3 Opsi Cara Menyembuhkan Hamstring yang Dapat Anda Pilih

Cara menyembuh hamstring tergantung pada tingkat keparahan cedera yang dialami
Cedera hamstring ringan biasanya hanya memerlukan perawatan di rumah

Cedera hamstring merupakan cedera yang biasa dialami oleh atlet olahraga, seperti sepakbola atau atletik. Cedera ini dapat sembuh selama beberapa hari sampai berbulan-bulan, tergantung pada tingkat keparahan cedera yang dialami, kebutuhan, dan ekspektasi yang dimiliki.

Tingkat keparahan pada cedera hamstring dibagi menjadi tiga. Cedera hamstring tingkat 1 biasanya berupa tarikan atau ketegangan kecil pada otot. Pada tingkat ini, proses penyembuhan cedera hamstring biasanya hanya membutuhkan beberapa hari saja. Sementara itu, cedera hamstring tingkat 2 dan 3 umumnya berbentuk robekan pada otot. Kondisi ini membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama, yaitu sekitar beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Pada sebagian besar orang yang mengalami cedera hamstring, otot akan pulih sepenuhnya setelah melakukan rehabilitasi Namun, untuk kembali melakukan olahraga seperti sebelumnya, sebaiknya dilakukan setelah mendapat izin dari dokter. Seseorang yang pernah mengalami cedera otot hamstring akan memiliki risiko lebih besar untuk kembali mengalami cedera.

Cara Menyembuhkan Hamstring yang Cedera

1. Metode RICE (Rest, Ice, Compression, Elevate)

Perawatan sederhana dengan metode RICE terbukti efektif sebagai cara menyembuhkan hamstring pada sebagian besar orang. Perawatan tersebut meliputi empat langkah umum yang dilakukan pada setiap cedera otot, yaitu:

  • Beristirahat (Rest)

Cobalah untuk menghentikan aktivitas yang menyebabkan Anda cedera. Jika memaksakan untuk melakukan aktivitas, kondisi cedera yang dialami akan semakin buruk. Terkadang dokter akan menyarankan Anda menggunakan tongkat untuk menghindari pemberian beban berlebihan pada tungkai.

  • Es Batu (Ice)

Suhu dingin pada es batu dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi. Lakukannya dengan mengompres selama 20 menit setiap hari sebanyak 3-4 kali. Hindari untuk menyentuhkan es batu langsung ke kulit. Anda dapat menggunakan handuk untuk membungkus es batu sebelum ditempelkan pada kulit.

  • Kompresi (Compression)

Kompresi tungkai yang mengalami cedera bertujuan untuk mencegah terjadinya pembengkakan yang lebih berat dan kehilangan darah. Kompres dapat dilakukan dengan membalutkan perban elastis pada tungkai Anda. Saat membalut, jangan dengan membalut terlalu kuat karena dapat menghambat sirkulasi darah, atau terlalu longgar karena tidak akan menghasilkan efek apa pun.

  • Elevasi (Elevate)

Angkat tungkai Anda sekitar 30 cm sehingga berada pada posisi lebih tinggi dari jantung. Hal ini dapat membantu meredakan bengkak dan memperlancar sirkulasi darah.

2. Penggunaan Splint dan Terapi Fisik

Anda juga dapat melakukan imobilisasi sementara waktu dengan menggunakan splint lutut. Hal ini membantu mempertahankan tungkai dalam posisi netral sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan.

Setelah nyeri dan pembengkakan yang dialami membaik, Anda dapat mulai melakukan terapi fisik. Dalam terapi fisik, Anda akan memperoleh berbagai gerakan latihan yang bertujuan mengembalikan kekuatan otot dan ruang gerak dari sendi yang terpengaruh akibat cedera. Tahapan awal dilakukan untuk mengembalikan fleksibilitas otot, di antaranya dengan peregangan secukupnya.

Seiring proses penyembuhan, lakukan latihan bertahap untuk meningkatkan kekuatan otot. Untuk dapat kembali berolahraga, Anda perlu berkonsultasi kepada dokter untuk memastikan cedera yang Anda alami sudah pulih sepenuhnya dan aman untuk kembali beraktivitas. Hal ini penting untuk didiskusikan karena jika proses penyembuhan belum sempurna, Anda berisiko untuk mengalami cedera berikutnya yang lebih parah, bahkan dapat terjadi cedera permanen.

3. Operasi

Pada cedera hamstring tingkat 3, di mana terjadi robekan komplit, cara menyembuhkan hamstring dapat dilakukan dengan operasi untuk menyambungkan otot yang robek lewat jahitan. Operasi juga dilakukan apabila cedera hamstring yang terjadi diikuti dengan avulsi tendon. Setelah operasi, Anda tidak dapat segera menggunakan tungkai yang cedera. Jangan memberikan beban berat pada tungkai selama proses penyembuhan. Gunakan tongkat atau braces untuk menjaga otot hamstring dalam posisi rileks.

Proses penyembuhan otot hamstring dalam tingkat ini umumnya berlangsung selama 3-6 bulan, tergantung pada lokasi dan keparahan cedera yang dialami. Anda dapat kembali melakukan olahraga setelah diizinkan oleh dokter.

Artikel Terkait

Banner Telemed