6 Cara Menyimpan Telur di Kulkas agar Lebih Tahan Lama


Cara menyimpan telur di kulkas yang dilakukan dengan benar dapat menjaga kondisi telur hingga berbulan-bulan. Beberapa cara yang perlu Anda perhatikan, di antaranya hindari menyimpan telur di pintu kulkas dan menyimpan telur beserta kemasannya.

0,0
02 Oct 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menyimpan telur di kulkas dapat dilakukan dengan menyimpan beserta wadahnyaTelur sebaiknya disimpan di kulkas beserta wadahnya
Tahukah Anda kalau telur tidak boleh disimpan sembarangan? Kebanyakan orang umumnya menyimpan makanan ini di dalam rak kulkas supaya bisa tahan lebih lama. Namun, cara menyimpan telur di kulkas juga perlu dilakukan dengan benar.Pada dasarnya, telur yang disimpan pada suhu ruangan dapat menurun kualitasnya setelah beberapa hari sehingga perlu digunakan dalam 1-3 minggu, sedangkan telur yang disimpan ke dalam kulkas dapat mempertahankan kualitas dan kesegarannya, setidaknya dua kali lipat lebih lama.Meski demikian, meletakkan telur begitu saja di rak pintu kulkas bukanlah metode penyimpanan telur yang baik. Membuka kemasan telur dan menyimpannya begitu saja tanpa perlindungan dapat membuat makanan ini lebih mudah menyerap aroma tidak sedap di sekitarnya.

Cara menyimpan telur di kulkas dengan benar

Supaya telur yang Anda beli tetap awet dan dalam kondisi terbaik, berikut adalah beberapa cara menyimpan telur di kulkas dengan benar.

1. Hindari menyimpan telur di rak pintu kulkas

Cara menyimpan telur yang benar di kulkas bukanlah di rak pintunya, melainkan di bagian utama kulkas. Letakkan telur di rak tengah kulkas, idealnya di bagian belakang.Dengan demikian, telur berada di dalam suhu lingkungan kulkas yang konsisten. Pintu kulkas yang kerap dibuka tutup, rentan mengalami perubahan suhu yang dapat meningkatkan risiko kerusakan telur, mendorong pertumbuhan bakteri, dan merusak membran pelindung telur.

2. Telur tidak usah dicuci sebelum disimpan

Mencuci telur sebelum memasukkannya ke dalam kulkas tidak disarankan. Sebaliknya, cara menyimpan telur di kulkas yang benar adalah langsung memasukkan makanan ini beserta kemasannya (misalnya karton) tanpa perlu dicuci.Kulit telur memiliki lapisan alami yang dapat membuatnya tahan terhadap bakteri. Akan tetapi, lapisan ini dapat hilang jika telur dicuci terlebih dahulu. Jika Anda ingin mencuci telur, sebaiknya lakukan ketika ingin menggunakannya.

3. Simpan telur dengan kemasannya

Cara menyimpan telur agar awet berikutnya adalah menyimpan bersama kemasannya. Masukkan telur ke dalam lemari es bersama karton, kotak plastik, atau apa pun yang digunakan sebagai kemasannya.Kemasan telur di toko biasanya memiliki bentuk yang telah disesuaikan sehingga makanan ini lebih aman ketika disimpan.Hal ini juga berlaku untuk cara menyimpan telur tanpa kulkas. Selain itu, tidak jarang telur sudah dicuci dan disanitasi sebelum dijual sehingga menghilangkan lapisan pelindung. Maka dari itu, kemasan yang tertutup dapat menjadi perlindungan tambahan bagi telur.

4. Simpan telur dengan posisi terbalik di dalam kemasannya

Telur biasanya disimpan dengan posisi bagian runcing di atas dan bagian lebih besar di bawah. Cara menyimpan telur di kulkas yang benar adalah membaliknya, jadi bagian yang runcing letaknya di bawah.Cara ini dapat membantu menjaga kuning telur tetap berada di tengah sehingga dapat membantu makanan ini bertahan lebih lama di kulkas.

5. Hindari menggunakan kemasan telur berulang kali

Cara menyimpan telur agar awet di kulkas juga dapat dilakukan dengan mengganti kemasannya. Kemasan telur dari toko sebaiknya hanya digunakan satu kali saja.Penggantian ini bertujuan untuk mencegah pencemaran bakteri makanan pada telur. Anda juga perlu menghindari penggunaan kemasan telur bekas karena alasan yang sama.

6. Membekukan telur

Membekukan telur bisa jadi cara menyimpan telur agar awet lebih lama. Telur yang dibekukan dianggap mampu bertahan lebih dari 5 minggu. Menurut Food and Drug Administration (FDA) idealnya telur disimpan di bawah suhu <7° Celcius.Jika Anda memiliki sisa putih atau kuning telur saja, bagian ini hanya bisa disimpan satu atau dua hari di kulkas. Putih telurnya masih bisa dipakai hingga empat hari, sedangkan kuning telur atau telur yang sudah tercampur sedikit harus digunakan dalam dua hari.Menyimpan telur di kulkas merupakan cara terbaik untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri dan membuat telur tetap segar lebih lama dibanding menyimpannya pada suhu ruangan.. Di sisi lain, cara menyimpan telur tanpa kulkas mungkin memerlukan perhatian ekstra. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehattelur
Eggs. https://www.eggs.ca/eggs101/view/39/egg-storage-freshness-and-food-safety
Diakses 20 September 2021
The Spruce. https://www.thespruceeats.com/how-to-store-eggs-1389331
Diakses 20 September 2021
All Recipes. https://www.allrecipes.com/article/best-way-store-eggs/
Diakses 20 September 2021
The Boat Galley. https://theboatgalley.com/how-to-store-eggs-without-refrigeration/
Diakses 20 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/should-you-refrigerate-eggs
Diakses 20 September 2021
https://www.healthline.com/nutrition/how-long-do-eggs-last#TOC_TITLE_HDR_3
Diakses 20 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait