Cara Menurunkan Gula Darah Saja Tidak Cukup untuk Penderita Diabetes

Menjaga pola makan tidak hanya berfungsi sebagai cara menurunkan gula darah, tetapi juga sebagai cara untuk meningkatkan kualitas hidup penderita diabetes.
Salah satu cara menurunkan gula darah adalah meningkatkan kualitas hidup dengan menjaga pola makan.

Cara menurunkan gula darah adalah hal yang paling utama untuk penderita diabetes. Namun, dibalik semua itu, ada juga yang tak kalah pentingnya, yaitu meningkatkan kualitas hidup dari penderita diabetes.

Cara menurunkan gula darah harus diiringi dengan peningkatan kualitas hidup dari penderita diabetes. Kedua hal ini erat kaitannya karena mengetahui cara menurunkan gula darah yang tepat bisa meningkatkan kualitas hidup penderita diabetes.

[[artikel-terkait]]

Cara menurunkan gula darah harus didukung dengan peningkatan kualitas hidup penderita diabetes

Diabetes tidak hanya berdampak secara fisik tetapi juga mental. Penyakit ini dapat memicu kecemasan dan stres pada penderitanya.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 menyatakan hal tersebut serta menekankan bahwa penanganan terhadap kesehatan mental penderita diabetes diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Berdasarkan penelitian pada tahun 2017, kualitas hidup pada pasien diabetes akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya komplikasi yang muncul akibat diabetes yang dialami. Cara menurunkan gula darah tidak hanya menjadi satu-satunya hal yang diperlukan.

Salah satu cara meningkatkan kualitas hidup yang bisa dilakukan adalah dengan mengatasi komplikasi-komplikasi yang terjadi akibat penyakit diabetes yang dialami. Hal ini terbukti dari penelitian lain di tahun yang sama.

Penelitian tersebut menggunakan vitamin D sebagai cara untuk mengatasi kerusakan saraf  yang terjadi di kaki penderita diabetes yang mampu memicu ulkus dekubitus. Penanganan kerusakan saraf meningkatkan kualitas hidup penderita diabetes.

Apakah ada cara lain untuk meningkatkan kualitas hidup penderita diabetes?

Beberapa cara meningkatkan kualitas hidup penderita sebenarnya secara tidak langsung juga bisa digunakan sebagai cara menurunkan gula darah.

  • Pola makan sehat

Pola makan sehat adalah salah satu cara menurunkan gula darah dan meningkatkan kualitas hidup. Pola makan sehat yang bisa diterapkan oleh penderita diabetes adalah konsumsi makanan rendah karbohidrat.

Diet rendah karbohidrat pada penderita diabetes tidak hanya meningkatkan kesehatan penderita, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

  • Menjaga kesehatan mental

Kualitas hidup penderita diabetes erat kaitannya dengan bagaimana penderita mengatasi kecemasan, depresi, ataupun stres yang timbul. Penderita dapat mencoba latihan mindfulness untuk mengatasi emosi-emosi negatif yang dirasakan.

Stres memicu kenaikan kadar gula darah, karenanya mindfulness juga dapat digunakan sebagai cara menurunkan gula darah.

  • Tetapkan tujuan yang dapat dicapai

Jangan terlalu memaksakan diri untuk mencapai target gula darah yang dinginkan, penderita dapat secara perlahan menetapkan target-target kecil dari gula darah yang ingin dicapai.

Selain lebih mudah untuk dicapai, target-target kecil tersebut membantu untuk memberikan motivasi dalam meraih target gula darah yang lebih sulit.

  • Berolahraga secara rutin

Olahraga secara rutin tidak hanya menjadi cara menurunkan gula darah, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas hidup penderita. Berolahragalah setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Jangan sepelekan ulkus dekubitus!

Ulkus dekubitus rentan terjadi pada penderita diabetes karena kerusakan saraf dan sirkulasi darah yang tidak lancar. Namun, apa sebenarnya ulkus dekubitus?

Ulkus dekubitus adalah luka pada kulit yang disebabkan oleh tekanan yang berkepanjangan. Jangan menganggap bahwa ulkus dekubitus hanya sekedar luka biasa karena ulkus dekubitus bisa mengarah ke kondisi yang lebih serius.

Ulkus dekubitus tidak hanya menyakitkan, tetapi berpotensi memicu infeksi pada darah (septikemia), amputasi, bahkan bisa mengancam nyawa.

Penting bagi penderita dan orang sekitarnya untuk menyadari ulkus dekubitus dan tidak hanya fokus ke cara menurunkan gula darah.

Sebenarnya selain ulkus dekubitus, terdapat berbagai komplikasi akibat diabetes, tetapi ulkus dekubitus adalah salah satu komplikasi yang jarang diungkit dalam pembicaraan mengenai diabetes.

Perlunya dukungan dari keluarga penderita diabetes

Riset menunjukkan bahwa dukungan keluarga memiliki dampak yang positif terhadap kepercayaan diri penderita terhadap kemampuan yang dimilikinya (self-efficacy), kesejahterahan psikologis penderita, serta kontrol kadar gula darah dan pola makan penderita.

Oleh karenanya, dukungan keluarga merupakan faktor lain yang cukup penting dalam perkembangan penanganan penyakit diabetes yang dialami oleh penderita. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendukung penderita diabetes adalah:

  • Semangati penderita untuk menjaga pola makan dengan merencanakan menu makanan harian bersama penderita.
  • Temani penderita bila penderita mengikuti komunitas untuk penderita diabetes dan saat penderita sedang mengikuti janji temu bersama dokter.
  • Jangan terlalu menggurui atau memaksa penderita untuk mengikuti kemauan Anda.
  • Ajak penderita berolahraga bersama.
  • Membicarakan hal-hal yang menyenangkan dan positif bersama penderita.
  • Bantu penderita mengawasi kadar gula darahnya.

Dengan menjalani pola hidup sehat, mencegah terjadinya komplikasi, serta mendapatkan dukungan dari keluarga, penderita diabetes akan memiliki kualitas hidup yang baik. 

Diabetes.co.uk. https://www.diabetes.co.uk/stress-and-blood-glucose-levels.html
Diakses pada 11 Juni 2019

Diabetes.co.uk. https://www.diabetes.co.uk/blog/2015/12/5-ways-of-improving-your-quality-of-life-if-you-have-diabetes/
Diakses pada 11 Juni 2019

Diabetes Self-Management. https://www.diabetesselfmanagement.com/diabetes-resources/definitions/pressure-sore/
Diakses pada 11 Juni 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/support-someone-living-with-type-2-diabetes#1
Diakses pada 18 Juli 2019

Hindawi. https://www.hindawi.com/journals/jdr/2017/7928083/
Diakses pada 11 Juni 2019

IFPMA. https://50years.ifpma.org/in-focus/diabetes/
Diakses pada 11 Juni 2019

Journal of Diabetes and Metabolism. https://www.omicsonline.org/management-and-impact-of-diabetes-on-quality-of-life-among-the-lebanese-community-2155-6156.1000329.php?aid=22374
Diakses pada 11 Juni 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5394731/
Diakses pada 11 Juni 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5618070/
Diakses 18 Juli 2019

Banner Telemed