4 Cara Menyalurkan Rasa Rindu Tanpa Harus Bertemu

(0)
02 Jul 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ada beberapa cara untuk mengobati rindu atau merindukan seseorang di era pandemi iniSeorang wanita sedang murung
Menyalurkan rasa rindu kepada keluarga, teman, atau pasangan biasanya identik dengan pertemuan fisik. Namun di masa pandemi Covid-19, hal tersebut menjadi sulit terlaksana karena masih banyaknya batasan yang harus Anda patuhi, sekalipun beberapa wilayah sudah memasuki masa normal baru alias new normal.Dari sisi kesehatan mental, perasaan rindu bisa muncul ketika Anda merasa kesepian sehingga butuh melakukan suatu hal yang dapat mengusir rasa sepi tersebut. Di masa pandemi ini, Anda bisa merasa kesepian karena terlalu lama terputus dari dunia sosial selama berbulan-bulan.Namun, rindu juga bisa muncul sekalipun Anda berada di tengah keramaian karena orang yang di sekitar tidak memiliki arti yang signifikan bagi hidup Anda. Perasaan rindu ini hanya bisa hilang ketika Anda melakukan hal yang berhubungan dengan orang yang Anda rindukan tersebut.

Apa saja yang dapat Anda lakukan ketika merindukan seseorang?

Tidak dapat menyalurkan rasa rindu secara fisik karena pandemi memang kurang menyenangkan bagi sebagian orang. Namun setidaknya, teknologi memungkinkan kita untuk mengobati rindu kepada seseorang dengan berbagai cara.Jika Anda tengah merindukan seseorang, namun tidak bisa bertemu karena pandemi, berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk menebus perasaan tersebut:
  • Video call

Banyak sekali aplikasi gratis yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan video call melalui telepon genggam hingga laptop. Mulai dari video call yang sifatnya personal (berdua), berkelompok, hingga keluarga besar pun bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.Untuk menambah perasaan nyata dari tatap muka virtual yang Anda lakukan, cobalah untuk tampil senatural mungkin. Anda juga dapat melakukan hal-hal yang biasa dilakukan bersama ketika bertemu, misalnya ngopi atau makan siang bareng.
  • Menelepon

Menelepon seseorang saat rindu juga bisa menjadi pilihan ketika Anda juga butuh privasi saat mendengar suara orang yang terkasih. Lagi-lagi, Anda bisa memanfaatkan aplikasi gratis untuk melakukan panggilan atau menelepon dengan pesawat telepon seperti dahulu untuk sekaligus membangkitkan kenangan.
  • Menulis surat

Menyalurkan rindu lewat surat memang terlihat usang dan ketinggalan zaman. Namun bagi sebagian orang, sensasi yang dirasakan ketika menerima surat dari orang terkasih bisa lebih menyenangkan dibanding menerima telepon atau video call.Pastikan Anda menjaga kebersihan saat menulis, misalnya menggunakan hand sanitizer sebelum memegang pena. Jangan lupa untuk mengenakan masker saat Anda akan berangkat ke kantor pos atau jasa ekspedisi pengiriman surat dan mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir setelah kembali dari luar rumah.
  • Nonton dan main game bareng

Rindu menonton film di bioskop bareng teman? Anda bisa mencoba aktivitas nonton bareng lewat aplikasi tatap muka sambil menyaksikan film tertentu dari kamar masing-masing. Jangan lupa camilannya, ya.Konsep yang sama juga bisa Anda terapkan dengan bermain game online bareng. Anda bisa berteriak, tertawa, dan seru-seruan bersama teman-teman seolah berada di ruangan yang sama.

Menyalurkan rasa rindu tanpa komunikasi

Kadang kala, rasa rindu tidak bisa tersalurkan karena banyak hal, misalnya orangtua yang tinggal di pedalaman yang susah dijangkau sinyal telepon atau bahkan sudah meninggal dunia. Ketika komunikasi langsung tidak memungkinkan, tetap ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menyalurkan rasa rindu, misalnya:
  • Mendengarkan musik

Cobalah membuat playlist lagu-lagu kenangan Anda dan orang yang Anda rindukan. Mendengarkan lagu yang membangkitkan memori baik dapat meningkatkan mood sekaligus membuat Anda lebih rileks.
  • Menyibukkan diri

Terlibat dalam banyak kegiatan akan menyita waktu dan pikiran Anda sehingga rasa rindu tidak terlalu sering muncul. Anda bisa ikut dalam kegiatan sosial atau mendaftarkan diri dalam berbagai les untuk menambah skill di kala pandemi.Jika semua cara menyalurkan rindu tersebut tidak juga berhasil, tidak ada salahnya mencari bantuan pihak profesional seperti konselor psikologi. Para ahli akan mendengarkan suara hati Anda secara objektif dan bila perlu mencari solusinya bersama-sama.
menjalin hubungan
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/intense-emotions-and-strong-feelings/201108/loneliness-has-purpose
Diakses pada 17 Juni 2020
University of Portsmouth Students’ Union. https://www.upsu.net/articles/lifestyle/2020-03-26-keeping-in-touch-in-quarantine
Diakses pada 17 Juni 2020
Australian National University. https://www.anu.edu.au/students/health-safety-wellbeing/mental-health/battling-homesickness
Diakses pada 17 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait