6 Cara Menurunkan Leukosit Tinggi yang Dapat Anda Lakukan

Cara menurunkan leukosit dapat dilakukan dengan bergantung pada penyebabnya
Kadar leukosit tinggi dapat diturunkan berdasarkan penyebabnya

Jumlah sel darah putih (leukosit) di dalam tubuh memang tidak sebanyak sel darah merah, tapi peran mereka sangat penting dalam memerangi kuman yang masuk ke dalam tubuh. Ketika jumlah leukosit tinggi, maka Anda dikatakan berada dalam status leukositosis.

Leukositosis merupakan sinyal tubuh yang menandakan bahwa sel darah putih sedang memerangi penyakit, mulai dari peradangan, infeksi, hingga kanker (leukemia).

Akan tetapi, tidak jarang juga leukositosis hanya menandakan Anda butuh lebih banyak istirahat karena stres secara fisik maupun emosi juga dapat meningkatkan jumlah sel darah putih di dalam tubuh Anda.

Oleh karena itulah, leukosit tinggi tidak membutuhkan pengobatan apa pun. Tetapi jika penyebab leukositosis adalah penyakit serius seperti leukemia atau kanker lain, maka terdapat cara menurunkan leukosit yang dapat Anda lakukan.

Kapan seseorang divonis memiliki leukosit tinggi?

Seseorang hanya bisa dikatakan memiliki leukosit tinggi lewat hasil pemeriksaan darah di laboratorium. Menurut University of Rochester Medical Center (UMRC), standar leukosit normal dalam tubuh seseorang bervariasi, yakni:

  • Bayi baru lahir: 9.000-30.000 leukosit per mikroliter darah.
  • Anak-anak di bawah 2 tahun: 6,200-17.000 leukosit per mikroliter darah.
  • Anak-anak di atas 2 tahun hingga dewasa: 5.000-10.000 leukosit per mikroliter darah.

Ada juga laboratorium yang menggunakan satuan mililiter darah atau mm3. Namun, satuan itu sebetulnya sama saja. Jika Anda adalah wanita hamil, jangan kaget bila Anda divonis memiliki leukosit tinggi karena jumlah sel darah putih pada ibu hamil memang akan meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan.

Di trimester terakhir kehamilan, jumlah leukosit Anda masih dikatakan normal bila berada pada kisaran 5.800-13.200 mikroliter darah. Setelah melahirkan, leukosit Anda juga masih akan tinggi (sekitar 12.700 per mikroliter darah) selama beberapa waktu.

Jumlah leukosit tinggi biasanya ditemukan ketika dokter Anda mencurigai adanya penyakit tertentu dalam tubuh sehingga ia meminta Anda untuk melakukan tes darah.

Selalu konsultasikan hasil tes darah Anda dengan dokter untuk mengetahui apakah memang ada penyakit serius yang menyebabkan kenaikan jumlah sel darah putih di dalam tubuh Anda.

Dokter bisa saja meminta Anda melakukan tes lain sebagai follow up. Namun, Anda juga bisa direkomendasikan untuk melakukan beberapa cara menurunkan leukosit, mulai dari terapi stres hingga melakukan kemoterapi.

Bagaimana cara menurunkan leukosit?

Cara menurunkan leukosit sebetulnya tergantung dari penyakit atau faktor lain yang menyebabkan naiknya kadar sel darah putih itu sendiri. Beberapa cara medis yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  • Istirahat atau mengikuti terapi untuk meredakan rasa cemas dan stres bila perlu.
  • Meminum antibiotik jika leukositosis disebabkan oleh infeksi bakteri.
  • Meredakan peradangan jika itu yang menyebabkan leukosit tinggi.
  • Meminum antihistamin jika ada reaksi alergi.
  • Melakukan kemoterapi, terapi radiasi, atau transplantasi stem cell jika Anda menderita leukemia.
  • Mengganti obat-obatan jika pengobatan sebelumnya tidak berhasil atau menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan.

Ada kalanya leukosit tinggi menandakan kondisi yang lebih serius, seperti hyperviscosity syndrome. Sindrom ini terjadi ketika aliran darah menjadi lebih kental dan mampet karena adanya penumpukan sel darah, termasuk sel darah putih.

Hyperviscosity syndrome ditandai dengan sakit kepala, sering kejang, dan kulit yang berwarna kemerahan. Penyakit ini juga bisa muncul berbarengan dengan penyakit lain, seperti penyakit autoimun (arthritis reumatoid maupun lupus) dan kanker darah (limfoma maupun leukemia).

Cara menurunkan leukosit pada penderita hyperviscosity syndrome hanyalah dengan memasukkan cairan obat melalui pembuluh vena (diinfus), obat-obatan tertentu, dan metode lain. Tujuannya adalah mengurangi kekentalan darah sehingga darah dapat mengalir secara normal.

Apakah leukosit tinggi bisa dicegah?

Anda bisa mencegah leukosit tinggi dengan meminimalisir terjadinya penyebab naiknya jumlah sel darah putih itu sendiri. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar jumlah leukosit tidak naik, yakni:

  • Menjaga pola hidup sehat, salah satunya dengan mencuci tangan dengan sabun untuk mencegah terjadinya infeksi di dalam tubuh.
  • Jika Anda memiliki alergi, jauhi alergen tersebut.
  • Berhenti merokok karena kandungan dalam rokok juga dapat mengakibatkan leukosit tinggi serta meningkatkan risiko Anda terkena kanker.
  • Jangan lupa minum obat sesuai resep dokter jika Anda tengah menderita sakit tertentu.
  • Jauhi stres dan bila perlu cari bantuan (misalnya ikut terapi) bila Anda mengalami cemas atau stres berlebihan.

Dengan menerapkan berbagai cara di atas, Anda dapat meminimalisir risiko naiknya kadar leukosit dalam tubuh.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/315133.php
Diakses pada 2 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/leukocytosis
Diakses pada 2 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/wbc-count
Diakses pada 2 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/hyperviscosity-newborn
Diakses pada 2 Desember 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/symptoms/high-white-blood-cell-count/basics/when-to-see-doctor/sym-20050611
Diakses pada 2 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed