Cara Menyisir Rambut yang Benar untuk Cegah Rambut Rusak


Cara menyisir rambut yang benar perlu dilakukan setiap hari. Namun, bila dilakukan secara asal dan sembarangan, rambut bisa semakin kusut, bahkan memicu kerontokan rambut. Jadi, perhatikan sisir rambut yang digunakan dan jangan menyisir rambut dalam kondisi basah.

0,0
Cara menyisir rambut yang benar merupakan tahapan yang pentingCara menyisir rambut sebaiknya mulai dari tengah sampai ujung rambut untuk mengatasi rambut kusut
Cara menyisir rambut yang benar merupakan tahapan yang penting dan paling mudah dilakukan sebagai rangkaian perawatan rambut bagi pria dan wanita. Dengan demikian, tampilan rambut Anda akan terlihat rapi dan indah.Sebagai salah satu perawatan rambut sehari-hari, apakah sudah tepat cara menyisir rambut yang Anda lakukan selama ini? Ketahui uraian selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Bagaimana cara menyisir rambut yang benar?

Cara menyisir rambut yang benar perlu dilakukan setiap hari. Namun, bila dilakukan secara asal dan sembarangan, tampilan rambut bisa semakin kusut, bahkan memicu kerontokan rambut.Maka dari itu, ketahui cara menyisir rambut pria dan wanita untuk mencegah rambut rusak berikut ini.

1. Gunakan sisir rambut yang tepat

gunakan sisir rambut yang tepat sebagai cara menyisir rambut yang benar
Akibat menggunakan sisir yang salah, rambut bisa semakin kusut
Penggunaan sisir yang salah bisa memicu kerusakan rambut, termasuk rambut semakin kusut.Maka, salah satu cara menyisir rambut yang benar adalah menggunakan sisir rambut yang tepat. Anda bisa memilih sisir sesuai dengan jenis rambut.Misalnya, bila rambut lurus, gunakan sisir yang bergigi sempit. Sedangkan, bagi Anda yang punya rambut bergelombang, pakai sisir bergigi lebar. Jika Anda punya rambut panjang yang tebal, gunakan sisir jenis paddle brush untuk mencegah rambut kusut. 

2. Pakai leave-in conditioner

Apabila rambut Anda sedang dalam kondisi kusut, tak ada salahnya menggunakan leave-in conditioner terlebih dahulu sebagai cara menyisir rambut kusut yang benar.Langkah ini bertujuan untuk melumasi ujung-ujung rambut agar mencegahnya dari kerusakan saat disisir.

3. Perhatikan arah menyisir rambut

Cara menyisir rambut bisa perhatikan arah menyisir rambut
Sisir ujung-ujung rambut terlebih dulu untuk cegah rambut kusut
Cara menyisir rambut yang benar juga perlu memerhatikan arah menyisir rambut.Kebanyakan perempuan mungkin menyisir rambut dari akar sampai ujung-ujung rambut. Padahal, langkah ini justru bisa memicu rambut kusut, bahkan membuatnya rentan patah.Maka, cara menyisir rambut kusut sebaiknya dilakukan mulai dari tengah sampai bawah rambut untuk mengatasi rambut kusut yang umum terjadi pada ujung-ujung rambut.Jika sudah selesai, lanjutkan tahapan menyisir rambut mulai dari kulit kepala, kemudian sisir rambut sampai ujung rambut secara lembut dan perlahan.

4. Gunakan jari-jari tangan

Bagi pria dan wanita yang punya jenis rambut ikal, sebaiknya hindari menyisir rambut dalam kondisi kering.Cara menyisir rambut yang benar untuk rambut ikal adalah cukup gunakan jari-jari tangan Anda.

5. Jangan menyisir rambut saat basah

Cara menyisir rambut mulai dari ujungnya
Sisir rambut saat basah hanya saat menggunakan conditioner
Cara menyisir rambut yang benar disarankan saat rambut tidak dalam kondisi basah. Pasalnya, rambut yang basah cenderung lebih rentan patah atau rapuh, bila dilakukan secara terus-menerus.Anda boleh menyisir rambut ketika kondisi rambut keadaan setengah kering, yakni tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering, atau sekitar 80% hampir mengering.Lalu, gunakan jari-jari tangan untuk mengatasi rambut kusut sehingga mencegahnya dari kerusakan.Jika ingin menyisir rambut dalam kondisi basah, lakukan saat Anda tengah menggunakan kondisioner saat keramas, bukan setelah keramas.

6. Jangan menyisir rambut terlalu sering

American Academy of Dermatology menyatakan bahwa menyisir rambut terlalu sering, bahkan sampai 100 kali dalam sehari, ternyata tidak dianjurkan sebagai cara menyisir rambut yang benar.Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Dermatological Treatment pun membuktikan hal tersebut kepada 100 partisipan perempuan yang mempunyai masalah rambut rontok.Mereka dibagi dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok diberi frekuensi waktu yang berbeda untuk menyisir rambut.Setelah dilakukan 4 minggu, kelompok studi yang menyisir rambut lebih jarang ternyata mengalami kondisi kerontokan rambut yang semakin membaik.Itu artinya, terlalu sering menyisir rambut justru berpotensi membuat rambut semakin rontok.Oleh karena itu, cara menyisir rambut yang benar sebaiknya cukup 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari sebelum tidur.Langkah tersebut dapat membantu melumasi rambut dengan minyak alami yang berasal dari kulit kepala.Terlalu sering menyisir rambut dapat memicu kerusakan rambut, termasuk rambut patah.

Apa manfaat menyisir rambut dengan benar?

Cara menyisir rambut yang benar memang dapat mencegah rambut kusut. Namun, lebih dari itu, ada berbagai manfaat menyisir rambut yang bisa Anda rasakan bila dilakukan dengan benar, seperti:

1. Menjaga rambut agar tetap sehat dan tampak bersinar

Cara menyisir rambut yang benar ada manfaatnya
Rambut jadi sehat dan bersinar karena rutin menyisirnya
Salah satu manfaat menyisir rambut dengan benar ternyata mampu menjaga rambut agar tetap sehat dan tampak bersinar. Hal ini karena pada kulit kepala terdapat minyak alami.Jika Anda menyisir rambut dengan benar mulai dari kulit kepala sampai ujung rambut, minyak alami pada kulit kepala akan turun ke batang rambut.Kondisi itulah yang membuat rambut jadi tampak sehat dan tampak bersinar alami.

2. Menstimulasi kulit kepala

Menstimulasi kulit kepala juga jadi manfaat menyisir rambut lainnya. Pasalnya, proses menyisir rambut sama seperti memberi pijatan ringan pada kulit kepala Anda.Dengan ini, aliran darah pada kulit kepala akan menjadi lebih lancar dan merangsang pertumbuhan rambut.

3. Melepaskan rambut yang telah menua

Cara menyisir rambut yang benar perlu dilakukan
Menyisir rambut rutin bisa meluruhkan rambut yang menua
Rambut rontok sebanyak 50-100 helai tiap harinya merupakan kondisi yang normal.Jika ditambah dengan proses menyisir rambut yang benar, maka Anda sekaligus dapat membantu “meluruhkan” batang rambut yang sudah menua agar dapat berganti dengan helaian rambut baru.Bila Anda tidak rutin menyisir rambut, rambut jadi lebih mudah kusut serta adanya penumpukan minyak alami pada kulit kepala yang membuatnya jadi berminyak.

Catatan dari SehatQ

Cara menyisir rambut yang benar perlu dilakukan setiap hari, yakni tiap 2 kali sehari.Akan tetapi, jangan menyisir rambut dengan asal atau sembarangan karena bisa menyebabkan rambut kusut dan memicu rambut rontok.Jadi, pastikan Anda menerapkan cara menyisir rambut yang benar dengan langkah-langkah di atas agar manfaat yang didapat bisa maksimal.Jika rambut Anda tetap kusut, terlalu kering, rusak, atau mengalami kerontokan rambut walaupun sudah melakukan rangkaian perawatan rambut yang benar, segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mengetahui penyebab di baliknya.Masih punya pertanyaan seputar cara menyisir rambut kusut atau perawatan rambut lainnya? Tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, unduh aplikasinya sekarang melalui App Store dan Google Play.
rambut rontokkesehatan rambutpertumbuhan rambut kepalarambut kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/brushing-hair
Diakses pada 23 Juni 2021
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/hair-loss/insider/stop-damage
Diakses pada 23 Juni 2021
Journal of Dermatological Treatment. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09546630802512661?journalCode=ijdt20
Diakses pada 23 Juni 2021
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/how-to-brush-your-hair-without-damaging-it#benefits-of-brushing-your-hair
Diakses pada 23 Juni 2021
Glamour. https://www.glamour.com/story/hair-brushing-mistakes-youre-making
Diakses pada 23 Juni 2021
Healthy Women. https://www.healthywomen.org/content/article/hair-brushing-mistakes
Diakses pada 23 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait