Cara Menyelesaikan Pekerjaan yang Tidak Disukai Tanpa Menyebabkan Stres


Pekerjaan yang tidak disukai dapat menyebabkan stres. Untuk menyelesaikannya dengan baik, cobalah memikirkan apa yang bisa diperoleh dari melakukan pekerjaan tersebut, menerapkan teknik relaksasi saat stres, dan melakukan positive self-talk

0,0
Pekerjaan yang tidak disukai dapat menyebabkan stresRasa tidak suka pada pekerjaan tertentu dapat muncul karena tingginya tekanan yang diberikan oleh atasan
Sebagai seorang pekerja, kita seringkali dituntut untuk mengerjakan tugas yang sebenarnya tidak disukai. Akibatnya, pekerjaan yang diberikan seringkali memicu stres, dan berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental.
Namun, sebagai seorang profesional, pekerjaan yang diberikan tentu harus dikerjakan dengan baik, seoptimal mungkin. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan yang tidak disukai dengan baik agar terhindar dari stres.

Penyebab seseorang tidak menyukai pekerjaan tertentu

Sebelum membahas cara menyelesaikan pekerjaaan yang tidak disukai dengan baik, Anda perlu mengetahui faktor pemicunya. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda diharapkan dapat mengantisipasi munculnya stres jika menghadapi pekerjaan serupa di masa mendatang.Beberapa faktor yang bisa jadi penyebab seseorang tidak menyukai pekerjaan tertentu adalah sebagai berikut:

1. Tidak sesuai keahlian

Beberapa orang mungkin merasa tidak suka saat diminta untuk mengerjakan pekerjaan yang tak sesuai dengan keahlian mereka. Selain akan membuat mereka kesulitan untuk menyelesaikannya, kebanyakan dari mereka merasa diminta untuk mengerjakan tugas yang melenceng dari job desc-nya.Meski begitu, ada juga orang yang suka ketika diberikan tugas tidak sesuai keahliannya. Lewat tugas tersebut, mereka merasa ilmunya bisa lebih berkembang dari sebelumnya.

2. Tekanan yang tinggi dari atasan

Rasa tidak suka pada pekerjaan tertentu dapat muncul karena tingginya tekanan yang diberikan oleh atasan. Tekanan yang diterima tak hanya menguras energi secara fisik, melainkan juga emosional.

3. Kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan

Kesulitan dalam menyelesaikan tugas serupa yang pernah diberikan sebelumnya juga dapat memupuk rasa benci pada pekerjaan tertentu. Saat diminta mengerjakan tugas tersebut, mereka merasa tidak bisa mengendalikan keadaan dan memberikan segala sesuatunya secara optimal.

4. Apa yang didapat tidak sebanding dengan usaha

Tidak adanya penghargaan yang diterima saat berhasil menyelesaikan tugas tertentu dapat menimbulkan rasa benci. Mereka merasa, semua usaha yang telah dikeluarkan tidak dihargai. Jika diminta untuk kembali melakukan pekerjaan serupa, motivasi untuk menyelesaikannya pun akan ikut hilang.

Dampak mengerjakan pekerjaan yang tidak disukai bagi kesehatan

Melakukan pekerjaan yang tidak disukai tentu terasa sangat menyebalkan. Menurut penelitian berjudul “The Relationship Between Workplace Stressors and Mortality and Health Costs in the United States”, ditemukan bahwa melakukan pekerjaan yang tidak disukai dapat menyebabkan stres dan kekhawatiran.Kedua kondisi tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda, baik secara fisik maupun mental. Beberapa masalah kesehatan yang mungkin muncul, di antaranya:
  • Sakit kepala
  • Ketegangan otot
  • Tekanan darah tinggi
  • Kesulitan tidur atau insomnia
  • Depresi dan gangguan kecemasan
  • Gangguan pada sistem pencernaan
  • Penurunan atau peningkatan berat badan secara signifikan
Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas, segera berkonsultasi dengan dokter. Penanganan sedini mungkin dapat mencegah kondisi Anda bertambah parah.

Cara menyelesaikan pekerjaan yang tidak disukai dengan baik

Menyelesaikan pekerjaan yang tidak disukai mungkin menjadi mimpi buruk bagi Anda. Namun, sebagai seorang profesional, Anda harus menyelesaikannya sebaik mungkin. Berikut sejumlah tips yang mungkin dapat membantu meringankan pekerjaan Anda:
  • Pikirkan apa yang bisa diperoleh

Ketika Anda merasa malas saat mengerjakan pekerjaan yang tidak disukai, pikirkan apa saja manfaat yang bisa didapat dari melakukannya. Jika ada hadiah atau penghargaan yang dapat diperoleh, jadikan sebagai motivasi untuk menyelesaikannya. Apabila tidak, pikirkan bahwa pekerjaan tersebut bisa menambah ilmu dan pengalaman Anda.
  • Menerapkan teknik relaksasi

Jika pekerjaan yang tidak disukai mulai menyebabkan stres, cobalah menerapkan teknik relaksasi. Anda dapat meredakan stres dengan meditasi, yoga, atau teknik pernapasan dalam, sebelum kemudian menyelesaikan kembali tugas tersebut.
  • Lakukan positive self-talk

Untuk menggantikan pikiran negatif di kepala ketika mengerjakan pekerjaan yang tidak disukai, lakukan positive self-talk. Bertanyalah kepada diri sendiri soal alasan mengapa Anda tidak menyukai pekerjaan tersebut. Terkadang, pola pikir yang kurang tepat dapat berpengaruh terhadap cara Anda memandang pekerjaan tersebut.

Catatan dari SehatQ

Pekerjaan yang tidak disukai dapat menyebabkan stres. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa berkembang menjadi sejumlah masalah kesehatan seperti insomnia, tekanan darah tinggi, hingga depresi.Untuk menyelesaikan pekerjaan yang tidak disukai dengan baik, cobalah untuk memikirkan apa yang bisa diperoleh, menerapkan teknik relaksasi, dan melakukan positive self-talk. Segeralah berkonsultasi dengan dokter apabila kondisi fisik dan mental Anda mulai terpengaruh oleh stres.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda dapat bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
streslembur
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/how-to-cope-with-a-job-you-hate-3144557
Diakses pada 23 Oktober 2021
Psych Central. https://psychcentral.com/blog/what-to-do-when-you-hate-your-job#health-impact
Diakses pada 23 Oktober 2021
Stanford Business. https://www.gsb.stanford.edu/faculty-research/publications/relationship-between-workplace-stressors-mortality-health-costs-united
Diakses pada 23 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait