logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Pria

Cara Menumbuhkan Kumis Paling Ampuh, Alami atau Pakai Obat?

open-summary

Cara menumbuhkan kumis dapat dilakukan dengan bahan alami, menggunakan obat penumbuh rambut, hingga transplantasi rambut. Pertumbuhan kumis sendiri dipengaruhi oleh genetik dan hormon.


close-summary

25 Feb 2020

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Cara menumbuhkan kumis dapat dilakukan secara alami dan obat-obatan

Kumis yang tumbuh lebat dan rapi menjadi idaman sebagian pria

Table of Content

  • Cara menumbuhkan kumis secara alami
  • Cara menumbuhkan kumis dengan obat dan suplemen
  • Cara menumbuhkan kumis dengan tindakan medis
  • Catatan dari SehatQ

Tidak sedikit pria yang menganggap kumis sebagai identitas diri seorang laki-laki. Namun, tak semua kaum adam memiliki kumis seperti yang mereka inginkan sehingga banyak yang mencari cara menumbuhkan kumis dengan cepat, mulai dari bahan alami hingga menggunakan obat-obatan.

Advertisement

Kumis sejatinya berguna untuk melindungi wajah, tapi tak jarang sebagian orang menumbuhkannya semata karena faktor penampilan. Perlu diketahui bahwasanya tumbuhnya kumis sangat dipengaruhi oleh genetik dan hormon testosteron.

Itu sebabnya bentuk kumis setiap pria juga berbeda-beda. Ada pria yang kumisnya tebal, ada juga pria yang memiliki kumis tipis. Lantas, bagaimana cara menebalkan kumis jika pria ingin punya kumis tebal?

Cara menumbuhkan kumis secara alami

Sebelum menggunakan obat-obatan, ada cara menumbuhkan kumis dengan cepat secara alami. Bagi Anda yang ingin mencoba cara menumbuhkan kumis tips dengan cepat secara alami, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1. Minyak esensial

Beberapa minyak esensial dipercaya dapat merangsang pertumbuhan folikel rambut sehingga kerap digunakan sebagai cara menumbuhkan kumis dengan cepat dan lebat. Berikut adalah beberapa minyak esensial untuk menumbuhkan kumis dengan cepat:

  • Minyak kelapa
  • Minyak zaitun
  • Minyak daun teh 
  • Minyak kemiri

Cara menggunakan minyak esensial untuk melebatkan kumis tipis sangat mudah, yakni:

  • Oleskan minyak tersebut secara merata pada area kulit tempat tumbuhnya kumis.
  • Diamkan selama beberapa saat (misalnya 10-15 menit)
  • Setelah selesai, bilas hingga bersih.

Cara alami ini dipercaya secara turun-temurun untuk dapat menumbuhkan kumis menjadi lebat, tapi hingga kini belum ada penelitian ilmiah yang mampu membuktikannya.

2. Gel lidah buaya

lidah buaya untuk menumbuhkan kumis
Lidah buaya sebagai salah satu cara menumbuhkan kumis secara alami

Selain minyak esensial, bahan alami lainnya yang dapat dijadikan cara melebatkan kumis adalah gel lidah buaya

Gel lidah buaya mengandung zat-zat yang juga dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut, termasuk rambut wajah seperti kumis dan brewok

Cara menebalkan kumis dengan lidah buaya sama seperti minyak esensial, yaitu:

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air.
  • Oleskan gel lidah buaya secukupnya pada permukaan kulit yang menjadi tempat tumbuhnya kumis
  • Diamkan selama beberapa menit.
  • Bilas kulit dengan air sampai bersih.

3. Makan makanan bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi juga disebut-sebut menjadi cara menumbuhkan kumis tipis dengan cepat secara alami yang ampuh. Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D mengingat vitamin ini punya peran penting dalam pertumbuhan rambut. Makanan yang mengandung vitamin D antara lain:

  • Ikan 
  • Telur 
  • Susu berfortifikasi

4. Olahraga teratur

Cara menumbuhkan kumis dengan cepat dan lebat lainnya adalah olahraga secara teratur. Pasalnya, olahraga, terutama olahraga dengan intensitas tinggi, dapat meningkatkan kadar hormon testosteron di dalam tubuh.

Akan tetapi, Anda tidak diwajibkan untuk melakukan olahraga intensitas tinggi jika ingin cepat tumbuh kumis. Melakukan olahraga ringan seperti joging apabila rutin dan teratur juga bisa memberikan efek yang sama.

Baca Juga

  • Jika Wanita Berjenggot, Itu Tandanya Ada Gangguan Kesehatan
  • Vitamin B3 untuk Disfungsi Ereksi, Benarkah Efektif?
  • Hati-Hati, Ini Penyakit Penis yang Dapat Menyerang Pria

5. Berhenti merokok

Kumis yang susah tumbuh lebat mungkin saja disebabkan oleh kebiasaan merokok. Pasalnya, kandungan rokok disebut-sebut dapat merusak DNA tubuh, pun menghambat penyaluran nutrisi ke folikel rambut.

Alih-alih tumbuh cepat dan lebat, kumis Anda justru berpotensi mengalami kerontokan akibat merokok. Itu sebabnya, berhenti merokok juga masuk ke dalam daftar cara cepat menumbuhkan kumis.

6. Kurangi stres

menumbuhkan kumis dengan cepat jangan stres
Menghindari stres dapat membantu menumbuhkan kumis dengan cepat

Mengurangi stres mungkin bukan cara menumbuhkan kumis dengan cepat dan lebat, tapi ini bisa memastikan pertumbuhan kumis Anda berlangsung maksimal.

Selain itu, mengurangi stres juga bisa mencegah risiko rambut dan kumis Anda rontok.

7. Istirahat yang cukup

Tahukah Anda jika produksi hormon testosteron sebagian besar terjadi saat tidur? Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk memiliki waktu tidur yang cukup agar produksi testosteron bisa optimal dan berdampak pada pertumbuhan kumis yang cepat.

8. Jaga kesehatan kulit wajah

Menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah, tidak terkecuali di area tumbuhnya kumis, juga menjadi cara menumbuhkan kumis tipis yang tidak boleh Anda lewatkan.

Kulit wajah pria yang senantiasa terjaga kebersihan dan kesehatannya akan mempermudah proses pertumbuhan rambut. Anda bisa menggunakan sabun pembersih muka yang terbuat dari ekstrak bahan alami seperti minyak kelapa untuk mendapat hasil yang sempurna.

9. Microneedling

Dilansir dari Healthline, cara menumbuhkan kumis dan brewok selanjutnya ialah microneedling.

Microneedling adalah prosedur yang dilakukan dengan cara menusuk lubang-lubang kecil di wajah dengan jarum kecil guna meningkatkan aliran darah ke folikel.

Sebuah riset yang dirilis dalam International Journal of Trichology menyatakan, prosedur microneedling berpotensi mampu merangsang pertumbuhan brewok jika dikombinasikan dengan minoxidil.

Cara menumbuhkan kumis dengan obat dan suplemen

minoxidil penumbuh kumis
Menumbuhkan kumis juga bisa menggunakan obat-obatan

Selain menggunakan cara alami, cara cepat tumbuh kumis juga bisa dengan mengonsumsi obat penumbuh kumis, yaitu:

1. Suplemen

Suplemen yang dapat menumbuhkan kumis biasanya mengandung vitamin D karena vitamin ini dapat mengaktifkan kembali folikel rambut. Sementara itu, suplemen vitamin B, seperti B-12, biotin, dan niasin, dapat menguatkan dan membantu merawat rambut.

Sebuah penelitian dalam jurnal Skin Appendage Disorder juga mengungkapkan bahwa biotin dapat membantu merangsang produksi keratin yang tidak lain merupakan salah satu elemen utama rambut. 

2. Minoxidil

Obat yang dipercaya sebagai cara menumbuhkan kumis yang ampuh adalah minoxidil topikal. Obat ini sebetulnya banyak digunakan untuk menumbuhkan rambut akibat kebotakan, tapi banyak juga obat penumbuh rambut wajah, seperti kumis atau brewok, yang mengandung minoxidil 2 persen.

Meski demikian, obat yang mengandung minoxidil tidak boleh digunakan oleh orang yang berusia di bawah 18 tahun. Anda pun sebaiknya berkonsultasi tentang tata cara penggunaan obat ini pada apoteker atau dokter kulit yang terpercaya.

3. Finasteride

Sama seperti minoxidil, Finasteride sebenarnya ditujukan bagi pria yang mengalami kebotakan. Berangkat dari hal tersebut, sejumlah kalangan menilai bahwa obat minum (oral) ini juga bisa membantu menumbuhkan kumis.

Belum dapat dipastikan apakah Finasteride efektif untuk dijadikan cara menumbuhkan kumis. Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat ini.

Cara menumbuhkan kumis dengan tindakan medis

Apabila cara menumbuhkan kumis secara alami maupun menggunakan obat penumbuh kumis tidak juga membuahkan hasil, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan prosedur medis seperti:

1. Transplantasi rambut

Pernah dengar cara menumbuhkan kumis dengan transplantasi rambut? Meski cara ini kurang populer, salah satunya karena biaya yang tidak sedikit, cara menebalkan kumis tipis ini memang memungkinkan dan hasilnya cukup mengagumkan dibanding menggunakan bahan alami atau obat penumbuh kumis.

Teknik transplantasi rambut ini dilakukan dengan menanam rambut dari bagian lain di tubuh Anda dan memindahkannya ke bagian atas bibir. Hasilnya, kumis Anda akan terlihat natural dan tidak jauh berbeda dengan kumis pada umumnya.

2. Suntik hormon testosteron

Anda juga bisa melakukan prosedur suntik hormon testosteron sebagai cara melebatkan kumis yang tipis. Metode ini bertujuan untuk mengoptimalkan produksi hormon testosteron sebagai hormon yang "bertanggungjawab" terhadap pertumbuhan rambut-rambut di sekujur tubuh.

Catatan dari SehatQ

Terlepas dari beragam cara menumbuhkan kumis di atas, perlu diketahui bahwa pertumbuhan kumis tetap bergantung pada faktor genetik dan hormon. Apabila Anda tidak memiliki faktor genetik kumis tebal, mungkin akan lebih sulit untuk memilikinya.

Jika demikian, solusi utama yang mungkin paling ampuh adalah dengan melalukan transplantasi rambut atau suntik hormon testosteron. Namun, sebaiknya konsultasikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter.

Gunakan aplikasi kesehatan keluarga untuk chat dokter langsung dari smartphone tanpa perlu keluar rumah. Download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play

Advertisement

kesehatan rambutkesehatan priakebotakanobat penumbuh jenggotjenggotbrewok

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved