Berbagai Cara Menumbuhkan Jambang Secara Alami dan Efek Sampingnya


Ternyata ada bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai cara menumbuhkan jambang tanpa obat-obatan. Anda bisa gunakan minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak peppermint.

(0)
06 Feb 2021|Rhandy Verizarie
Buat kaum pria, ternyata ada bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai cara menumbuhkan jambang tanpa obat-obatan. Bahan-bahan alami ini mayoritas berupa minyak esensial. Apa sajakah itu, dan benarkah efektif?

Cara menumbuhkan jambang dengan bahan alami

Banyak pria yang menginginkan jambang maupun brewok ‘menghiasi’ kulit pipi hingga dagunya. Alasannya tentu saja agar lebih terlihat maskulin. Namun, tidak semua pria bisa dengan mudahnya memiliki jambang atau brewok.Apakah Anda termasuk orang yang sulit menumbuhkan jambang? Jangan berkecil hati karena bahan-bahan alami berikut ini mungkin bisa membantu mempercepat pertumbuhan jambang Anda.

1. Minyak zaitun

minyak zaitun untuk menuumbuhkan jambang secara alami
minyak zaitun membantu merangsang pertumbuhan rambut
Minyak zaitun adalah minyak esensial yang merupakan hasil ekstraksi buah zaitun. Dari macam-macam manfaat yang dimiliki oleh minyak zaitun, membantu merangsang pertumbuhan rambut menjadi salah satunya.Penelitian dalam jurnal PLOS ONE tahun 2015 menyebutkan bahwa kandungan zat pada tanaman zaitun berpotensi menumbuhkan rambut, termasuk rambut jambang.Sayangnya, belum dapat dipastikan apakah cara menumbuhkan jambang dengan minyak zaitun benar-benar efektif mengingat penelitian tersebut baru diujicobakan terhadap tikus.

2. Minyak eucalyptus

Cara memanjangkan jambang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak eucalyptus. Kandungan vitamin E yang dimiliki oleh tanaman eucalyptus diklaim dapat merangsang pertumbuhan rambut.Vitamin E berperan dalam meningkatkan kadar hormon testosteron di dalam tubuh. Hormon ini salah satunya berfungsi mempercepat pertumbuhan rambut.Akan tetapi, penelitian lebih lanjut masih diperlukan guna membuktikan efektivitas minyak eucalyptus untuk menumbuhkan jambang.

3. Minyak kelapa

minyak kelapa untuk menumbuhkan jambang
minyak kelapa merangsang pertumbuhan rambut jambang
Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai cara mempercepat pertumbuhan jambang. Kabarnya, minyak kelapa efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut.Selain itu, minyak kelapa juga disebut-sebut dapat melindungi lapisan luar jambang maupun rambut di area tubuh lainnya berkat kandungan zat antibakteri dan antiiradangnya. Namun, belum banyak bukti ilmiah yang mendukung.

4. Minyak biji labu

Penelitian tahun 2014 membuktikan bahwa minyak biji labu mampu merangsang pertumbuhan rambut dan efektif mengatasi alopesia androgenetik, yakni masalah kebotakan rambut yang biasa dialami pria.Berangkat dari hasil penelitian tersebut, bisa dibilang minyak biji labu kemungkinan juga dapat membantu memanjangkan jambang. Namun, perlu penelitian lanjutan untuk menguji efektivitasnya.

5. Minyak kastor

Minyak esensial lainnya yang bisa digunakan sebagai cara menumbuhkan jambang adalah minyak kastor. Minyak astor merupakan hasil ekstraksi biji kastor (Ricinus communis).Ketika diaplikasikan pada kulit, kandungan zat pada minyak kastor akan bekerja untuk menutrisi folikel rambut. Folikel rambut yang ternutrisi dengan baik secara otomatis akan meningkatkan pertumbuhan rambut.

6. Minyak argan

minyak argan ol untuk menumbuhkan jambang
Caption
Minyak argan dianggap cukup efektif dalam merangsang pertumbuhan jambang dan rambut lainnya karena mengandung vitamin E.Menurut sebuah penelitian tahun 2010, vitamin E terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan rambut. Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk menguji efektivitas vitamin E pada minyak argan dalam menumbuhkan jambang.

7. Minyak lemon

Selain vitamin E, vitamin C juga bisa membantu memanjangkan rambut. Itu sebabnya, minyak lemon juga bisa Anda jadikan cara alternatif untuk menumbuhkan jambang karena mengandung vitamin C.Tidak hanya vitamin C, alasan mengapa minyak lemon dapat merangsang pertumbuhan jambang karena kandungan zat lain berupa:
  • Kalsium
  • Magnesium
  •  Asam sitrat

8.  Minyak lavender

Siapa sangka, minyak lavender yang biasa digunakan sebagai aromaterapi ternyata juga bisa menjadi cara lain untuk menumbuhkan jambang. Ini dibuktikan oleh sebuah penelitian tahun 1998.Penelitian tersebut dilakukan terhadap orang-orang yang mengalami kebotakan (alopesia). Namun, bukan tidak mungkin efek yang sama juga berpotensi untuk menumbuhkan atau menebalkan rambut jambang.Masih perlu penelitian lebih lanjut mengenai manfaat minyak lavender untuk menumbuhkan jambang, karena penelitian yang ada terbilang sudah cukup lawas.

9. Minyak peppermint

Minyak aromaterapi lainnya yang tidak kalah efektif membantu memanjangkan jambang adalah minyak peppermint. Penelitian tahun 2014 menyebutkan jika minyak peppermint mengandung zat yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.Bahkan, efektivitas minyak peppermint lebih baik dari medium lainnya yaitu minoksidil, minyak jojoba, dan saline. Kendati demikian, hasil penelitian ini berdasarkan uji coba terhadap hewan. Belum diketahui pasti apakah efek yang sama berlaku pada manusia.

10. Shea butter

shea butter untuk menumbuhkan jambang secara alami
Caption
 Ada anggapan awam bahwa cara menumbuhkan brewok bisa dengan menggunakan mentega. Benarkah demikian?Belum dapat dipastikan apakah cara menumbuhkan jambang dengan mentega biasa memang efektif.Namun, salah satu jenis mentega yakni mentega shea (shea butter) yang terbuat dari biji pohon shea diketahui bermanfaat bagi kesehatan rambut secara umum. Lagi-lagi, belum diketahui pasti apa perannya terhadap pertumbuhan rambut, sehingga masih perlu dibuktikan lebih lanjut.

Cara menumbuhkan jambang dengan bahan alami, apa efek sampingnya?

Belum ada cara menumbuhkan jambang secara alami yang benar-benar terbukti oleh dunia medis. Namun jika Anda ingin mencoba, harap berhati-hati dengan risiko kemunculan reaksi alergi pada kulit wajah yang sensitif.Menggunakan bahan-bahan alami di atas sebagai cara menumbuhkan jambang mungkin akan menimbulkan beberapa efek samping pada kulit, antara lain:
  • Gatal-gatal
  • Ruam (kulit berubah warna menjadi kemerahan)
  • Kulit terasa panas
Segera hentikan pemakaian bahan-bahan tersebut dan kemudian bersihkan area kulit yang terdampak dengan air.Apabila ingin berkonsultasi lebih lanjut seputar bagaimana cara memanjangkan jambang yang benar dan efektif, Anda bisa chat dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download di App Store dan Google Play sekarang juga.
jenggotbrewokkesehatan pria
Healthline. https://www.healthline.com/health/shea-butter-for-hair#considerations Diakses pada 19 Januari 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/does-beard-oil-work-2#vs-beard-balm Diakses pada 19 Januari 2021NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4017725/ Diakses pada 19 Januari 2021NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4289931/ Diakses pada 19 Januari 2021Online Library. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/ptr.1103 Diakses pada 19 Januari 2021Only My Health. https://www.onlymyhealth.com/health-slideshow/home-remedies-to-grow-beard-faster-1427181220.html Diakses pada 19 Januari 2021Only My Health. https://www.onlymyhealth.com/health-slideshow/home-remedies-to-grow-beard-faster-1427181220.html Diakses pada 19 Januari 2021Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/using-castor-oil-for-hair-growth-4172190 Diakses pada 19 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait