Aktivitas fisik seperti berolahraga juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan hormon seseorang
Olahraga teratur dapat membantu menyeimbangkan hormon

Hormon adalah pembawa pesan kimiawi yang berperan besar dalam mengendalikan banyak hal, mulai dari mood, rasa lapar, berat badan, gairah seksual, dan banyak lagi. Jika hormon tidak seimbang, kesehatan pasti terimbas dampaknya. Untungnya, ada cara menyimbangkan hormon secara alami.

Idealnya, kelenjar endokrin akan memproduksi hormon sesuai dengan kebutuhan tubuh seseorang. Hormon bisa menjadi tidak seimbang ketika seseorang menjalani gaya hidup kurang sehat, menua, atau penyakit lainnya.

Cara menyeimbangkan hormon secara alami

Kunci dari cara menyeimbangkan hormon secara alami adalah kembali menjalani gaya hidup yang sehat. Berikut ini beberapa caranya:

Protein membantu mengendalikan hormon rasa lapar

1. Konsumsi cukup protein

Mengonsumsi cukup protein sangat penting untuk memastikan kebutuhan asam amino terpenuhi. Apalagi, tubuh tidak bisa memproduksi asam amino sendiri dan harus terpenuhi lewat makanan untuk menjaga kesehatan otot, tulang, dan kulit.

Tak hanya itu, protein juga berpengaruh terhadap kinerja hormon yang mengendalikan rasa lapar dan keinginan untuk makan. Ketika seseorang mengonsumsi cukup protein, maka hormon rasa lapar yaitu ghrelin akan berkurang dan justru seseorang akan merasa kenyang lebih lama.

2. Rutin berolahraga

Aktivitas fisik seperti berolahraga juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan hormon seseorang. Salah satunya adalah mengurangi level insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin. Fungsi hormon insulin adalah mengatur energi dan menjaga kesehatan otot.

Temukan jenis olahraga atau aktivitas fisik yang Anda sukai. Pilih yang paling sesuai sehingga Anda bisa berkomitmen menjalaninya.

Rutin berolahraga juga meningkatkan produksi hormon yang rentan berkurang seiring dengan bertambahnya usia seperti testosteron, IGF-1, DHEA, dan hormon pertumbuhan.

3. Hindari gula dan karbohidrat olahan

Menghindari gula dan makanan karbohidrat olahan dapat mencegah seseorang mengalami obesitas dan diabetes. Tak hanya itu, fungsi hormon dalam tubuh seseorang juga bisa lebih optimal dengan menghindari makanan tersebut.

4. Kelola stres

Wajar jika stres kerap terjadi setiap harinya, entah apapun pemicunya. Dua hormon yang paling terpengaruh dengan stres adalah kortisol dan adrenalin. Gaya hidup yang serba cepat ditambah tuntutan pekerjaan yang tinggi dapat memicu produksi hormon ini secara berlebih.

Jika berlebihan, stres kronis dapat menyebabkan hormon kortisol meningkat dan membuat seseorang banyak mengonsumsi kalori dan berakhir pada obesitas. Tak hanya itu, tekanan darah tinggi dan jantung juga bisa menjadi risikonya.

Makan terlalu banyak akan meningkatkan hormon insulin

5. Makan sewajarnya

Makan secukupnya menjadi cara menyeimbangkan hormon yang tak kalah penting. Makan terlalu banyak dapat meningkatkan hormon insulin dan risiko obesitas.

Di sisi lain, makan terlalu sedikit juga meningkatkan produksi hormon stres yaitu kortisol. Konsekuensinya sama, mulai dari bertambahnya tumpukan lemak di perut hingga obesitas.

6. Minum teh hijau

Rasanya teh hijau selalu masuk dalam daftar makanan yang menyehatkan tubuh, termasuk dalam daftar cara menyeimbangkan hormon. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau dapat menurunkan kadar insulin baik pada orang sehat maupun penderita diabetes.

7. Jaga kualitas tidur

Terlepas dari seberapa bernutrisinya makanan yang Anda konsumsi, kualitas tidur juga tak kalah penting. Ketika seseorang memiliki kualitas tidur yang buruk, maka hormon dalam tubuhnya menjadi tidak seimbang. Contohnya adalah hormon insulin, kortisol, leptin, ghrelin, dan hormon pertumbuhan.

Jadi, temukan cara mengatasi susah tidur yang tepat bagi Anda dan pastikan kualitas tidurnya juga baik, bukan hanya kuantitasnya. Otak perlu tidur yang berkualitas untuk bisa melewati tahapan tidur dengan tuntas sehingga menghasilkan hormon pertumbuhan.

Minuman manis dapat mengganggu keseimbangan hormon

8. Minuman manis

Lagi-lagi gula menjadi musuh besar keseimbangan hormon dalam tubuh manusia, termasuk minuman manis yang menyebabkan kadar insulin melejit dan tumpukan lemak di perut semakin banyak.

Lebih jauh lagi, minuman manis tidak membuat perut kenyang. Akibatnya, tubuh masih meminta asupan kalori dan berisiko terjadinya obesitas. Kembali ke air mineral bisa jadi alternatif terbaik untuk menjaga keseimbangan hormon Anda.

9. Konsumsi telur

Rupanya, mengonsumsi telur juga bisa jadi cara menyeimbangkan hormon yang lezat sekaligus mudah. Nutrisi dalam telur berpengaruh terhadap hormon yang mengatur rasa lapar dan insulin.

Menurut penelitian, manfaat terbaik dapat diperoleh ketika seseorang mengonsumsi putih dan kuning telurnya sekaligus. Artinya, telur bisa jadi menu sarapan sehat untuk diet yang mudah diolah.

Sangat penting memastikan hormon dalam tubuh seimbang. Jika tidak seimbang, risiko terjadinya penyakit jantung, obesitas, diabetes, dan penyakit lainnya bisa tak terhindarkan.

Memang sangat wajar ketika hormon tak lagi seimbang seiring dengan bertambahnya usia. Meski demikian, masih ada satu hal yang ada dalam kendali Anda: menjalani gaya hidup sehat. Sekarang pertanyaannya, mau atau tidak?

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/balance-hormones#section13
Diakses 8 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/hormonal-imbalance
Diakses 8 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324031.php
Diakses 8 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed