Mengonsumsi ikan dapat dijadikan cara menurunkan gula darah secara alami
Selain obat, bahan alami juga bisa digunakan sebagai cara menurunkan gula darah.

Sebagai salah satu penyakit yang paling sering diderita di dunia, langkah pencegahan diabetes memang gencar digalakkan. Selain dengan konsumsi obat, cara menurunkan gula darah yang alami, ternyata juga cukup efektif untuk menjauhkan Anda dari risiko komplikasi diabetes.

Untuk mengontrol gula darah, kuncinya memang adalah menjalani gaya hidup sehat. Olahraga dan konsumsi makanan yang bergizi seimbang, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari cara alami untuk menurunkan gula darah.

[[artikel-terkait]]

Cara menurunkan gula darah yang bisa Anda lakukan sendiri

Bagi Anda dengan gula darah tinggi, ada beberapa cara alami yang bisa dicoba untuk menurunkannya, seperti:

cek gula darah

1. Rutin memantau kadar gula darah

Kadar gula darah yang tinggi umumnya tidak akan menimbulkan gejala hingga nilainya diatas 200 mg/dL. Sehingga, memantaunya beberapa kali sehari bisa menjadi salah satu cara menurunkan gula darah yang efektif. 

Dengan begitu, ketika gula darah sudah mulai naik, Anda akan segera menyadarinya dan langsung melakukan cara untuk menurunkan kadarnya.

2. Cukupi kebutuhan cairan

Mencukupi kebutuhan cairan, bisa membantu Anda menjaga kadar gula darah. Minum air bisa membantu ginjal membuang kelebihan gula yang terpendam di dalamnya, melalui urin.

Air juga dapat membantu sirkulasi darah, menurunkan kadar gula darah, dan mengurangi risiko terkena diabetes. Perlu diingat, cairan yang paling baik untuk memenuhi kebutuhan harian adalah air  dan minuman lain tanpa gula.

3. Perbanyak makan serat

Serat akan membantu memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula di tubuh. Makanan yang termasuk tinggi serat, di antaranya:

• Sayur
• Buah
• Kacang-kacangan
• Gandum

olahraga teratur

4. Olahraga teratur

Berolahraga secara teratur adalah salah satu cara menurunkan gula darah yang utama. Dengan begitu, usaha Anda untuk menurunkan berat badan bisa lebih mudah tercapai. Olahraga juga dapat meningkatkan fungsi hormon insulin di tubuh. Sehingga, sel-sel di tubuh dapat memanfaatkan gula yang terdapat di dalam aliran darah, dengan lebih efektif.

Tidak sampai disitu, olahraga pun dapat membantu otot untuk menggunakan gula dalam darah sebagai sumber energi. Jenis aktivitas yang baik untuk menurunkan gula darah di antaranya bersepeda, lari, jalan, angkat beban, dan berenang.

5. Batasi makanan karbohidrat

Secara alami, tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gula. Kemudian, insulin akan membawa gula ke dalam sel. Saat Anda terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, proses tersebut akan terganggu, sehingga kadar gula darah akan meningkat.

6. Konsumsi ikan

Ikan tidak mengandung karbohidrat sama sekali. Sehingga, kandungan gulanya pun nihil. Sehingga, mengonsumsi ikan setidaknya dua kali seminggu, dianggap sebagai salah satu cara menurunkan gula darah yang alami.

Selain diabetes, ikan jenis salmon, tuna, dan makarel juga kaya akan asam omega tiga, yang mampu mencegah penyakit jantung. Jangan mengonsumsi ikan yang diolah dengan cara digoreng, atau mengandung banyak kandungan merkuri.

Tidur yang cukup perlu untuk turunkan gula darah
Istirahat yang cukup bisa bantu turunkan gula darah

7. Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup dapat membantu mengurangi jumlah gula di dalam darah. Kadar gula darah, umumnya akan meningkat saat pagi hari. Lalu, dengan bantual insulin alami di tubuh, kadar tersebut akan kembali turun secara perlahan.

Jika Anda kurang tidur, efeknya akan sama dengan resistensi insulin, dimana insulin di tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini membuat orang yang kurang tidur kadar gula darahnya dapat meningkat cukup banyak.

8. Tambah frekuensi makan

Pengaturan pola makan adalah langkah utama dalam usaha menurunkan kadar gula darah. Selain memilah menu yang baik untuk turunkan gula darah, Anda juga harus memperhatikan frekuensi makan Anda dalam satu hati. 

Salah satu cara menurunkan gula darah yang paling efektif adalah dengan menyebar waktu makan Anda. Jangan hanya makan satu kali sehari, tapi dalam porsi besar. Anda justru lebih disarankan untuk makan 5 kali sehari namun dibagi dalam porsi yang lebih kecil. Tentu, menu makanan yang dikonsumsi pun harus dipilih yang sehat dan sesuai dengan tingkat gula darah di tubuh.

9. Redakan stres 

Terakhir, meredakan stres juga bisa dilakukan sebagai salah satu cara menurunkan gula darah secara alami. Mengapa bisa begitu? Sebab, saat stres, tubuh akan menyimpan lebih banyak energi agar sewaktu-waktu bisa langsung digunakan oleh sel saat dibutuhkan. Cadangan energi tersebut, disimpan dalam bentuk lemak dan glukosa.

Pada pengidap diabetes, sel tidak dapat menggunakan cadangan energi ini. Sehingga, glukosa tetap tersimpan di dalam darah, mengakibatkan kadar gula darah semakin tinggi. Untuk redakan stres, Anda bisa mencoba untuk mempelajari teknik relaksasi, tai chi, atau yoga

10. Memilih makanan yang rendah indeks glikemik

Risiko diabetes tentu saja sangat tinggi pada orang yang tidak mengontrol kadar gula darah dengan baik. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Jika Anda memiliki gula darah yang tinggi, maka untuk menurunkan gula darah tersebut sebaiknya mengonsumsi makanan yang memiliki indek glikemik rendah.

Ini telah terbukti mengurangi kadar gula darah dalam jangka panjang pada penderita diabetes tipe-1 dan tipe-2. Adapun makanan yang memiliki indeks glikemik rendah, yaitu makanan laut, daging, telur, gandum, kacang-kacangan, ubi jalar, jagung, buah-buahan, dan sayuran non-tepung. Semua asupan tersebut sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan gula darah Anda.

Pentingnya mengikuti cara menurunkan gula darah

Menjaga kadar gula darah, dapat menurunkan risiko komplikasi penderita diabetes. Jika kadar gula darah terus dibiarkan tinggi, maka berbagai risiko komplikasi bisa terjadi, seperti:

  • Gangguan penglihatan hingga kebutaan
  • Luka diabetes, hingga harus diamputasi
  • Gagal ginjal
  • Serangan jantung dan stroke
  • Rusaknya pembuluh darah perifer
  • Rusaknya sistem saraf

Untuk menghindari komplikasi di atas, jagalah kadar gula darah puasa pada nilai 100 mg/dL, dan 180 mg/dL sesudah makan.

Meski telah mengetahui cara menurunkan gula darah secara alami seperti di atas, Anda juga tetap harus rutin menjalani pemeriksaan kesehatan ke dokter. Pada kondisi tertentu, gaya hidup yang sehat belum cukup untuk menurunkan gula darah hingga ke nilai normal, dan perlu tambahan obat yang diberikan oleh dokter.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/15-ways-to-lower-blood-sugar
Diakses pada 19 Juni 2019

Medical News Today. https://www.healthline.com/nutrition/15-ways-to-lower-blood-sugar
Diakses pada 19 Juni 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/in-depth/diabetes-diet/art-20044295
Diakses pada 19 Juni 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320738.php
Diakses apa 19 Juni 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/diabetes/9-tips-lower-blood-sugar-naturally/
Diakses pada 12 Februari 2020

Artikel Terkait