Raih Tubuh Ideal dengan 10 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Ini

Cara menurunkan berat badan dengan cepat kadang berisiko buruk bagi kesehatan
Cara menurunkan berat badan dengan cepat umumnya tidak mudah

Memiliki berat badan ideal menjadi impian bagi banyak orang. Oleh sebab itu, banyak orang yang memiliki berat badan berlebih mencoba menurunkan berat badannya dengan berbagai cara, mulai dari yang ringan hingga ekstrem.

Ada pula yang mencari cara instan untuk menurunkan berat badan dengan cepat, tanpa mengindahkan risiko bagi tubuhnya. Akan tetapi, jika menurunkan berat badan tidak dilakukan dengan benar, yang ada malah akan menjadi bumerang bagi Anda. Lantas, bagaimana cara menurunkan berat badan dengan cepat yang direkomendasikan?

Cara menurunkan berat badan dengan cepat

Dalam menjalani cara menurunkan berat badan dengan cepat, Anda harus rela berkorban untuk mematuhi berbagai aturan diet, terutama mengenai makanan dan olahraga. Sebab, banyak orang yang menyerah hingga menghentikan dietnya karena merasa tersiksa.

Beberapa cara menurunkan berat badan dengan cepat yang dapat Anda lakukan, di antaranya:

  • Memotong porsi makanan menjadi setengah

Ketika Anda makan, potonglah porsinya menjadi setengah. Potong asupan karbohidrat, protein, dan gula, namun jaga agar porsi sayur dan buah tetap penuh. Dengan melakukan hal ini, rasa lapar akan berkurang dan Anda akan makan lebih sedikit kalori. Oleh sebab itu, berat badan pun bisa turun dengan cepat.

  • Menambahkan makanan rendah kalori dan kaya serat setiap kali makan

Jika Anda tidak ingin memotong porsi makanan karena takut tidak kenyang, maka ada cara lain yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan menambahkan makanan yang rendah kalori atau tanpa kalori ke dalam piring makan Anda.

Beberapa contoh makanan rendah kalori atau tanpa kalori yang dapat Anda konsumsi, misalnya sayuran berdaun hijau, ikan, telur, kacang-kacangan, dan sebagainya.

Bukan hanya rendah kalori, pilih juga makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan dan biji-bijian, karena dapat meningkatkan rasa kenyang. Hal ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat.

  • Mengonsumsi protein ketika sarapan

Protein mampu mengatur hormon nafsu makan menciptakan perasaan kenyang. Mengonsumsi protein dapat menurunkan hormon lapar, serta meningkatkan hormon kenyang peptida YY, GLP-1, dan cholecystokinin.

Sarapan tinggi protein akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak perlu cepat makan dengan porsi banyak. Contoh asupan tinggi protein yang baik untuk sarapan, yakni gandum dan telur.

  • Biasakan naik tangga

Menaiki tangga merupakan cara yang baik dalam membakar kalori besar. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan cara cepat dan efisien dalam membentuk pinggul, paha, serta kaki yang lebih ramping.

Anda dapat membiasakan diri menaiki tangga dalam aktivitas normal Anda sehari-hari, seperti saat di kantor atau di mall. Ketika menaiki tangga, Anda dapat membakar sekitar 10 kalori per menit. Hal ini dapat membantu menurunkan berat badan Anda dengan cepat.

  • Tidak minum alkohol

Berhenti mengonsumsi alkohol dapat memberi manfaat pada penurunan berat badan. Akan lebih baik jika Anda membiasakan diri untuk minum air putih, serta menghindari alkohol karena mengandung banyak kalori.

Jika Anda berhenti mengonsumsinya, secara signifikan Anda akan mengurangi asupan kalori sehingga membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Selain itu, Anda juga akan terhindar dari efek mengonsumsi alkohol, seperti halnya sakit kepala dan kelelahan di pagi hari.

  • Mengonsumsi sup kaldu sebelum makan

Sebelum makan siang atau makan malam, konsumsilah secangkir sup kaldu hangat dan bening. Sup kaldu mengandung sedikit kalori dan dapat membantu Anda kenyang sehingga tidak akan makan terlalu banyak setelahnya.

Selain itu, sup kaldu hangat juga memperlambat proses makan. Dengan ini, nafsu makan Anda dapat berkurang dan penurunan berat badan pun bisa terjadi dengan cepat.

  • Minum lebih banyak air putih

Rasa lapar dan haus seringkali keliru, tidak jarang bila Anda mengira diri Anda lapar padahal sebetulnya membutuhkan air bukan makanan. Hal ini dapat membuat Anda lebih banyak mengonsumsi kalori ekstra ketika haus.

Namun, Anda bisa menghindari masalah ini dengan minum lebih banyak air putih agar tetap terhidrasi. Sebelum makan atau ngemil, minumlah segelas air penuh. Ini dapat membuat Anda merasa kenyang.

  • Melakukan angkat beban

Salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat, yaitu melakukan pemanasan dan angkat beban. Sebaiknya lakukanlah di pusat kebugaran sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Namun jika Anda baru pertama kali ke gym, mintalah saran dari pelatih mengenai seberapa banyak latihan yang dapat Anda lakukan.

Dengan melakukan angkat beban, Anda akan membakar banyak kalori dan mencegah metabolisme melambat sehingga berat badan dapat turun dengan cepat. Akan tetapi, jika Anda enggan melakukan angkat beban, maka Anda dapat melakukan latihan kardio, seperti berjalan, jogging, ataupun berenang.

  • Tidur dengan cukup

Tidur kurang dari 5-6 jam per malam dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas. Hal ini disebabkan karena kurang tidur dapat memperlambat proses metabolisme (tubuh mengubah kalori menjadi energi). Ketika metabolisme kurang efektif, tubuh pun akan menyimpan energi yang tidak digunakan sebagai lemak.

Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan produksi insulin dan kortisol yang memicu penyimpanan lemak. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidur dengan cukup agar tidak terjadi penumpukan lemak sehingga dapat membantu penurunan berat badan dengan cepat.

  • Hindari stres

Pada sebagian orang, stres juga dapat meningkatkan nafsu makan karena kortisol lebih lama berada dalam darah, yang akan memberi sinyal perlunya tubuh mengisi kembali cadangan nutrisi.

Hal ini bisa menyebabkan Anda makan lebih banyak. Oleh sebab itu, Anda juga harus menghindari stres agar nafsu makan Anda tidak meningkat dan berat badan dapat turun cepat.

Sebelum mencoba cara menurunkan berat badan dengan cepat, sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu untuk memastikan apakah Anda benar-benar boleh melakukannya ataukah tidak. Selain itu, dokter juga akan merekomendasikan asupan sehat dan seimbang untuk diet Anda.

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/tricks-to-supercharge-your-diet-for-weight-loss-4065401
Diakses pada 25 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-lose-weight-as-fast-as-possible#section3
Diakses pada 25 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322345.php
Diakses pada 25 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed