahan alami bisa menggunakan madu. 

Madu merupakan zat pencerah alami kulit yang bekerja layaknya pelembap, serta sebagai zat antibakteri untuk mengurangi tampilan noda hitam bekas jerawat.

Untuk memperoleh manfaat madu untuk wajah tersebut, Anda dapat menggunakan madu manuka yang dipercaya memiliki zat antibakteri lebih banyak dibandingkan jenis madu lainnya. 

3. Oatmeal

masker oatmeal sebagai cara menghilangkan belang di wajah
Anda bisa mencampurkan oatmeal dan madu sebagai masker

Tahukah Anda jika oatmeal dapat digunakan sebagai bahan alami untuk meratakan warna kulit wajah? 

Oatmeal merupakan pencerah kulit alami yang fungsinya mirip dengan scrub sehingga mampu meningkatkan warna kulit dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati. 

Anda bisa mencampurkan oatmeal dan madu, kemudian mengaduknya sampai teksturnya menjadi pasta masker. 

Diamkan selama beberapa menit. Lalu, bilas wajah dengan air hingga bersih. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen bila Anda rutin mengoleskan masker oatmeal.

3. Susu 

Susu sudah lama dikenal dapat mencerahkan kulit karena kandungan asam laktat di dalamnya. Bahan alami ini bekerja dengan membuat kulit lebih cerah dan menyamarkan flek hitam hingga noda bekas jerawat. 

Susu juga dapat membuat kulit lebih halus sehingga baik bagi pemilik kulit kering dan mengelupas

Anda bisa memanfaatkan susu dengan mencelup kapas ke dalamnya. Setelah itu, gosok kapas tersebut pada area kulit wajah setiap dua kali sehari. Lakukan secara rutin.

Catatan dari SehatQ

Mengingat cara meratakan kulit wajah mungkin melibatkan senyawa kimia atau bahan alami, tak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

Selain melakukan berbagai cara menghilangkan belang di wajah, Anda juga perlu melakukan tindakan pencegahan agar kulit tidak belang tidak muncul di kemudian hari. 

Misalnya, selalu mengoleskan sunscreen atau tabir surya dengan minimal SPF 30 sebelum beraktivitas di luar rumah. 

Selain itu, kenakan pakaian lengan panjang atau topi saat beraktivitas di luar ruangan untuk memaksimalkan perlindungan dari paparan sinar matahari. 

Bila perlu, hindari melakukan aktivitas pada saat matahari sedang terik-teriknya, yakni pukul 10.00 pagi hingga 04.00 sore.

Baca Juga

  • Kenali Ciri-Ciri Skincare Cocok Digunakan Atau Tidak pada Kulit Anda
  • 6 Rekomendasi Cat Rambut Terbaik untuk Hasil Maksimal
  • Berbagai Fungsi Epidermis, Lapisan Terluar Kulit yang Melindungi Tubuh

Anda juga dapat bertanya dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara menghilangkan kulit belang di wajah melalui App Store dan Google Play

Advertisement

perawatan kulitkulit dan kecantikanpencerah kulitperawatan wajah

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved