Cara Menyambung Tangan Putus Akibat Kecelakaan


Tangan putus yang disebabkan karena kecelakaan bisa disambung dengan operasi. Namun penyambungan ini hanya untuk beberapa kondisi saja.

0,0
22 Sep 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Tangan putus yang disebabkan karena kecelakaan bisa disambung dengan operasiPertolongan pertama saat tangan putus menentukan keberhasilan operasi
Salah satu cara untuk menyambung kembali tangan putus adalah operasi. Biasanya tangan putus disebabkan oleh kecelakaan yang parah sehingga memisahkan tangan sampai ke tulang-tulangnya. Namun apakah tangan putus bisa disambung kembali dan menjalankan fungsinya dengan baik seperti sedia kala?

Pertolongan pertama saat tangan putus

Meskipun tangan yang putus bisa disambung dengan operasi, akan tetapi pertolongan pertama sangat penting dalam menentukan keberhasilan operasi. Ketika jari atau tangan terpotong, bagian yang terputus harus dibungkus dengan kain lembap, bukan basah atau terendam air. Handuk yang lembap dan bersih adalah cara terbaik untuk membungkus bagian yang terpotong. Setelah dibungkus handuk, masukkan dalam plastik bersih atau wadah steril dan ditempatkan dalam es. Jari atau tangan putus tidak boleh bersentuhan langsung dengan es. Gunakan es batu karena dry ice dapat merusak jaringan jari yang terputus secara permanen. Setelah bagian terputus diselamatkan, sangat penting untuk mencari pertolongan medis sesegera mungkin. Jika tidak, kemungkinan besar tulang tidak sembuh dengan benar sehingga memengaruhi pemulihan bagian yang patah. Jika Anda mengalaminya, aktivitas Anda sehari-hari pun akan terganggu dan kemungkinan besar membutuhkan terapi.

Kondisi tangan putus yang tak bisa disambung

Ada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan operasi penyambungan tangan dilakukan. Kondisi tersebut adalah:
  • Jari hancur atau terkontaminasi

Biasanya jari hancur atau terkontaminasi mengalami banyak kerusakan jaringan sehingga pemasangan kembali tidak bisa dilakukan.
  • Jari yang terpotong di ujung

Jari yang terputus di ujung tak bisa disambung kembali. Memasang kembali ujung jari dapat menyebabkan lebih banyak masalah daripada membiarkannya sembuh dengan sendirinya.
  • Putus hanya satu jari

Tujuan dari operasi adalah mengembalikan fungsi jari tangan. Jika hanya satu jari terpotong lalu disambungkan hanya akan menghalangi genggaman dari jari-jari lainnya. Apalagi jika bagian yang terpotong adalah telunjuk dan jari kelingking.
  • Jari putus hingga pangkal

Penyambungan di pangkal jari lebih dulit dilakukan daripada di tengah jari. Selain itu, saraf lebih susah untuk pulih dan berfungsi normal.Pada beberapa kasus jari putus yang tidak bisa disambungkan kembali, dokter akan membersihkan dan menutup ujung jari yang terpotong. Tindakan ini disebut sebagai amputasi revisi. Pada sebagain kasus, amputasi revisi dapat memberikan pemulihan yang lebih cepat dan optimal dibandingkan tindakan penyambungan jari.

Kondisi jari yang bisa disambung kembali

Ada beberapa situasi yang memungkinkan jari disambung kembali, yaitu:
  • Jari anak-anak yang terputus

Anak-anak lebih mungkin untuk sembuh dan memiliki fungsi jari yang normal. Oleh karena itu, dilakukan berbagai cara untuk menyambungkan kembali jari putus pada pasien yang masih muda.
  • Putusnya jempol dan beberapa jari

Tujuan operasi adalah mengembalikan kemampuan tangan untuk menggenggam. Hal ini paling baik dilakukan dengan jempol dan minimal dua buah jari. Oleh karena itu jika beberapa jari terputus, maka dilakukan upaya ekstra untuk menyambung jari yang terputus.

Masa pemulihan setelah operasi

Masa pemulihan merupakan fase penting bagi pasien. Biasanya pasien harus menghindari rokok karena menyebabkan berkurangnya aliran darah ke bagian yang disambung. Selain itu, Anda harus mempertahankan posisi bagian yang disambung agar berada di atas jantung untuk meningkatkan sirkulasi. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi pemulihan adalah:
  • Usia. Pasien yang berusia lebih muda memiliki kesempatan lebih baik untuk tumbuhnya saraf dan mengembalikan sensasi serta gerakan di bagian yang disambung kembali.
  • Lokasi cedera. Lokasi cedera yang lebih jauh ke bawah lengan maka akan semakin mudah untuk sembuh.
  • Pasien tanpa cedera sendi. Pasien yang mengalami cedera sendi akan lebih sulit sembuh daripada yang tidak mengalaminya.
  • Bagian terpotong dengan rapi biasanya lebih mudah sembuh dan mengembalikan fungsi tangan atau jari.
Setelah operasi dan pemulihan, kemungkinan Anda membutuhkan rehabilitasi. Hal ini dilakukan untuk menjaga persendian agar tidak kaku, membantu menjaga otot tetap bergerak, dan membantu meminimalkan jaringan parut.Jika Anda salah satu pasien amputasi, prosthesis atau alat yang dapat menggantikan bagian tubuh yang hilang dapat digunakan untuk membantu pemulihan.Selain terapi fisik, pemulihan emosi juga dibutuhkan karena kehilangan anggota tubuh memengaruhi kehidupan emosional. Kaget, sedih, marah, kecewa, trauma, dan tidak percaya mungkin Anda rasakan. Bicarakan apa pun yang Anda rasakan kepada dokter untuk membantu kondisi Anda hingga benar-benar pulih.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang warna urine ibu hamil tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakit tanganoperasicedera jaripatah tulang
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/broken-hand/symptoms-causes/syc-20450240
Diakses pada 25 Agustus 2021.
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/finger-amputation-2549401#citation-4
Diakses pada 25 Agustus 2021.
American Society for Surgery of The Hand. https://www.assh.org/handcare/condition/hand-arm-finger-replantation
Diakses pada 25 Agustus 2021.
Massachusetts General Hospital. https://www.massgeneral.org/orthopaedics/hand
Diakses pada 25 Agustus 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait