logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Pria

Berbagai Cara Menumbuhkan Jambang Secara Alami dan Efek Sampingnya

open-summary

Ternyata ada bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai cara menumbuhkan jambang tanpa obat-obatan. Anda bisa gunakan minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak peppermint.


close-summary

22 Jan 2021

| Rhandy Verizarie

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

cara menumbuhkan jambang

Minyak esensial dipercaya dapat menumbuhkan jambang dengan cepat

Table of Content

  • Cara menumbuhkan jambang dengan bahan alami
  • Cara menumbuhkan jambang dengan bahan alami, apa efek sampingnya?
  • Cara menumbuhkan jambang lainnya
  • Catatan dari SehatQ

Buat kaum pria, ternyata ada sejumlah bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai cara menumbuhkan jambang tanpa perlu obat penumbuh jambang. Bahan-bahan alami tersebut sebagian besar terdiri dari minyak esensial. Apa saja cara menumbuhkan jambang secara alami tersebut, dan benarkah efektif?

Advertisement

Cara menumbuhkan jambang dengan bahan alami

Banyak pria yang menginginkan jambang yang lebat. Alasannya tentu saja agar lebih terlihat maskulin. Namun, tidak semua pria bisa dengan mudahnya memiliki jambang. Jambang adalah rambut yang terletak di depan daun telinga. Jambang atau cambang biasanya akan tersambung dengan brewok yang ada di area pipi hingga dagu.

Apakah Anda termasuk orang yang sulit menumbuhkan jambang? Jangan berkecil hati karena bahan-bahan alami berikut ini mungkin bisa membantu mempercepat pertumbuhan jambang Anda.

1. Minyak zaitun

minyak zaitun untuk menuumbuhkan jambang secara alami
minyak zaitun membantu merangsang pertumbuhan rambut

Minyak zaitun adalah minyak esensial yang merupakan hasil ekstraksi buah zaitun. Dari berbagai manfaat yang dimiliki oleh minyak zaitun, membantu merangsang pertumbuhan rambut menjadi salah satunya.

Penelitian dalam jurnal PLoS ONE tahun 2015 menyebutkan bahwa kandungan zat pada tanaman zaitun berpotensi menumbuhkan rambut, termasuk jambang.

Sayangnya, belum dapat dipastikan apakah cara menumbuhkan jambang dengan minyak zaitun benar-benar efektif mengingat penelitian tersebut baru diujicobakan terhadap tikus.

2. Minyak eucalyptus

Cara memanjangkan jambang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak eucalyptus. Minyak ini dipercaya dapat menumbuhkan jambang karena mengandung vitamin E.

Vitamin E berperan dalam meningkatkan kadar hormon testosteron di dalam tubuh. Hormon ini salah satunya berfungsi mempercepat pertumbuhan rambut.

Akan tetapi, penelitian lebih lanjut masih diperlukan guna membuktikan efektivitas minyak eucalyptus untuk menumbuhkan jambang.

Baca Juga

  • Asthenozoospermia, Ketika Pergerakan Sperma Lambat dan Pengaruhi Kesuburan
  • Penyebab Sering Keluar Cairan Bening dari Penis yang Tidak Boleh Diabaikan
  • Gejala Diabetes pada Pria dan Akibatnya Jika Tidak Diobati

3. Minyak kelapa

minyak kelapa untuk menumbuhkan jambang
minyak kelapa merangsang pertumbuhan rambut jambang

Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai cara mempercepat pertumbuhan jambang. Kabarnya, minyak kelapa efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Selain itu, minyak kelapa juga disebut-sebut dapat melindungi lapisan luar jambang maupun rambut di area tubuh lainnya berkat kandungan zat antibakteri dan antiiradangnya. Namun, belum banyak bukti ilmiah yang mendukung efektivitas minyak penumbuh jambang yang satu ini.

4. Minyak biji labu

Penelitian tahun 2014 membuktikan bahwa minyak biji labu mampu merangsang pertumbuhan rambut dan efektif mengatasi alopesia androgenetik, yakni masalah kebotakan rambut yang biasa dialami pria.

Berangkat dari hasil penelitian tersebut, bisa dibilang minyak biji labu kemungkinan juga dapat membantu memanjangkan jambang. Namun, perlu penelitian lanjutan untuk menguji efektivitasnya.

5. Minyak kastor

Minyak esensial lainnya yang bisa digunakan sebagai cara menumbuhkan jambang adalah minyak kastor. Minyak astor merupakan hasil ekstraksi biji kastor (Ricinus communis).

Ketika dioleskan ke kulit, kandungan zat pada minyak kastor akan bekerja dengan cara menutrisi folikel rambut. Folikel rambut yang ternutrisi dengan baik secara otomatis akan meningkatkan pertumbuhan rambut.

6. Minyak argan

minyak argan ol untuk menumbuhkan jambang
minyak argan mengandung vitamin E yang baik untuk rambut jambang

Minyak argan dianggap cukup efektif dalam merangsang pertumbuhan jambang dan rambut area lain karena mengandung vitamin E.

Menurut sebuah penelitian tahun 2010, vitamin E terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan rambut. Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk menguji keampuhan vitamin E pada minyak argan dalam menumbuhkan jambang.

7. Minyak lemon

Selain vitamin E, vitamin C juga bisa membantu memanjangkan rambut. Itu sebabnya, minyak lemon juga bisa Anda jadikan cara alternatif untuk menumbuhkan jambang karena mengandung vitamin C.

Tidak hanya vitamin C, alasan minyak lemon dapat merangsang pertumbuhan jambang karena kandungan zat lain berupa:

  • Kalsium
  • Magnesium
  • Asam sitrat

8.  Minyak lavender

Siapa sangka, minyak lavender yang biasa digunakan sebagai aromaterapi ternyata juga bisa menjadi cara lain untuk menumbuhkan jambang. Ini dibuktikan oleh sebuah penelitian tahun 1998.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap orang-orang yang mengalami kebotakan (alopesia). Namun, bukan tidak mungkin efek yang sama juga berpotensi untuk menumbuhkan atau menebalkan rambut jambang.

Masih perlu penelitian lebih lanjut mengenai manfaat minyak lavender untuk menumbuhkan jambang, karena penelitian yang ada terbilang sudah cukup lawas.

9. Minyak peppermint

Minyak aromaterapi lainnya yang juga dipercaya sebagai penumbuh rambut jambang adalah minyak peppermint. Penelitian tahun 2014 menyebutkan jika minyak peppermint mengandung zat yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Bahkan, efektivitas minyak peppermint lebih baik dari medium lainnya, yaitu minoxidil, minyak jojoba, dan saline. Kendati demikian, hasil penelitian ini berdasarkan uji coba terhadap hewan. Belum diketahui pasti apakah efek yang sama berlaku pada manusia.

10. Shea butter

shea butter untuk menumbuhkan jambang secara alami
Mentega shea butter memilki manfaat bagi rambut secara umum

Ada anggapan awam bahwa cara menumbuhkan brewok bisa dengan menggunakan mentega. Benarkah demikian?

Belum dapat dipastikan apakah cara menumbuhkan jambang dengan mentega biasa memang efektif. Namun, salah satu jenis mentega, yakni mentega shea (shea butter) yang terbuat dari biji pohon shea diketahui bermanfaat bagi kesehatan rambut secara umum. Lagi-lagi, belum diketahui pasti apa perannya terhadap pertumbuhan rambut, sehingga masih perlu dibuktikan lebih lanjut.

Langkah-langkah menggunakan mentega untuk menumbuhkan cambang sangat sederhana, yakni oleskan mentega pada area kulit yang biasa ditumbuhi jambang, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih.

Masih ada lagi bahan alami yang dipercaya dapat menumbuhkan jambang, yakni minyak kemiri dan pasta gigi. Namun, lagi-lagi belum dapat dipastikan apakah menumbuhkan jambang dengan minyak kemiri maupun pasta gigi memang benar-benar efektif.

Cara menumbuhkan jambang dengan bahan alami, apa efek sampingnya?

Belum ada cara menumbuhkan jambang secara alami yang benar-benar terbukti oleh dunia medis. Namun jika Anda ingin mencoba, harap berhati-hati dengan risiko kemunculan reaksi alergi pada kulit wajah yang sensitif.

Minyak penumbuh jambang di atas memang tidak mengandung bahan kimia, tapi tetap saja ada sejumlah efek samping  yang mungkin terjadi pada kulit, antara lain:

  • Gatal-gatal
  • Ruam (kulit berubah warna menjadi kemerahan)
  • Kulit terasa panas

Segera hentikan pemakaian bahan-bahan tersebut dan kemudian bersihkan area kulit yang terdampak dengan air.

Cara menumbuhkan jambang lainnya

Selain dengan bahan-bahan alami di atas, Anda juga bisa melakukan sejumlah cara berikut ini guna melebatkan jambang:

1. Merawat kulit

Rambut akan tumbuh dengan lebih sehat dan cepat apabila permukaan kulitnya bersih dan ternutrisi. Artinya, harus diketahui betul bagaimana cara mencuci muka untuk membersihkan kulit dari minyak, kuman, dan keringat yang bisa menyumbat pori-pori.

Tak hanya itu, lengkapi dengan mengangkat sel kulit mati atau exfoliating setidaknya dua kali sepekan. Bukan hanya perempuan, skincare juga berlaku untuk laki-laki dengan menambahkan pelembap dan tentunya tabir surya sebelum beraktivitas.

2. Asupan vitamin B

Salah satu cara untuk mempercepat pertumbuhan rambut jambang adalah dengan vitamin B. Ada beberapa jenis vitamin B yang bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut jambang, salah satunya adalah vitamin B7 atau biotin. Seberapa banyak dosis yang diperlukan tentu berbeda antara satu orang dan lainnya. Konsultasikan dengan dokter kulit untuk mengetahuinya.

Biotin dapat memperkuat protein di rambut, kulit, juga kuku sehingga pertumbuhannya lebih cepat. Selain vitamin B7, alternatif lain bisa dengan vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), atau B3 (niacin).

Penting diingat bahwa jika mengonsumsi suplemen vitamin B, perbanyak minum air setiap harinya. Tujuannya untuk mencegah kulit menjadi kering dan berjerawat.

Selain suplemen, vitamin B juga bisa diperoleh dari makanan-makanan seperti roti gandum, produk olahan susu, serta kacang-kacangan. Sumber protein dari daging dan ikan juga bisa menjadi alternatif alami.

3. Penuhi kebutuhan cairan

Tubuh manusia hingga sel-sel terkecil seperti rambut akan bekerja secara efisien apabila kebutuhan cairannya tercukupi. Jika asupan cairan tidak mencukupi, regenerasi sel rambut tidak akan berlangsung dengan cepat.

Tak hanya itu, kekurangan cairan juga akan membuat vitamin dan nutrisi tidak terdistribusi secara merata. Artinya, selain menumbuhkan jambang adalah hal yang sulit terwujud, rambut hingga janggutnya pun bisa menjadi lebih kasar dan kering.

4. Tidur cukup

Tidur selama 7-8 jam setiap harinya sangat penting karena di saat itulah regenerasi sel berlangsung. Ketika tubuh tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, sel tidak akan menjadi lebih kuat dan sehat.

Di saat yang sama, aliran darah orang yang kurang tidur juga menjadi lebih lambat. Sirkulasi yang tidak lancar ini berarti nutrisi dan vitamin tidak bisa terdistribusi sempurna. Ini sama seperti kondisi tubuh saat mengalami dehidrasi. Lebih jauh lagi, kondisi ini pun bisa menyebabkan kerontokan.

5. Tidak merokok

Kebiasaan buruk merokok berkaitan erat dengan kerontokan. Banyak sekali zat kimia dalam asap rokok yang menyebabkan kerusakan dan peradangan DNA. Termasuk kerusakan pada pembuluh darah yang memberikan nutrisi pada folikel rambut.

Dengan berhenti atau tidak merokok, jambang dan rambut di wajah lainnya bisa tumbuh lebih optimal. Alasannya tentu karena pembuluh darah tidak mengalami kerusakan dan peradangan.

6. Makan bergizi

Menumbuhkan jambang juga bisa dilakukan dengan menyeimbangkan asupan makanan ke tubuh. Komposisinya bisa berupa protein, sayur, gandum utuh, keju, dan juga yogurt. Asupan ini akan menjamin tubuh mendapat nutrisi yang tepat demi pertumbuhan rambut.

Sebaiknya, pilih makanan kaya akan vitamin A, B, C, dan juga E. Beberapa contohnya seperti:

  • Telur
  • Alpukat
  • Almond
  • Gandum utuh
  • Salmon
  • Ayam
  • Sayuran hijau
  • Wortel
  • Ubi
  • Tomat

Catatan dari SehatQ

Tidak ada cara pasti untuk membuat jambang tumbuh lebat dan cepat. Namun, ada banyak cara untuk membuat rambut di wajah tumbuh dengan tebal, kuat, dan terpenting sehat.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara menumbuhkan jambang, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

jenggotbrewokkesehatan pria

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved