Cara Menumbuhkan Kumis Paling Ampuh, Alami atau Pakai Obat?

Cara menumbuhkan kumis dapat dilakukan secara alami dan obat-obatan
Kumis yang tumbuh lebat dan rapi menjadi idaman sebagian pria

Tidak sedikit pria yang menganggap kumis sebagai identitas diri seorang laki-laki. Namun, tak semua kaum adam memiliki kumis seperti yang mereka inginkan sehingga banyak yang mencari cara menumbuhkan kumis secara alami hingga menggunakan obat-obatan.

Kumis sejatinya memiliki fungsi untuk melindungi wajah, tapi tak jarang sebagian orang menumbuhkannya semata karena faktor penampilan. Tumbuhnya kumis sangat dipengaruhi oleh genetik dan hormon testosteron yang berbeda di setiap pria sehingga bentuk kumis setiap pria pun berbeda-beda.

Cara menumbuhkan kumis secara alami

Sebelum Anda menggunakan obat-obatan, ada cara menumbuhkan kumis dengan bahan-bahan alami maupun cara-cara tertentu. Cara alam ini dipercaya secara turun-temurun dapat membuat kumis menjadi lebat, tapi hingga kini belum ada penelitian ilmiah yang mampu membuktikannya.

Bagi Anda yang ingin mencoba cara menumbuhkan kumis secara alami, berikut tips yang dapat Anda lakukan:

  • Menggunakan bahan alami penumbuh rambut

Beberapa bahan alami dipercaya dapat merangsang pertumbuhan folikel rambut sehingga kerap digunakan sebagai cara menumbuhkan kumis bagi sebagian pria. Bahan alami itu, misalnya lendir lidah buaya, minyak kelapa, lemon, hingga bawang merah.

Untuk mencobanya, Anda dapat mengoleskan cairan bahan alami tersebut pada area tumbuhnya kumis. Diamkan beberapa lama (misalnya 10-15 menit), kemudian bilas hingga bersih.

  • Kurangi stres

Mengurangi stres mungkin bukan cara menumbuhkan kumis yang lebat, namun ini bisa memastikan pertumbuhan kumis Anda berlangsung maksimal. Mengurangi stres juga bisa mengurangi risiko rambut dan kumis Anda rontok.

  • Jalani pola hidup sehat

Mengonsumsi makanan bergizi, tidur teratur, dan tidak merokok dipercaya akan membuat rambut Anda tumbuh lebih lebat. Bila Anda menggunakan produk grooming, pastikan kosmetik itu cocok untuk kulit Anda dan tidak menyebabkan kerontokan rambut wajah seperti kumis.

Jangan berharap cara menumbuhkan kumis ini akan berhasil dalam semalam. Kadang, butuh waktu hingga berbulan-bulan hingga bertahun-tahun sebelum kumis Anda tumbuh dengan lebat sesuai keinginan.

Cara menumbuhkan kumis dengan obat dan suplemen

Selain menggunakan cara alami, menumbuhkan kumis juga bisa dengan mengonsumsi obat atau suplemen khusus penumbuh kumis.

  • Suplemen

Suplemen yang dapat menumbuhkan kumis biasanya mengandung vitamin D yang dapat mengaktifkan folikel rambut yang telah tidak aktif.  Vitamin B, seperti B-12, biotin, dan niasin, dapat menguatkan dan membantu merawat rambut.

Salah satu suplemen yang disebut-sebut sebagai cara menumbuhkan kumis yang sudah terkenal adalah Beardalizer yang dapat meningkatkan pertumbuhan kumis atau janggut dengan menyediakan nutrisi, seperti vitamin C, biotin, dan vitamin A. Seperti halnya suplemen rambut yang dipasarkan kepada wanita, vitamin dan mineral ini dikatakan menghasilkan rambut yang lebih tebal dan lebih sehat.

  • Obat penumbuh kumis

Obat yang dipercaya sebagai cara menumbuhkan kumis yang ampuh adalah minoxidil topikal. Obat ini sebetulnya banyak digunakan untuk menumbuhkan rambut akibat kebotakan, tapi banyak juga obat penumbuh rambut wajah yang mengandung minoxidil 2 persen.

Meski demikian, obat yang mengandung minoxidil tidak boleh digunakan oleh orang yang berusia di bawah 18 tahun. Anda pun sebaiknya berkonsultasi tentang tata cara penggunaan obat ini pada apoteker atau dokter kulit yang terpercaya.

Cara menumbuhkan kumis dengan implantasi rambut

Pernah dengar cara menumbuhkan kumis dengan implantasi rambut? Meski cara ini kurang populer, salah satunya karena biaya yang tidak sedikit, namun metode menumbuhkan kumis dengan implantasi rambut memang memungkinkan dan hasilnya cukup mengagumkan dibanding menggunakan bahan alami atau obat penumbuh kumis.

Teknik implantasi kumis ini dilakukan dengan menanam rambut dari bagian lain di tubuh Anda dan memindahkannya ke bagian atas bibir. Hasilnya, kumis Anda akan terlihat natural dan tidak jauh berbeda dengan kumis pada umumnya.

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-make-facial-hair-grow
Diakses pada 24 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/regrow-hair-naturally
Diakses pada 24 Februari 2020

Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/cant-grow-a-full-beard-theres-an-explanation-for-that/
Diakses pada 24 Februari 2020

WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-3503/minoxidil-topical/details
Diakses pada 24 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24017987
Diakses pada 24 Februari 2020

Artikel Terkait