Pahami Cara Menunda Haid yang Aman bagi Wanita


Beberapa wanita memutuskan menunda menstruasi karena alasan tertentu, seperti ibadah, acara penting, atau kondisi kesehatan tertentu. Dokter bisa merekomendasikan beberapa cara menunda haid, seperti minum obat hormon atau pil KB.

0,0
cara menunda haidCara menunda haid yang aman sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter
Menstruasi atau haid merupakan proses alami yang terjadi pada wanita setiap bulannya. Namun, beberapa wanita mungkin ingin menunda haid beberapa waktu dengan alasan tertentu. Apa saja cara menunda haid dan hal-hal yang perlu diperhatikan? 

Bisakah menunda menstruasi?

Menstruasi bisa ditunda dan aman asalkan dilakukan dengan cara yang benar.  Biasanya, pilihan untuk menunda haid akan diambil untuk menghindari gejala menstruasi yang bisa menyulitkan.Melansir Mayo Clinic, ada beberapa alasan untuk mencegah menstruasi, antara lain:
  • Merencanakan bulan madu
  • Penyakit yang dapat diperburuk oleh menstruasi, seperti anemia dan endometriosis
  • Saat hendak fokus akan suatu hal, seperti ibadah, ujian sekolah, acara penting, atau pekerjaan
  • Durasi dan gejala yang berat, sering, berkepanjangan, dan menyakitkan, serta perdarahan yang membuat tidak nyaman

Cara menunda haid yang aman

Menunda haid bisa dilakukan dengan melakukan konsultasi ke dokter. Ini sekaligus juga memastikan keamanannya. Beberapa ahli menyebutkan mencegah haid adalah praktik memanipulasi menstruasi atau penekanan menstruasi. Menurut Seattle Children, penekanan menstruasi mengacu pada penggunaan obat hormonal untuk meringankan periode haid atau bahkan menghentikan sepenuhnya.  Berikut ini beberapa cara menunda haid yang aman, baik secara medis ataupun alami.

1. Obat penunda haid

Salah satu obat penunda haid yang dapat digunakan untuk mencegah menstruasi adalah obat hormonal.Obat hormonal yang paling sering direkomendasikan dokter sebagai salah satu cara menunda menstruasi adalah norethindrone.Norethindrone adalah progesteron buatan, yang efektif menunda menstruasi. Norethindrone bukanlah kontrasepsi oral sehingga tidak bisa digunakan dalam waktu lama.Mengingat norethindrone bukan obat kontrasepsi, sebaiknya Anda menggunakan alat kontrasepsi, lain seperti kondom saat berhubungan intim, untuk mencegah kehamilan.  Umumnya, dokter akan meresepkan obat ini 3 kali sehari. Obat ini biasanya diminum 3-4 hari sebelum masa menstruasi Anda. Setelah berhenti minum obat ini, menstruasi akan mulai dalam 2-3 hari setelahnya. Efek samping yang mungkin ditimbulkan norethindrone, antara lain nyeri payudara, mual, sakit kepala, dan gangguan moodAnda yang memiliki riwayat gangguan pembekuan darah tidak disarankan untuk mengonsumsi obat ini. Itu sebabnya, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui pilihan terbaik Anda.

2. Alat kontrasepsi

Beberapa alat kontrasepsi penunda kehamilan juga direkomendasikan sebagai cara mencegah menstruasi, seperti

Pil KB

Pil KB adalah alat kontrasepsi oral yang mengandung hormon estrogen-progestin. Pil ini mampu melepas hormon melalui aliran darah untuk mencegah kehamilan atau menunda menstruasi.Cara menunda haid dengan pil KB cukup rumit karena melibatkan pil aktif dan pil kosong yang harus diminum pada periode tertentu. Konsultasikan dengan dokter jika Anda ingin mengonsumsi pil KB sebagai penunda haid. Penggunaan pil KB terus-menerus mungkin dapat menimbulkan efek samping berupa kelebihan berat badan dan jerawat. 

Kontrasepsi spiral (IUD)

Intrauterine device (IUD) merupakan alat kontrasepsi penunda kehamilan jangka panjang. Dokter akan memasukkan alat ke rahim yang dapat menghasilkan sejenis progestin ke dalam tubuh. Efek progestin dalam tubuh ini bisa bertahan hingga 5-7 tahun. Seiring waktu, IUD hormonal ini dapat mengurangi frekuensi dan durasi menstruasi. 

Suntikan medroxyprogesterone

Depo-Provera Depot medroxyprogesteron acetate (DMPA) adalah sejenis progestin  yang diberikan melalui suntikan setiap 90 hari. Alat kontrasepsi penunda kehamilan jangka panjang ini juga bisa mengurangi dan menghilangkan perdarahan menstruasi. Semakin lama penggunaan DMPA, semakin besar pula kemungkinan menghentikan menstruasi. 

Vaginal ring 

Vaginal ring adalah cincin kecil yang bisa ditekuk dan dimasukkan ke vagina. Vaginal ring merupakan kombinasi estrogen-progestin yang juga dapat menunda dan mencegah menstruasi. Penggunaan vaginal ring secara terus-menerus mungkin dapat menekan periode menstruasi, tapi pada beberapa kasus masih bisa terdapat bercak atau flek

3. Makanan penunda haid

Sebagian orang percaya bahwa mengonsumsi makanan tertentu merupakan cara menunda haid secara alami. Namun, perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. Berikut ini beberapa makanan yang direkomendasikan sebagai makanan penunda haid. 

Kacang lentil 

Kacang lentil mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk menunjang kesehatan, di antaranya protein, vitamin B, zat besi, magnesium, dan potasium. Lentil juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan dan meningkatkan fungsi usus. Mengonsumsi kacang lentil beberapa hari sebelum menstruasi diketahui dapat menunda siklus menstruasi. Sayangnya, ini masih sebatas laporan anekdotal saja. Artinya, baru berdasarkan opini sekelompok orang.Belum ada penelitian ilmiah untuk membuktikan keamanan dan keampuhannya. Akan tetapi, manfaat kacang lentil tetap ada bagi kesehatan, asalkan Anda tidak mengonsumsinya berlebihan.

Gelatin

Gelatin atau agar-agar juga diketahui dapat menunda awal menstruasi selama sekitar 4 jam. Namun, cara ini kurang efektif karena membutuhkan konsumsi gelatin yang berulang-ulang.Ditambah lagi, belum ada penelitian yang bisa menjelaskan cara gelatin menunda haid secara alami. Konsumsi gelatin berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti kembung dan masalah pencernaan.

Cuka apel

Cuka apel juga disebut dapat menunda haid pada orang dengan PCOS. Sayangnya, penelitian terkait hal ini masih sangat sedikit.

Selain itu, penelitian juga terbatas pada orang dengan PCOS saja.  

Bahan herbal

Beberapa penelitian terbatas yang dikutip dari The Pharmaceutical Journal menyatakan bahwa konsumsi kubis jenis Capsella bursa-pastoris dan daun seribu (Achillea millefolium) termasuk cara alami menunda haid. 

4. Olahraga

Cara menunda haid secara alami lainnya adalah dengan olahraga. Olahraga dengan intensitas yang berat hingga tergolong berlebihan dapat menunda mulainya siklus menstruasi.Hal ini terjadi karena tubuh terlalu banyak menggunakan energi untuk berolahraga dan memulihkan diri. Akibatnya, tubuh tidak memiliki cukup banyak energi untuk memenuhi siklus menstruasi.Beberapa atlet profesional wanita mungkin sering kehilangan siklus menstruasi mereka. Namun, cara ini mungkin tidak terlalu dianjurkan.Pasalnya, olahraga berlebihan bukan hanya cara menunda menstruasi secara alami. Cara ini juga bisa memengaruhi kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Catatan dari SehatQ

Meskipun terbilang aman, menunda menstruasi masih menjadi kontroversi bagi sebagian kalangan. Selain itu, beberapa cara menunda haid di atas juga memiliki efek yang berbeda pada tiap individu, baik dari segi keefektifan maupun kemungkinan efek jangka panjang yang terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk menunda menstruasi. Dokter akan memeriksa kondisi Anda dan menentukan cara mencegah menstruasi yang tepat untuk Anda.Jika masih ada pertanyaan seputar cara menunda menstruasi atau kesehatan wanita lainnya, Anda bisa konsultasi online dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
siklus haidhaidmenstruasikesehatan wanitagangguan menstruasi
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/birth-control/in-depth/womens-health/art-20044044
Diakses pada 6 Agustus 2021
Patient. https://patient.info/news-and-features/how-to-delay-period-norethisterone
Diakses pada 6 Agustus 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-delay-period
Diakses pada 6 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-delay-period-naturally#non-natural-remedies
Diakses pada 6 Agustus 2021
Seattle Children. https://www.seattlechildrens.org/globalassets/documents/for-patients-and-families/pfe/pe2675.pdf
Diakses pada 6 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait