logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

11 Cara Menyeimbangkan Hormon Secara Alami, Sudahkah Anda Lakukan?

open-summary

Ada banyak cara menyeimbangkan hormon tubuh yang berantakan. Salah satu cara yang baik untuk mengatasi hormon tidak seimbang adalah dengan makan telur.


close-summary

3.52

(48)

13 Nov 2019

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Aktivitas fisik seperti berolahraga adalah cara menyeimbangkan hormon yang baik

Olahraga teratur dapat membantu menyeimbangkan hormon

Table of Content

  • Cara menyeimbangkan hormon secara alami
  • Apa akibatnya jika hormon tidak seimbang?

Hormon adalah pembawa pesan kimiawi yang mengendalikan banyak hal, mulai dari mood, rasa lapar, berat badan, gairah seksual, dan banyak lagi. Maka itu, kadar hormon yang tidak seimbang akan berimbas pada kesehatan tubuh. Penting bagi kita semua untuk menjaga keseimbangan hormon dan memahami bagaimana cara mengatasi hormon tidak seimbang dalam tubuh mereka. Nah untungnya, cara menyeimbangkan hormon bisa dilakukan dengan alami.

Advertisement

Baca Juga

  • Tips Tingkatkan Sikap Pantang Menyerah yang Efektif
  • Apakah Cara Bernapas Anda Sudah Benar?
  • Apa Saja Manfaat Memanah untuk Kesehatan Anda?

Cara menyeimbangkan hormon secara alami

Idealnya, sistem endokrin akan memproduksi hormon sesuai dengan kebutuhan tubuh seseorang. Kadar hormon bisa menjadi tidak seimbang ketika seseorang tidak menjalani gaya hidup sehat, menua, atau penyakit lainnya.

Kunci dari cara menyeimbangkan hormon secara alami adalah kembali menjalani gaya hidup yang sehat. Berikut ini beberapa caranya:

1. Konsumsi cukup protein

makan protein adalah cara menyeimbangkan hormon tubuh
Protein membantu menyeimbangkan hormon pemicu lapar

Mengonsumsi cukup protein sangat penting untuk memastikan kebutuhan asam amino terpenuhi. Apalagi tubuh tidak bisa memproduksi asam amino sendiri. Maka, asupan protein harus terpenuhi lewat makanan untuk menjaga kesehatan otot, tulang, dan kulit.

Tak hanya itu. Protein juga berpengaruh terhadap kinerja hormon yang mengendalikan rasa lapar dan keinginan untuk makan. Ketika seseorang mengonsumsi cukup protein, maka hormon rasa lapar, yaitu ghrelin, akan berkurang dan Anda akan merasa kenyang lebih lama.

2. Rutin berolahraga

Aktivitas fisik seperti berolahraga juga sangat berpengaruh untuk menyeimbangkan hormon tubuh. Salah satunya adalah mengurangi level insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin. Fungsi hormon insulin adalah mengatur energi dan menjaga kesehatan otot.

Memulai olahraga atau aktivitas fisik rutin adalah salah satu cara alami untuk menyeimbangkan kadar hormon tubuh. Pilih jenis olahraga yang paling Anda sukai dan sesuai dengan kemampuan tubuh agar Anda bisa berkomitmen menjalaninya.

Rutin berolahraga juga baik untuk meningkatkan produksi hormon yang rentan berkurang seiring dengan bertambahnya usia, seperti testosteron, IGF-1, DHEA, dan hormon pertumbuhan.

3. Hindari makanan yang mengandung gula dan karbohidrat olahan

Menghindari gula dan karbohidrat olahan dapat mencegah seseorang mengalami obesitas dan diabetes. Tak hanya itu, fungsi hormon dalam tubuh seseorang juga bisa lebih optimal dengan menghindari makanan tersebut.

Guna mencukupi kebutuhan karbohidrat harian, Anda bisa memilih karbohidrat kompleks untuk mengganti asupan karbohidrat olahan. 

4. Kelola stres

Stres memang merupakan hal wajar yang kerap dirasakan oleh kebanyakan orang setiap harinya. Namun, agar stres tak menyebabkan penyakit dan gangguan berkelanjutan, Anda perlu memahami bagaimana cara mengelolanya.

Dua hormon yang paling terpengaruh dengan stres adalah kortisol dan adrenalin. Gaya hidup yang serba cepat ditambah tuntutan pekerjaan yang tinggi dapat memicu produksi hormon ini secara berlebih.

Jika berlebihan, stres kronis dapat menyebabkan hormon kortisol meningkat dan membuat seseorang banyak mengonsumsi kalori dan berakhir pada obesitas.

Tak hanya itu, tekanan darah tinggi dan jantung juga bisa menjadi risikonya.

5. Makan sewajarnya

membatasi porsi makan adalah cara mengatasi hormon yang tidak seimbang
Makan sewajarnya mengatasi hormon insulin yang tidak seimbang

Makan secukupnya menjadi cara menyeimbangkan hormon yang tak kalah penting. Makan terlalu banyak dapat meningkatkan kadar hormon insulin dan risiko obesitas.

Di sisi lain, makan terlalu sedikit juga meningkatkan produksi hormon stres, yaitu kortisol. Konsekuensinya sama, mulai dari bertambahnya tumpukan lemak di perut hingga obesitas.

6. Minum teh hijau

Rasanya teh hijau selalu masuk dalam daftar makanan yang menyehatkan tubuh, termasuk dalam daftar cara menyeimbangkan hormon.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau dianggap baik untuk menurunkan kadar insulin baik pada orang sehat maupun penderita diabetes.

7. Usahakan tidur cukup dan nyenyak

Terlepas dari seberapa bernutrisinya makanan yang Anda konsumsi, kualitas tidur juga tak kalah penting.

Ketika Anda mengalami sulit tidur atau susah tidur nyenyak, hormon insulin, kortisol, leptin, ghrelin, dan hormon pertumbuhan dalam tubuhnya menjadi tidak seimbang.

Jadi, temukan cara agar Anda bisa tidur nyenyak dan hormon kembali seimbang. Pastikan kualitas tidurnya juga baik, bukan hanya kuantitasnya. Otak perlu tidur yang berkualitas untuk bisa melewati tahapan tidur dengan tuntas sehingga menghasilkan hormon pertumbuhan.

8. Minuman manis

no caption

Minuman manis dapat mengganggu keseimbangan hormon

Lagi-lagi gula menjadi musuh besar keseimbangan hormon dalam tubuh manusia, termasuk minuman manis.

Gula berlebihan dapat menyebabkan kadar insulin melejit dan tumpukan lemak di perut semakin banyak.

Lebih jauh lagi, minuman manis tidak membuat perut kenyang. Akibatnya, tubuh masih meminta asupan kalori dan berisiko terjadinya obesitas. Kembali ke air mineral bisa jadi alternatif terbaik untuk membantu menjaga keseimbangan hormon Anda.

9. Konsumsi telur

Rupanya, mengonsumsi telur juga bisa jadi cara menyeimbangkan hormon yang lezat sekaligus mudah. Nutrisi dalam telur berpengaruh terhadap hormon yang mengatur rasa lapar dan insulin.

Menurut penelitian, manfaat terbaik dapat diperoleh ketika seseorang mengonsumsi putih dan kuning telurnya sekaligus. Artinya, telur bisa jadi menu sarapan sehat untuk diet yang mudah diolah.

10. Konsumsi lemak sehat

Lemak sehat, seperti kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun, dan minyak kelapa dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan nafsu makan.

Lemak sehat juga membantu memicu pelepasan hormon yang membantu Anda merasa lebih kenyang. Hal ini bertujuan agar Anda tak makan berlebih yang bisa memiliki efek samping berupa risiko obesitas.

11. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi

Cara menyeimbangkan hormon yang tak boleh luput dari perhatian ialah makanan berserat tinggi.

Sebuah studi membuktikan, dengan mengonsumsi makanan yang berserat tinggi, tubuh dapat memproduksi hormon yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, makanan yang mengandung serat tinggi juga bisa meningkatkan sensitivitas insulin.

Apa akibatnya jika hormon tidak seimbang?

Ketidakseimbangan hormon biasanya terkait dengan banyak kondisi kesehatan kronis alias jangka panjang.

Adanya ketidakseimbangan hormon yang tidak mendapat perawatan yang tepat dapat menjadi pemicu seseorang berisiko tekena kondisi medis yang serius, termasuk:

  • Diabetes
  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol 
  • Jantung
  • Kegemukan
  • Kerusakan ginjal
  • Mengalami depresi dan kecemasan
  • Kanker endometrium
  • Kanker payudara
  • Osteoporosis
  • Infertilitas
  • Disfungsi seksual
  • Gondok

Sangat penting mengetahui cara menyeimbangkan hormon guna memastikan hormon dalam tubuh seimbang. Jika Anda mengalami ketidakseimbangan hormon, risiko terjadinya penyakit kronis seperti yang telah disebutkan di atas menjadi tak terhindarkan.

Memang sangat wajar ketika hormon tak lagi seimbang seiring dengan bertambahnya usia. Oleh karenanya, penting untuk memahami bagaimana cara mengatasi hormon tidak seimbang dan mulailah menjalani gaya hidup sehat.

Advertisement

hormon tiroidhormon kortisolhormonpola hidup sehat

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved