Ini Cara Menyuburkan Kandungan atau Rahim agar Cepat Hamil, dari Alami hingga Medis

(0)
16 Jul 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menyuburkan rahim perlu dapat dilakukan secara alami maupun medisCara menyuburkan rahim bisa dilakukan dengan cara alami maupun medis
Cara menyuburkan kandungan agar cepat hamil bisa dilakukan dengan alami dan bantuan medis. Mengonsumsi makanan penyubur kandungan serta menerapkan gaya hidup sehat bisa membantu Anda agar cepat hamil sekaligus menjaga kesehatan reproduksi. Bagi Anda yang ingin memiliki momongan, menjaga kesuburan rahim merupakan hal utama yang perlu dilakukan. Beruntung, ada berbagai cara menyuburkan rahim atau kandungan yang bisa dicoba untuk wanita yang sulit hamil. Anda bisa memilih jalur medis maupun alami atau kombinasi keduanya. Untuk Anda yang memilih cara alami, menjalani gaya hidup sehat adalah kunci utama. Sementara itu secara medis, mengonsumsi multivitamin dan terapi obat dinilai cukup efektif untuk meningkatkan kesuburan kandungan.

Cara menyuburkan kandungan atau rahim secara alami

Berikut ini berbagai cara menyuburkan kandungan atau rahim yang alami, untuk Anda yang ingin segera dapat momongan.

1. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah

Terlalu banyak mengonsumsi daging merah membuat wanita dua kali lebih mungkin terkena fibroid rahim yang dapat ganggu kesuburan. Banyak makan sayur dan buah dapat menurunkan risiko terkena penyakit tersebut hingga 50%.Sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kol juga mengandung indole 3 carbinol yang baik untuk metabolisme estrogen yang merupakan hormon seks di dalam tubuh wanita, dan menyeimbangkannya. Konsumsilah sayur dan buah yang tinggi antioksidan untuk bantu mengurangi radikal bebas, mempertahankan kesehatan sel telur dan memengaruhi kondisi kesehatan reproduksi. 

2. Mengurangi konsumsi kafein

Konsumsi kafein berlebihan dapat memicu naiknya kadar estrogen di tubuh, sehingga Anda lebih berisiko terkena fibroid rahim. Tubuh wanita yang mengonsumsi 500 miligram atau 4-5 gelas kopi per hari akan memproduksi estrogen lebih banyak 70% dari yang seharusnya. Hal ini dapat mengganggu kesuburan rahim.

3. Rutin berolahraga

Bagi Anda yang merupakan pekerja kantoran atau menjalankan aktivitas lain yang mengharuskan duduk dalam jangka waktu yang lama, tingkatkanlah kegiatan fisik seperti berjalan kaki atau yoga.Duduk terlalu lama bisa mengganggu sirkulasi darah di area rahim, sehingga Anda perlu melakukan gerakan selingan untuk memperbaiki aliran darah.

4. Menghindari konsumsi lemak trans

Lemak sehat atau lemak tak jenuh yang bisa Anda dapatkan dari ikan atau alpukat, sangat penting bagi kesuburan. Namun sebaliknya, jika yang dikonsumsi adalah lemak trans, maka kesuburan Anda bisa terganggu.Mengonsumsi lemak tak sehat bisa tingkatkan risiko infertilitas hingga 31%. Beberapa penelitian pun sudah mengaitkan konsumsi lemak jenuh dengan gangguan kesuburan pada wanita.Lemak trans biasanya ada pada berbagai makanan yang digoreng, seperti makanan cepat saji.

5. Membatasi karbohidrat

Membatasi konsumsi karbohidrat dapat membantu meningkatkan kesuburan. Sebab jika dilakukan secara teratur, kadar insulin di tubuh akan menurun, membuat lemak menjadi lebih mudah luruh saat Anda berolahraga, sekaligus membuat menstruasi jadi lebih teratur.

6. Mengurangi stres

Stres dapat mengurangi kesuburan wanita. Sehingga, melakukan berbagai kegiatan yang bisa menenangkan pikiran bisa bermanfaat bagi kesuburan rahim Anda.

7. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok bisa mengganggu keseimbangan hormon dan membuat menopause terjadi lebih cepat dari seharusnya. Dengan berhenti merokok, Anda sudah meningkatkan kemungkinan untuk mencapai kehamilan.

8. Mencapai berat badan ideal

Memiliki berat badan berlebih atau jauh di bawah level ideal bisa membuat kesuburan terganggu. Sehingga, mencapai dan mempertahankan berat badan ideal yang sehat bisa jadi salah satu cara menyuburkan rahim yang efektif.Dikutip dari Eatright, berat badan yang ekstrem dapat mengubah kadar hormon dan mengganggu jadwal ovulasi. Bagi wanita yang dianggap kelebihan berat badan atau obesitas, penuruan berat badan dapat meningkatkan kesuburan. Di sisi lain, wanita dengan berat badan yang tergolong kurus, dengan indeks massa tubuh (BMI)  di bawah 18,5 mungkin akan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur atau berhenti ovulasi sama sekali. Untuk itu, cobalah untuk mencapai berat badan ideal yang sehat dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. 

9. Membatasi konsumsi alkohol dan minuman bersoda

Mengonsumsi alkohol berlebihan bisa berdampak buruk pada kesuburan. Sehingga jika ingin cepat dapat momongan, sebaiknya mulai batasi konsumsinya. Kurangi juga minuman bersoda yang mengandung bahan-bahan tidak sehat seperti gula berlebih, pemanis buatan hingga perasa minuman. Kadar gula dan semua kandungan tidak sehat dalam minuman tersebut akan merusak keseimbangan hormon. Jauhi semua minuman beralkohol dan bersoda untuk menjaga kesuburan rahim dan kandungan. 

10. Mengonsumsi air putih yang cukup

Salah satu penyebab rahim tidak subur karena adanya pengentalan darah yang menyebabkan sirkulasi arah tidak berjalan baik. Untuk itu, konsumsilah air putih yang cukup untuk bantu jaga metabolisme tubuh dan membuang racun untuk meningkatkan peredaran darah. 

11. Konsumsi Sumber Fitoestrogen

Fitoestrogen adalah senyawa alami yang biasa terkandung dalam lentil, buncis maupun kedelai. Senyawa ini menyerupai struktur hormon seks estrogen yang dapat membantu menurunkan efek masalah keseimbangan hormon. Namun, hindari mengonsumsi kedelai berlebihan karena bisa menyebabkan kerusakan sel telur untuk perempuan. 

12. Perbanyak konsumsi royal jelly

Royal jelly adalah salah satu bahan herbal yang telah dikenal mampu meningkatkan kualitas sel telur. Magnesium dan seng dalam royal jelly disebut mampu meningkatkan kesuburan serta gairah seksual. Royal jelly juga penting untuk menyeimbangkan hormon sehingga peluang untuk hamil menjadi lebih besar. 

Cara menyuburkan rahim secara medis

Jika cara menyuburkan kandungan atau rahim secara alami tidak juga membuahkan hasil, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan perawatan secara medis. Anda dapat datang ke dokter spesialis kandungan untuk berkonsultasi. Di sana, dokter akan memeriksa kondisi Anda secara keseluruhan.Untuk membantu meningkatkan kesuburan, dokter dapat meresepkan multivitamin atau suplemen yang baik untuk kesuburan rahim sekaligus mempersiapkan kehamilan.Suplemen yang diberikan biasanya mengandung asam folat maupun vitamin D. Asam folat baik untuk mempersiapkan rahim di awal kehamilan. Sementara itu, vitamin D dapat memicu terbentuknya hormon seks wanita yang diperlukan untuk meningkatkan kesuburan.Apabila usaha untuk meningkatkan kesuburan ini masih belum bisa memberikan momongan, maka Anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk melakukan langkah lain demi mencapai kehamilan. Saat ini, prosedur bayi tabung sudah cukup banyak dipilih untuk membantu pasangan yang kesulitan mendapatkan buah hati.Untuk bisa mencapai kehamilan, tentu tidak hanya wanita yang harus menjalani cara menyuburkan rahim. Pria atau pasangannya pun perlu melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan kualitas sperma maupun kesuburan kehamilan. Kehamilan hanya dapat tercapai apabila kualias sel telur dan sperma sama-sama baik.
perawatan kesuburanmeningkatkan kesuburanmasa suburtes kesuburan
The Fertility Institute. https://fertilityinstitute.com/5-ways-promote-healthy-uterus-increase-chances-fertility/
Diakses pada 2 Juli 2020
Healthline. https://fertilityinstitute.com/5-ways-promote-healthy-uterus-increase-chances-fertility/
Diakses pada 2 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324411
Diakses pada 2 Juli 2020
Flo Health. https://flo.health/how-to-increase-fertility
Diakses pada 2 Juli 2020
Eatright. https://www.eatright.org/health/pregnancy/fertility-and-reproduction/fertility-foods Diakses pada 13 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait